Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Apa Kegunaan Gawang Di Sepak Bola?

Apa Kegunaan Gawang Di Sepak Bola?

Apa Kegunaan Gawang Di Sepak Bola
Komponen dalam Permainan Sepak Bola Halo, Sobat SMP! Sepak bola adalah salah satu permainan olahraga primadona yang sangat digemari masyarakat. Mungkin Sobat SMP juga gemar menonton atau memainkan permainan olahraga yang satu ini. Tak ayal, menurut data World Atlas sepak bola menduduki peringkat satu olahraga yang paling digemari di dunia dengan jumlah penggemar mencapai 4 miliar orang, diikuti dengan olahraga kriket dan hoki di angka 2,5 miliar dan 2 miliar.

Sepak bola mudah digemari karena tak memerlukan perlengkapan yang mahal seperti olahraga lainnya. Hanya bermodalkan sepatu dan juga bola, olahraga ini sudah bisa dilakukan. Namun, jika berbicara ideal diperlukan komponen-komponen lainnya seperti berikut ini. Pemain Sepak bola dimainkan oleh dua regu di mana setiap regu terdiri dari 11 pemain utama (10 pemain dan 1 kiper).

Namun, jumlah pemain dapat disesuaikan dengan tingkatan usia pertandingan atau kompetisi yang dilangsungkan. Pada pertandingan resmi sekurang-kurangnya harus tujuh orang pemain pada saat dimulainya permainan ( kick off ). Setiap pemain juga bisa digantikan oleh pemain cadangan ketika permainan setelah dimulai.

  • Lapangan Permainan sepak bola dapat dilakukan di lapangan rumput alami atau rumput sintetis.
  • Bahkan, permainan sepak bola juga dapat dimainkan di lapangan yang tidak berumput atau tanah, asalkan permukaan lapangan rata, tidak berbatu, tidak terdapat penghalang, dan tidak ada benda-benda yang bisa mencederai pemain.

Secara umum lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang. Panjang lapangan sekitar 100-110 meter dengan lebar lapangan 64-75 meter. Bola Bola adalah komponen utama dalam permainan sepak bola. Bola berbentuk bundar dan umumnya terbuat dari bahan kulit atau semacamnya.

Untuk ukuran bola, Ukuran bola yang dapat dipergunakan dalam permainan, yaitu ukuran nomor tiga, empat, atau lima. Ukuran bola tersebut disesuaikan dengan tingkatan usia pertandingan. Gawang Selain bola, gawang juga merupakan komponen utama yang diperlukan dalam permainan sepak bola. Gawang berfungsi sebagai tempat atau tujuan akhir dari semua regu dalam menciptakan gol.

Gol tercipta apabila suatu regu yang sedang dalam penyerangan dapat memasukkan bola ke dalam gawang. Untuk ukuran lebar gawang adalah 7,32 meter dan tinggi mistar gawang ke tanah adalah 2,44 m. Wasit Wasit merupakan seorang yang mempunyai wewenang untuk memimpin jalannya suatu pertandingan olahraga.

Dalam sepak bola, seorang wasit ditemani dua hakim garis, satu wasit cadangan dan penilai wasit. Mereka semua termasuk dalam perangkat pertandingan. Waktu permainan Waktu dalam permainan sepak bola sebenarnya disesuaikan dengan umur dan juga tingkatan atau level kompetisinya. Namun, waktu permainan sepak bola secara resmi adalah 2 x 45 menit dengan jeda istirahat 15 menit.

Apabila skor masih imbang maka akan dilanjutkan dengan babak tambahan dengan waktu 2 x 15 menit. Jika skor masih tetap imbang, wasit akan menunjuk titik putih untuk dilanjutkan dengan adu penalti hingga menemukan pemenangnya. Yap, itulah tadi beberapa komponen dalam permainan olahraga sepak bola.

  1. Meski cukup banyak, Sobat SMP tetap bisa bermain sepak bola tanpa harus memiliki seluruh komponen tersebut.
  2. Hal yang terpenting dalam permainan sepak bola adalah prinsip kebersamaan, kerja sama tim yang baik, dan juga sportivitas.
  3. Apabila ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai permainan olahraga sepak bola, Sobat SMP dapat mengunduh modul Ekstrakurikuler Sepak Bola Jenjang SMP di situs resmi Direktorat SMP.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat SMP!

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP Referensi: Modul Ekstrakurikuler Sepak Bola Jenjang SMP

: Komponen dalam Permainan Sepak Bola

Contents

You might be interested:  Olahraga Mengecilkan Payudara Yang Cepat Dan Alami?

Apa gunanya gawang dalam permainan sepak bola?

Dalam pertandingan sepakbola, penggunaan gawang sangat penting dalam permainannya, karena gawang merupakan sarana yang dipergunakan untuk menentukan gol atau tidaknya bola yang ditendang atau disundulkan ke arah gawang.

