Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Apa Nama Induk Olahraga Senam Internasional?

Apa Nama Induk Olahraga Senam Internasional?

Apa Nama Induk Olahraga Senam Internasional
Sejarah FIG – FIG merupakan organisasi tertua bagi cabang olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade. FIG dibentuk pada 23 Juli 1881 di Liege, Belgia. Saat ini, kantor pusat FIG berlokasi di Lausanne, Swiss. Awalnya, FIG bernama European Federation of Gymnastics atau Federasi Senam Eropa di mana anggotanya terdiri dari tiga negara yaitu Belgia, Perancis, dan Belanda.

  • Nama tersebut bertahan hingga 1921, hingga akhirnya negara-negara non-Eropa bergabung dan namanya berubah menjadi FIG seperti sekarang.
  • Mengutip laman resmi FIG, organisasi ini mengatur delapan olahraga yakni senam untuk semua, senam artistik pria dan wanita, senam irama, senam trampolin, senam aerobik, senam akrobat, dan parkour.

Baca juga: Peralatan Senam Artistik Putra dan Putri Saat ini, ada 148 federasi senam negara yang tearfiliasi ke FIG. Adapun, di bawah FIG ada lima serikat kontinental atau konfederasi yang menaungi federasi senam negara-negara di masing-masing benua yaitu:

Uni Senam Eropa / European Union of Gymnastics (UEG) Uni Senam Pan-Amerika / Pan-American Gymnastic Union (PAGU) Uni Senam Asia / Asian Gymnastic Union (AGU) Uni Senam Afrika / African Gymnastics Union (UAG) Uni Senam Oseania / Oceania Gymnastics Union (OGU)

Baca juga: Cara Melakukan Senam Lantai yang Aman
Apa Induk Organisasi Senam Indonesia? Ini Sejarahnya Jakarta – adalah olahraga yang mengutamakan gerak badan berbagai bentuk dengan keselarasan dan berkesinambungan. Induk olahraga senam Internasional adalah Federation Internationale de Gymnastique (FIG).

  1. Dalam olahraga, senam sendiri dapat diartikan sebagai latihan tubuh yang bertujuan untuk mengaktifkan seluruh anggota tubuh dan persendian agar tidak terjadi kekakuan.
  2. Dengan rutin melakukan gerakan-gerakan tubuh baik secara statis maupun dinamis, kelenturan tubuh bisa berkembang.
  3. Jika induk organisasi senam Internasional adalah FIG, lantas apa nama induk organisasi senam Indonesia? Berikut ulasannya dikutip dari ‘BUKU AJAR SENAM DASAR’ oleh Dr.

Harwanto, S.T. dan kawan-kawan.

Apakah nama induk organisasi senam tingkat nasional dan internasional internasional?

Nama Induk Organisasi Senam Indonesia Adalah PERSANI – Diketahui bahwa untuk induk olahraga senam internasional adalah FIG atau Federation Internationale de Gymnastique. Ini adalah induk olahraga senam di dunia yang berperan sebagai pembuat aturan dan biasa dikenal sebagai Code of Points. Karena merupakan pembuat aturan, maka FIG akan mengatur penampilan pesenam.

  • Selain itu, induk organisasi senam internasional ini juga akan bertanggung jawab dalam menentukan kelayakan usia para pesenam yang dapat ikut serta dalam olimpiade.
  • Alau FIG merupakan induk untuk olahraga senam internasional, maka induk organisasi olahraga senam di Indonesia disebut dengan Persatuan Senam Indonesia.

Disebutkan bahwasanya organisasi ini lahirnya tidak lepas dari pesta olahraga GANEFO. Singkatan induk organisasi senam Indonesia adalah Persani, Organisasi ini lahir pada Juli tahun 1963 dan pembentukannya diprakarsai oleh sejumlah tokoh ternama.

Apa nama induk organisasi olah raga senam di Indonesia?

Nama Induk Organisasi Senam Indonesia adalah PERSANI – Senam Zumba / Sumber: Unsplash Memahami nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI. Kepanjangan nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI (Persatuan Senam Indonesia). Sejarah dibentuknya nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI, dipelopori oleh R.

