Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Apa Yang Dikeluarkan Oleh Tubuh Ketika Olahraga?

Apa Yang Dikeluarkan Oleh Tubuh Ketika Olahraga?

Apa Yang Dikeluarkan Oleh Tubuh Ketika Olahraga
KOMPAS.com – Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang bugar, sehat, dan indah. Tentu saja, olahraga menjadi salah satu hal yang penting jika ingin mendapatkan semua itu. Olahraga secara teratur merupakan solusi tepat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengingkatkan kepercayaan diri.

  • Banyak orang yang berolahraga karena mengetahui manfaatnya yang beragam.
  • Nah, jika kalian berencana untuk memulai olahraga secara teratur, bersiaplah untuk ketagihan karena hasil yang didapatkan.
  • Berikut yang terjadi pada tubuh saat kita berolahraga secara teratur.
  • Baca : 3 Jenis Olahraga yang Sebaiknya Dijadikan Rutinitas Harian 1.

Mengontrol berat badan Olahraga teratur membantu kita untuk mengendalikan berat badan, karena mampu mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Olahraga juga meningkatkan tingkat metabolisme karena tubuh kita membakar lebih banyak kalori, apalagi bila lebih banyak otot terbentuk.

Nah, tentu saja dengan manfaat ini berat badan berlebih menjadi berkurang. Baca juga : 4 Cara Meningkatkan Metabolisme Agar Mudah Langsing 2. Membuat tubuh menjadi aktif Olahraga teratur membuat persediaan jumlah oksigen dan nutrisi dalam jaringan tubuh menjadi maksimal. Selain itu, olahraga teratur juga mempromosikan aktivitas sistem kardiovaskular kita.3.

Memperbaiki mood Berolahraga juga mampu meningkatkan mood kita. Ini menghilangkan rasa stres, cemas atau depresi. Olahraga teratur melepaskan hormon – misalnya norepinefrin dan serotonin – yang mampu mengendalikan tingkat stres dalam otak. Baca juga : Olahraga Kardio dan 10 Manfaat Ajaibnya Bagi Tubuh 4.

Memperkuat tulang dan otot Berolahraga sangat bermanfaat untuk membentuk dan memperkuat otot. Melakukan olahraga secara teratur dapat membuat tubuh kita menyerap sejumlah besar asam amino, yang membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh.5. Memperbaiki kualitas tidur Suhu tubuh akan menurun ketika tidur jika kita berolahraga secara teratur.

Ke Mana Perginya Lemak yang Terbakar Saat Olahraga?

Inilah yang membuat kita bisa tidur dengan nyenyak dalam waktu lama. Selain itu, olahraga teratur sangat bermanfaat bagi penderita gangguan tidur dan memberikan sensasi rileks yang besar. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Apakah Harus olahraga setiap hari?

Lama olahraga berbeda-beda tergantung kondisi berat badan – Menurut Russell Pate, Ph. D, anggota komite penasihat pedoman diet Amerika Serikat, jika Anda sudah melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari. Hanya saja, Anda masih mengalami kenaikan berat Anda, Anda perlu untuk meningkatkan waktu olahraga Anda sampai 60 menit setiap hari untuk mencegah kenaikan berat badan, seperti dilansir Web MD.

Batasnya adalah selama 90 menit setiap hari bagi orang yang kelebihan berat badan ( overweight ), kehilangan berat badan dalam jumlah besar, dan yang mempertahankan penurunan berat badan jangka panjang. Jadi, jika Anda mempunyai berat badan normal, Anda cukup melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari.

Jika Anda ingin mengontrol berat badan, Anda disarankan untuk melakukan olahraga selama 60 menit setiap hari. Sedangkan, jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda perlu melakukan olahraga yang lebih lagi, yaitu selama 90 menit setiap hari. Ingat, jangan lebih dari ini karena terlalu lama melakukan olahraga juga tidak baik.

Apa dampak negatif olahraga yang dilakukan terlalu lama?

Apa yang terjadi jika terlalu lama melakukan olahraga? – Melakukan olahraga setiap hari dapat membuat tubuh bugar dan juga dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit kronis di usia dewasa. Olahraga setiap hari berguna untuk menyeimbangkan energi yang masuk dan keluar dari tubuh Anda, sehingga olahraga juga berguna untuk menjaga berat badan Anda.

  1. Namun, olahraga yang dilakukan terlalu lama justru dapat memberi Anda dampak negatif.
  2. Olahraga yang dilakukan terlalu lama dapat memberi stres pada tubuh Anda dan bahkan dapat menyebabkan overtraining.
  3. Overtraining dapat menyebabkan Anda mengalami kelelahan yang berkepanjangan, cedera otot dan sendi, kehilangan motivasi, mudah marah, membuat kualitas tidur menjadi buruk.
You might be interested:  Olahraga Yang Memerlukan Keterampilan Memantulkan Bola Adalah?

Selain itu juga berkurangnya nafsu makan, mengubah fungsi kekebalan tubuh dan hormon, serta dapat menurunkan kepadatan tulang, Untuk mencegah risiko overtraining, sebaiknya Anda tambahkan sesi olahraga kardio daripada olahraga untuk memperkuat bagian otot tertentu guna mencapai durasi olahraga 60-90 menit.

Berapa lama Durasi olahraga yang harus dilakukan setiap hari?

Bagaimana saya bisa berolahraga selama itu? – Bagi Anda yang baru mulai olahraga atau tidak terbiasa olahraga, mungkin sulit bagi Anda untuk melakukan olahraga selama 90 menit guna menurunkan berat badan ini. Melakukan olahraga selama 90 menit dirasa lama sekali dibandingkan jika Anda menghabiskan selama 90 menit di depan televisi, apalagi bagi Anda yang tidak terbiasa berolahraga.

Jika Anda tidak pernah olahraga sebelumnya, sebaiknya Anda memulai olahraga dengan durasi yang tidak terlalu lama. Hal ini membantu mulai membiasakan tubuh Anda untuk berolahraga. Anda bisa mulai olahraga dengan durasi 25 menit setiap hari selama 6 hari dan satu harinya bisa Anda gunakan untuk istirahat. Jika tubuh Anda dirasa sudah mulai terbiasa dengan durasi olahraga selama 25 menit, maka seterusnya bisa Anda tingkatkan lagi. Yang terpenting adalah Anda dapat mempertahankan rutinitas Anda untuk melakukan olahraga setiap hari. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga, kira-kira selama 5-10 menit untuk masing-masing. Jenis olahraga dan seberapa berat olahraga yang Anda lakukan (intensitas olahraga) dapat mempengaruhi hasil olahraga Anda. Tidak selamanya tentang berapa lama (durasi) Anda melakukan olahraga. Satu hal lagi yang penting adalah Anda harus fokus saat berolahraga. Aktivitas apa saja yang Anda lakukan saat waktu berolahraga juga sama pentingnya dengan berapa lama Anda berolahraga. Jika Anda menghabiskan waktu olahraga Anda dengan berjalan di treadmill sambil menonton televisi, tentu hasilnya tidak maksimal. Ingat, sebaiknya-baiknya durasi olahraga yang Anda ambil adalah yang sesuai dengan kemampuan Anda, yang terpenting adalah Anda melakukannya dengan konsisten sehingga Anda mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga Anda. Anda juga bisa memilih jenis olahraga yang Anda sukai dan cocok dengan Anda, sehingga Anda nyaman saat melakukan olahraga.

Related Post