Kenapa gawang sepak bola diberi jaring?

adjar.id – Dalam pertandingan sepak bola, ada gawang yang dijaga oleh kiper atau penjaga gawang. Di gawang tersebut, ada jaring yang membentang. Jaring tersebut ada fungsinya, Adjarian. Fungsi jaring ialah sebagai penegas bahwa bola telah masuk ke dalam gawang saat ada pemain yang mencetak gol. Tonton juga video berikut, yuk!

Disebut apakah orang yang menjaga gawang dalam permainan sepak bola?

1. Kiper – Kiper berada pada posisi paling belakang, bertugas menjaga agar bola tidak masuk ke gawang. Kiper adalah satu-satunya pemain yang boleh menggunakan tangan. Kiper mengenakan seragam yang berbeda serta menggunakan sarung tangan. Selain itu, kiper juga bertugas mengkoordinasi pertahanan.

Apa arti dari gawang sepak bola?

bahasa Indonesia – Nomina gawang (posesif ku, mu, nya ; partikel: kah, lah ) ·

  1. dua tiang yang dihubungkan dengan kayu palang pada bagian ujung atas
  2. ( Olr ) · dua tiang yang berpalang sebagai tempat sasaran memasukkan bola (dalam permainan sepak bola dsb.)

Etimologi Kata turunan Sinonim Frasa dan kata majemuk Variasi Terjemahan Lihat pula

  • Semua halaman dengan kata “gawang”
  • Semua halaman dengan judul mengandung kata “gawang”
  • Lema yang terhubung ke “gawang”

Pranala luar

  • Definisi: KBBI daring (KBBI V), SABDA (KBBI III), Kamus BI, KBBI.web.id, KBBI.my.id, KamusBesar.com, KBBI.kata.web.id
  • Tesaurus: Tesaurus Tematis, SABDA
  • Terjemahan: Google Translate, Bing Translator
  • Penggunaan di korpora: Corpora Uni-Leipzig
  • Penggunaan di Wikipedia dan Wikisource: Wikipedia, Wikisource
  • Ilustrasi: Google Images, Bing Images

Jika komentar Anda belum keluar, Anda dapat menghapus tembolok halaman pembicaraan ini. Belum ada komentar. Anda dapat menjadi yang pertama

  • l
  • b
  • s

Bahasa Indonesia

sebagian atau seluruh definisi yang termuat pada halaman ini diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa makna dari gawang?

Apa makna tim, inti, gol, gawang, penalti?

  • Jawaban:
  • Makna dari tim yaitu kelompok yang terdiri dari gabungan individual yang memiliki tujuan untuk memenangkan pertandingan dan menghasilkan kinerja yang lebih baik daripada permainan secara individu.
  • Makna dari inti yaitu anggota dari tim yang diandalkan atau diberi kepercayaan lebih sehingga menjadi acuan dalam pertandingan – pertandingan tertentu.
  • Makna dari gol yaitu masuknya bola ke dalam gawang baik gawang lawan maupun gawang sendiri.
  • Makna dari gawang yaitu sesuatu yang dibuat dari jaring dan tiang gawang guna menentukan proses gol atau tidak sebuah pertandingan.
  • Makna dari penalti yaitu tendangan yang dilakukan di titik yang berjarak 11 meter dari gawang yang terjadi karena terdapat pelanggaran atau handsball di dalam kotak penalti oleh pemain sendiri.

Berapa cm gawang bola?

KOMPAS.com – Ukuran gawang dalam sepak bola diatur oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB). Ukuran gawang sepak bola adalah dengan tinggi 2,44 meter dengan panjang 7,32 meter. Tiang maupun mistar gawang sepak bola berbentuk tabung dengan diameter 12 cm dan dicat warna putih. Posisi gawang harus berada tepat di tengah-tengah garis gawang.

Tiang gawang sepak bola terbuat dari apa?

Gawang pun Berevolusi CHARLES Darwin percaya, semua yang ada di dunia ini berevolusi. Bukan kebetulan jika pakem ini juga berlaku di sepakbola. Tak hanya sistem permainannya saja yang selalu tumbuh dan berkembang, bentuk gawang pun selalu berevolusi, selaras dengan majunya peradaban.

  • Yoyok/SOCCER) Tahun 32 Sebelum Masehi Orang Inggris boleh mengklain bahwa mereka adalah pencipta sepakbola modern.
  • Namun, sejarah berbicara, penemu asli sepakbola masih simpang-siur.
  • Yang pasti, pada era Dinasti Cheng Ti (sekitar 32 tahun sebelum masehi), permainan semacam sepakbola sudah jamak dilakukan di daratan Cina.