  • Suhadi yang pada masa awal dibentuknya menjadi ketua pertama PB Persani.
  • Nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI dibentuk pada 14 Juli 1963.
  • Sejarah yang tercatat dalam buku berjudul Bentuk-Bentuk Dasar Gerakan Senam (2018) oleh Dr Sutopo Adi M.Kes, nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI dibentuk pula karena gelaran pesta olahraga GANEFO (Games of The New Emerging Forces).
You might be interested:  Siapa Sajakah Yang Perlu Melakukan Olahraga?

Inilah mengapa, kemudian GANEFO juga menjadi bagian dari pelopor munculnya nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI. Dalam ajang gelaran ini, dibentuknya nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI pertama kali digagas oleh Presiden RI pertama, Soekarno Meskipun ada tokoh-tokoh khusus yang dikenal mempelopori dibentuknya nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI, sebenarnya sebelum pelopor mengemukakannya kepada publik ada inisiatif khusus pula dari para tokoh olahraga nasional di Indonesia yang berperan serta.

Inti pokok dari tujuan dibentuknya nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI, ditujukan untuk menyiapkan, membina, melatih, dan melahirkan atlet senam hingga bisa mencapai puncak prestasinya. Nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI, secara nyata menjadi wadah komunitas mengembangkan aktivitasnya dengan lebih jelas dan matang.

Apabila dalam catatan sejarah, nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI dibentuk pada 14 Juli 1963, PERSANI benar-benar bisa menjalankan fungsi sesuai tujuan utama dibentuknya pada 10-22 November 1963. Momen besar nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI bisa memaksimalkan peran tersebut, yakni pada ajang pesta olahraga GANEFO.

Apa saja cabang olahraga senam?

Sejarah Induk Organisasi Senam Dunia – International Gymnastics Federation (FIG) dibentuk tanggal 23 Juli 1881 di Belgia, tepatnya Kota Liege dengan diketuai oleh Nicolaas Cupérus (1881-1924), Pada mulanya induk organisasi senam tingkat internasional ini bernama European Federation of Gymnastics atau Federasi Senam Eropa dengan hanya memiliki tiga anggota, yakni Belanda, Prancis, dan Belgia.

  • Terdapat setidaknya 148 federasi nasional yang berafiliasi dengan FIG,. Kesemuanya terbagi dalam lima serikat kontinental atau biasa disebut konfederensi, berikut
  • European Union of Gymnastics (UEG) Uni Senam Eropa
  • Pan-American Gymnastic Union (PAGU) Uni Senam Pan-Amerika
  • Asian Gymnastic Union (AGU) Uni Senam Asia
  • African Gymnastics Union (UAG) Uni Senam Afrika
  • Oceania Gymnastics Union (OGU) Uni Senam Oseania
  • Simak Juga

Apakah ada induk cabang olahraga yang baru lagi?

Nama-Nama Induk Organisasi Olahraga Internasional – Induk Organisasi Olahraga Internasional Tak hanya di Indonesia, Induk olahraga juga ada yang berdiri dengan wilayah kerja secara Internasional. Induk olahraga Internasional ini membawahi Induk olahraga yang ada di berbagai negara, termasuk Indonesia.

No Nama Kepanjangan
1. BWF Badminton World Federation
2. FIBA Federation International de Baskeball
3. FIFA Federation of International Football Association
4. FIG Federation International de Gymnastique
5. IAAF International Amateur Athletic Federation
6. IABA International Amateur Boxing Association
7. IBF International Boxing Federatin
8. ILTA International Lawn Tennis Association
9. ISF International Softball Federation
10. ITTF International Table Tennis Federation
11. IVBF International de Volley Ball Federation
12. IYRU International Pasific Boxing Federation
13. OPBF Orient Pasific Boxing Federation
14. WBA World Boxing Association
15. WBC World Boxing Commission
16. WBF World Boxing Federation
17. WBO World Boxing Organization
18. WTF World Taekwondo Federation
You might be interested:  Sebutkan Olahraga Yang Dapat Meningkatkan Imun Tubuh?

