Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Apakah Yang Dimaksud Dengan Olahraga Akuatik?

Apakah Yang Dimaksud Dengan Olahraga Akuatik?

Apakah Yang Dimaksud Dengan Olahraga Akuatik
Pengertian Olahraga Akuatik – Apakah Yang Dimaksud Dengan Olahraga Akuatik Rainy Collections Motif Polos Baju Renang Muslim Wanita Dari namanya saja pasti sudah bisa ditebak kalau akuatik adalah olahraga yang berkaitan erat dengan air. Ya, olahraga akuatik merupakan kegiatan olahraga yang dilakukan di dalam air seperti berenang, polo air, loncat indah, kano, dan lain sebagainya.

  1. Akuatik menjadi salah satu jenis olahraga yang paling populer dan diminati di Indonesia.
  2. Selain membuat tubuh menjadi kencang dan bugar, terdapat beberapa manfaat kesehatan yang bisa dirasakan dengan rutin melakukan olahraga air.
  3. Olahraga air tidak dilakukan di gym maupun ruangan yang ber-AC, melainkan di luar ruangan.

Sehingga tubuh akan mendapatkan paparan sinar matahari dan merasakan udara segar yang memberikan berbagai manfaat buat tubuh. Melakukan salah satu cabang olahraga akuatik juga diyakini bisa menurunkan risiko terkena penyakit kronis. Yang mana saat melakukan olahraga air, kamu berarti sedang melatih hampir semua otot tubuh.

  • Hal ini tentu saja bisa meningkatkan metabolisme dan nafsu makan.
  • Dengan meningkatnya energi, tubuh kita juga akan mendapatkan kekebalan sehingga terhindar dari berbagai penyakit kronis.
  • Selain ini, olahraga air terutama berenang dan snorkeling juga bisa menjadi terapi bagi pasien yang menderita radang sendi atau rheumatoid arthritis.

Olahraga akuatik bisa meningkatkan penggunaan sendi tanpa memperburuk gejala radang sendi yang dialami. Selain itu, sifat air yang menenangkan dan lembut bisa menjadi solusi bag persendian yang pegal.

Apa yang dimaksud dengan olah raga akuatik?

Akuatik adalah cabang olahraga yang berhubungan dengan air. Salah satu yang paling populer dan digemari adalah renang. Dengan berenang, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan renang gaya bebas?

1. Pergerakan Tubuh – Gaya bebas adalah gerakan renang dengan posisi tubuh telungkup mengarah ke bawah. Saat berenang, biasanya hanya ujung kepala yang berada di permukaan air. Kepala juga tetap berada di bawah air, kecuali saat menarik napas, wajah akan keluar dari permukaan air.

PRSI singkatan dari apa?

SEJARAH PRSI Persatuan Renang Seluruh Indonesia disingkat PRSI adalah organisasi yang mengatur olahraga renang di Indonesia didirikan pada tanggal 21 Maret 1951 dengan ketua umun pertama adalah Prof.dr.Poerwo Soedarmo dan saat ini telah terbentuk di 34 Provinsi seluruh Indonesia.

PB PRSI didirikan berdasarkan akte pendirian didepan notaris Irmawati Habie SH, Jl. Dewi Sartika No 1-2 Jakarta Timur dengan No 01 tanggal 5 Maret tahun 2012. PB PRSI terdaftar sebagai wajib pajak No 02.493.227.9 – 077.00. PB PRSI diketuai oleh seorang Ketua Umum yang dipilih oleh pengurus induk organisasi propinsi dalam forum Munas yang dilaksanakan setiap 4 (empat) tahun diakhir masa periode dengan struktur organisasi sbb; Waketum I (bidang organisasi).

Waketum II Binpres yang terdiri dari komisi teknik. Waketum III adalah bidang dana dan usaha, humas media dan promosi, serta bidang sarana dan prasarana. Waketum IV bidang Kerjasaman Luar Negeri. Waketum V bidang Iptek. Untuk melaksanakan operasional administrasi sehari-hari dibantu oleh kesekretariatan yang dipimpin oleh Sekjen.