Gawangnya cukup unik. Terbuat dari batang bambu yang dipancangkan di tanah. Untuk menahan bola tidak menggunakan jala. Tapi, memakai selembar kain sutera yang diikat kencang di antara 2 galah. Untuk ukuran panjang dan lebar, tak ada satu sumber pun yang bisa menyebutkan.

Mungkin, tak selebar ukuran gawang saat ini. Tahun 1681 Di Eropa, diperkirakan akar sepakbola muncul sekitar tahun 1681. Dipelopori oleh para pelayan bangsawan Duke of Albemarle, Inggris. Gawang yang dipergunakannya sungguh menggelikan, yakni pintu gerbang benteng. Yang lebih menarik, gol baru dinilai sah jika bola bisa digiring melewatinya.

Tahun 1700-1861 Pecinta bola di Inggris mulai berkreasi. Metode pintu gerbang benteng sebagai gawang ditinggalkan. Mereka lalu memakai teknik orang Cina kuno. Menggunakan tiang yang dipancangkan. Terbuat dari kayu dan tidak menggunakan sutera. Lebar dan tinggi gawang beragam.

Aturan Eton, misalnya, menetapkan lebar gawang sepanjang 11 kaki atau 3,35 meter. Berbeda dengan aturan keluaran Universitas Cambridge yang mensyaratkan panjang sekitar 15 kaki atau 4,75 m. Namun, di antara perbedaan itu ada satu persamaan. Gol sudah dinilai sah jika bola masuk ke gawang. Tak perlu menggiring ke dalamnya.

Tahun 1863 Para pemain sering berdebat untuk menyimpulkan tendangan mereka gol atau tidak. Pasalnya, sulit diketahui bola lewat di atas atau di bawah tiang. Pada 1863, asosiasi sepakbola Inggris (FA) mengeluarkan peraturan bahwa pada bagian atas gawang diberi pita, yang diikatkan pada ujung bagian atas maasing-masing tiang.

  • Selain itu, FA juga menetapkan bahwa lebar gawang yang resmi adalah 8 yard atau 7,32 meter.
  • Tahun 1875 Hanya ada sedikit perubahan.
  • Atap yang terbuat dari pita diganti dengan balok kayu.
  • Tinggi tiang gawang juga ditetapkan secara resmi oleh FA.
  • Yakni, 8 kaki atau 2,44 meter.
  • Aturan tentang tinggi dan lebar gawang tersebut tak berubah hingga saat ini.

Sedangkan untuk bentuk dan diameter tiang masih elastis. Belum diseragamkan. Tahun 1891 Pada 1891, seorang pria Birmingham menemukan ide untuk memasang jaring pada gawang. Ide tersebut lalu dipatenkan dan diproduksi oleh seorang insinyur dari Liverpool yang bernama, John Alexander Brodie.

  • Gawang berjaring digunakan pertama kali pada laga antara perkumpulan sepakbola wilayah Utara versus Selatan, pada Januari 1891.
  • Sedangkan pertandingan resmi yang menggunakan gawang berjaring baru diakukan pada laga WBA melawan The Villa, 1892.
  • Empat tahun kemudian, FA mengeluarkan keputusan bahwa ketebalan tiang tidak boleh lebih dari 5 inci atau 12,5 cm.

Pada 1938 aturan ini diperbarui dengan mengharuskan semua tiang gawang dicat warna putih. Bahan untuk tiang gawang boleh dari kayu atau logam. Material lain juga diperbolehkan tapi harus izin kepada FA. Desainnya bisa empat persegi panjang, setengah lingkaran atau bulat panjang.

Di antara semua desain, bentuk bulat panjang merupakan desain yang paling sering digunakan. Sedangkan kayu, hingga era 1980-an, merupakan material paling favorit. Tahun 1980 Material kayu mulai ditinggalkan. Bahan alumunium dan plastik mulai sering digunakan. Jaring gawang pun terbuat bukan dari tali biasa.

Tapi, mayoritas sudah menggunakan bahan nylon. Pada era 1990-an mulai ada gawang non-permanen. FA mengizinkan dengan syarat memenuhi aspek keamanan. Tiang harus bisa tertanam kuat di tanah sehingga tidak membahayakan pemain. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Kiper berasal dari bahasa apa?

Nama permainan kipers berasal dari bahasa Belanda, yaitu kiepers. Permainan ini dimainkan oleh dua regu, yang masing-masing regu terdiri atas 12 orang.

Apa yang dimaksud dengan menjaga gawang?

Pengertian Penjaga Gawang – Penjaga gawang adalah pemain dalam sepak bola yang bertugas secara langsung menghentikan serangan lawan dengan semua anggota tubuhnya termasuk tangan. Baca juga: Teknik Menangkap Bola untuk Penjaga Gawang Setiap tim sepak bola terdiri 11 orang dan hanya sekaligus wajib berisi satu yang menjadi penjaga gawang.