Selain tersebut di atas, sebenarnya masih ada banyak sekali induk organisasi olahraga di dunia. Di atas hanya sebagai contoh saja. Semoga bermanfaat dan membuat kita lebih mengenal dunia olahraga. : Induk Organisasi Seluruh Cabang Olahraga Indonesia dan Dunia

Mengapa olahraga senam dilarang oleh penjajah Jepang?

Sejarah Senam Indonesia – Adalah Minkema, seorang perwira angkatan laut Belanda, yang pertama kali membuka kursus senam pada tahun 1918 pada kota Malang Jawa Timur. Namun selama beberapa tahun olahraga ini belum berkembang pesat, karena masyarakat masih tabu dalam mengikuti senam ini.

Maklum, masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam, memandang bahwa memperlihatkan aurat (lekuk tubuh) adalah sesuatu yang mereka hindari. Namun pada tahun 1922, tepatnya pada kota Bandung, berdiri sebuah sekolah bernama Militaire Gymnastiek en Sporschool (MGSS). Selanjutnya sekolah ini membina para siswa untuk mahir dalam olahraga senam.

Tidak hanya sampai disitu. Akan tetapi alumni sekolah ini menjadi instruktur pada sekolah lainnya. Untuk mempelajari olahraga senam tersebut. Melihat meningkatnya penggemar olahraga tersebut, sehingga terbuka cabang-cabang MGSS pada beberapa daerah, yaitu: Probolinggo, Bogor, Malang, medan, dan Surakarta.

  • Selama 20 tahun, yakni tahun 1922 hingga 1942, olahraga ini terus berkembang dan memiliki banyak peminat.
  • Namun setelah penaklukan oleh penjajah Jepang pada tahun 1942, kegiatan senam ini mendapatkan instruksi penghentian.
  • Semua argumen penghentian oleh Jepang tersebut dengan alasan politis, yakni olahraga yang berasimilasi kebarat-baratan menjadi aktifitas terlarang oleh penjajah Jepang.

Tetapi, tidak berati senam berhenti total, melainkan jenis kegiatannya tergantikan dengan “Taiso” atau sejenis senam pagi (kalestenik), kegiatan ini berbentuk aktifitas pagi oleh para murid sekolah. Dengan seremoni (upacara) awal adalah memberikan penghormatan kepada Kaisar Jepang (Tenno Heika).

  • Untuk penghormatan tersebut, seluruh murid dan instruktur menghadap kearah Utara (lokasi sang kaisar berada).
  • Dengan cara membungkukkan badan, memberikan hormat.
  • Selama 3 tahun, yakni rentang waktu tahun 1942 sampai tahun 1945, kegiatan senam tersebut terlaksana pada semua instansi pendidikan, terutama sekolah-sekolah.

Namun setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan pada tahun 1945, kegiatan penghormatan mendapatkan penentangan dan kritik dari seluruh wilayah Negara Republik Indonesia. Termasuk kegiatan senam Taiso tersebut berhenti. Dan Indonesia kembali menggunakan senam yang mereka dapatkan pada zaman penjajahan Belanda.

Apa saja cabang olahraga senam?

Sejarah Induk Organisasi Senam Dunia – International Gymnastics Federation (FIG) dibentuk tanggal 23 Juli 1881 di Belgia, tepatnya Kota Liege dengan diketuai oleh Nicolaas Cupérus (1881-1924), Pada mulanya induk organisasi senam tingkat internasional ini bernama European Federation of Gymnastics atau Federasi Senam Eropa dengan hanya memiliki tiga anggota, yakni Belanda, Prancis, dan Belgia.

  • Terdapat setidaknya 148 federasi nasional yang berafiliasi dengan FIG,. Kesemuanya terbagi dalam lima serikat kontinental atau biasa disebut konfederensi, berikut
  • European Union of Gymnastics (UEG) Uni Senam Eropa
  • Pan-American Gymnastic Union (PAGU) Uni Senam Pan-Amerika
  • Asian Gymnastic Union (AGU) Uni Senam Asia
  • African Gymnastics Union (UAG) Uni Senam Afrika
  • Oceania Gymnastics Union (OGU) Uni Senam Oseania
  • Simak Juga
You might be interested:  Cabang Olahraga Yang Paling Tua Usianya?

Apakah ada induk cabang olahraga yang baru lagi?

Nama-Nama Induk Organisasi Olahraga Internasional – Induk Organisasi Olahraga Internasional Tak hanya di Indonesia, Induk olahraga juga ada yang berdiri dengan wilayah kerja secara Internasional. Induk olahraga Internasional ini membawahi Induk olahraga yang ada di berbagai negara, termasuk Indonesia.

No Nama Kepanjangan
1. BWF Badminton World Federation
2. FIBA Federation International de Baskeball
3. FIFA Federation of International Football Association
4. FIG Federation International de Gymnastique
5. IAAF International Amateur Athletic Federation
6. IABA International Amateur Boxing Association
7. IBF International Boxing Federatin
8. ILTA International Lawn Tennis Association
9. ISF International Softball Federation
10. ITTF International Table Tennis Federation
11. IVBF International de Volley Ball Federation
12. IYRU International Pasific Boxing Federation
13. OPBF Orient Pasific Boxing Federation
14. WBA World Boxing Association
15. WBC World Boxing Commission
16. WBF World Boxing Federation
17. WBO World Boxing Organization
18. WTF World Taekwondo Federation

Selain tersebut di atas, sebenarnya masih ada banyak sekali induk organisasi olahraga di dunia. Di atas hanya sebagai contoh saja. Semoga bermanfaat dan membuat kita lebih mengenal dunia olahraga. : Induk Organisasi Seluruh Cabang Olahraga Indonesia dan Dunia

Mengapa olahraga senam dilarang oleh penjajah Jepang?

Sejarah Senam Indonesia – Adalah Minkema, seorang perwira angkatan laut Belanda, yang pertama kali membuka kursus senam pada tahun 1918 pada kota Malang Jawa Timur. Namun selama beberapa tahun olahraga ini belum berkembang pesat, karena masyarakat masih tabu dalam mengikuti senam ini.

Maklum, masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam, memandang bahwa memperlihatkan aurat (lekuk tubuh) adalah sesuatu yang mereka hindari. Namun pada tahun 1922, tepatnya pada kota Bandung, berdiri sebuah sekolah bernama Militaire Gymnastiek en Sporschool (MGSS). Selanjutnya sekolah ini membina para siswa untuk mahir dalam olahraga senam.

Tidak hanya sampai disitu. Akan tetapi alumni sekolah ini menjadi instruktur pada sekolah lainnya. Untuk mempelajari olahraga senam tersebut. Melihat meningkatnya penggemar olahraga tersebut, sehingga terbuka cabang-cabang MGSS pada beberapa daerah, yaitu: Probolinggo, Bogor, Malang, medan, dan Surakarta.

  • Selama 20 tahun, yakni tahun 1922 hingga 1942, olahraga ini terus berkembang dan memiliki banyak peminat.
  • Namun setelah penaklukan oleh penjajah Jepang pada tahun 1942, kegiatan senam ini mendapatkan instruksi penghentian.
  • Semua argumen penghentian oleh Jepang tersebut dengan alasan politis, yakni olahraga yang berasimilasi kebarat-baratan menjadi aktifitas terlarang oleh penjajah Jepang.

Tetapi, tidak berati senam berhenti total, melainkan jenis kegiatannya tergantikan dengan “Taiso” atau sejenis senam pagi (kalestenik), kegiatan ini berbentuk aktifitas pagi oleh para murid sekolah. Dengan seremoni (upacara) awal adalah memberikan penghormatan kepada Kaisar Jepang (Tenno Heika).

Untuk penghormatan tersebut, seluruh murid dan instruktur menghadap kearah Utara (lokasi sang kaisar berada). Dengan cara membungkukkan badan, memberikan hormat. Selama 3 tahun, yakni rentang waktu tahun 1942 sampai tahun 1945, kegiatan senam tersebut terlaksana pada semua instansi pendidikan, terutama sekolah-sekolah.

Namun setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan pada tahun 1945, kegiatan penghormatan mendapatkan penentangan dan kritik dari seluruh wilayah Negara Republik Indonesia. Termasuk kegiatan senam Taiso tersebut berhenti. Dan Indonesia kembali menggunakan senam yang mereka dapatkan pada zaman penjajahan Belanda.

Related Post