Penjaga gawang dalam sepak bola memiliki peran yang istimewa sekaligus terbatas. Dikatakan istimewa karena dia mengenakan jersey atau kaus dengan warna yang berbeda dari rekannya, lawan, dan wasit. Hal ini untuk membedakan seorang penjaga gawang dengan pemain lain karena tugasnya yang berbeda, yaitu boleh menggunakan tangan.

Sementara disebut terbatas karena tugas utamanya hanya bisa dilakukan di kotak penaltinya sendiri. Baca juga: Kenapa Kostum Penjaga Gawang Berbeda dengan Pemain Lainnya? Sementara saat keluar dari kotak penalti, dia memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan pemain lain.

Kapan terjadi tendangan gawang dalam pertandingan sepak bola?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Tendangan gawang dalam sebuah pertandingan. Tendangan gawang ( bahasa inggris : Goal kick ) adalah metode tendangan yang dilakukan dari area dalam penalti pada permainan resmi sepak bola yang disebabkan kontak bola terakhir pada pemain lawan sebelum melewati garis gawang luar, berbeda dengan sebuah gol yang melewati garis gawang dalam.

Apabila terjadi kontak terakhir bola pada pemain sendiri sebelum melewati garis gawang luar, maka tendangan sudut yang diberikan. Ketika tendangan ini dilakukan, pemain lawan harus di luar area penalti. Sebuah gol dapat dilakukan secara langsung dari tendangan gawang namun tidak berlaku untuk gol bunuh diri.

Offside tidak berlaku apabila pemain mendapat umpan dari tendangan ini.

Berapa meter tendangan penalti?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Tendangan penalti dalam sebuah pertandingan. Tendangan penalti adalah metode menendang dalam pertandingan sepak bola, yang dilakukan dari titik penalti berjarak 11 meter menuju gawang. Tendangan penalti dilakukan selama permainan berlangsung. Hal ini diberikan ketika pelanggaran dengan hukuman tendangan bebas terjadi dalam area penalti.

  • Tendangan yang sama yang dibuat dalam adu penalti di beberapa sistem kompetisi untuk menentukan tim pemenang setelah pertandingan berakhir imbang; meskipun sama dalam penerapan, adu penalti memiliki batasan-batasan yang sedikit berbeda.
  • Dalam praktiknya, hukuman lebih sering menjadi gol daripada tidak, bahkan terhadap kiper kelas dunia, yang berarti bahwa pemberian tendangan penalti sering menentukan, terutama dalam permainan yang sedikit menghasilkan gol.

Tendangan penalti yang berhasil sering mematahkan semangat pada pemain lawan karena dianggap dimudahkan untuk mencetak gol. Tendangan ini diperkenalkan pertama kali di wilayah Britania Raya pada akhir abad ke-19. Tendangan penalti pertama pada sebuah laga resmi di dunia diberikan kepada tim Skotlandia, Airdrieonians pada tahun 1891 di Broomfield Park,

Berapa jarak titik penalti ke garis gawang dalam permainan sepak bola?

Liputan6.com, Jakarta – Pertandingan Persija melawan Persita pada lanjutan BRI Liga 1 di stadion Patriot Candrabaga (24/8/2022) lalu, cukup mencuri perhatian. Pasalnya, hingga babak pertama berakhir, keduanya belum berhasil mencetak gol sama sekali. Pada babak kedua, aksi saling serang Persija dan Persita kembali terjadi.

  1. Namun, belum ada peluang emas bagi kedua tim hingga menit ke-55.
  2. Di menit ke-90, Persija mendapatkan peluang emas saat Nelson Alom menjatuhkan pemain Persija.
  3. Sang penyerang asal Persija, Yusuf Helal berhasil mengeksekusi penalti dengan baik sehingga membuat skor berubah menjadi 1-0.
  4. Emenangan dramatis dari titik putih penalti tentu bukan hal yang baru dalam sepak bola,

Tidak hanya dalam kompetisi domestik, pertandingan sekelas Piala Dunia juga tidak jarang ditentukan oleh tendangan 12 pas. Nah, apakah kamu tahu mengapa tendangan penalti dapat terjadi di dalam pemainan sepak bola? Tendangan penalti dapat terjadi karena adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pemain bertahan atau kiper di dalam kotak penalti.

Lantas, dimanakah arena kotak penalti tersebut? Di depan area gawang terdapat kotak penalti, yang memiliki titik penalti dari garis gawang berjarak 11 meter dari garis gawang. Ukuran kotak penalti memiliki panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter. Area ini menjadi batasan bagi kiper untuk menangkap bola dengan tangan.

Selain itu, area tersebut dapat menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan penalti atau tidaknya. * Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Related Post