Kejurnas Renang Kejurnas Polo Air Kejurnas Loncat Indah Kejurnas Renang Indah Kejurnas Renang Perairan Terbuka Kejurnas Master

Melakukan pelatihan dan pembinaan untuk para Pelatih renang baik tingkat reginal maupun nasional dengan mendatangkan pelatih dari luar negeri dalam rangka meningkatkan kualitas dari para pelatih pelatih renang yang ada di tingkat daerah maupun nasional.

Juga melakukan pelatihan dan pembinaan para Wasit dan juri dalam rangka meningkatkan kualitas para wasit dan juri baik ditingkat daerah, regional maupun nasional. Dengan harapan para Wasit renang kita dapat berbicara bukan saja pada pertandingan di dalam negeri akan tetapi dapat dilibatkan dalam kejuaraan ditingkat internasional.

You might be interested:  Bagaimana Pemain Tenis Meja Kehilangan Angka?

ANGGARAN DASAR / ANGGARAN RUMAH TANGGA PRSI Berikut ini adalah AD/ART PRSI yang dapat diunduh: Klik disini untuk mengunduh AD/ART PRSI, VISI PRSI

Membangun Karakter dan Mengharumkan Nama Bangsa Melalui Olahraga Akuatik.

MISI PRSI

Memasyarakatkan Olahraga Renang Sebagai Kebutuhan Hidup Dasar Menjadikan Olahraga Renang Sebagai Gaya Hidup Sehat Mendorong Lahirnya Atlet-Atlet Akuatik yang Berprestasi Merangkul Semua Pihak Dalam Mengembangkan Olahraga Akuatik Memastikan Perbaikan Kualtias SDM yang Merata di Semua Daerah

KODE ETIK PRSI Sebagai pedoman pelaksanaan tugas profesional anggota PRSI, PRSI kemudian menerbitkan Kode Etik bagi para anggotanya. Klik disini untuk mengunduh Kode Etik PRSI, STRUKTUR ORGANISASI Apakah Yang Dimaksud Dengan Olahraga Akuatik Anindya Novyan Bakrie Ketua Umum Apakah Yang Dimaksud Dengan Olahraga Akuatik Sarman Simanjorang Wakil Ketua Umum 1 Apakah Yang Dimaksud Dengan Olahraga Akuatik Dr. Ir. Reswanda T. Ade, MM Wakil Ketua Umum 2 Apakah Yang Dimaksud Dengan Olahraga Akuatik Harlin E. Rahardjo Wakil Ketua Umum 3 Apakah Yang Dimaksud Dengan Olahraga Akuatik Jonathan Tahir Wakil Ketua Umum 4 Apakah Yang Dimaksud Dengan Olahraga Akuatik Ali A. Patiwiri Sekretaris Jenderal Apakah Yang Dimaksud Dengan Olahraga Akuatik M. Sahid Mahudie Bendahara Umum SURAT KEPUTUSAN KOMITE OLAHRAGA NASIONAL INDONESIA Berikut ini adalah SK KONI yang dapat diunduh: Klik disini untuk mengunduh SK KONI, SURAT KEPUTUSAN KOMITE OLIMPIADE INDONESIA Berikut ini adalah SK NOC yang dapat diunduh: Klik disini untuk mengunduh SK NOC,

Etua Umum: Muchlis Zulkifli Masa Bakti: 2020 – 2024 Ketua Umum: H. Muchrid Nasution, SE Masa Bakti: 2020 – 2024 Ketua Umum: Mulyadi Masa Bakti: 2020 – 2024 Ketua Umum: H. Zulkifli Indra, SH Masa Bakti: 2021 – 2025 Ketua Umum: Iwan Kusmawan Masa Bakti: 2022 – 2026 Ketua Umum: H. Salman Alfarizi Agus Jaya Masa Bakti: 2018 – 2022 Ketua Umum: Hj.

Erna Sari Dewi, SE Masa Bakti: 2020 – 2024 Ketua Umum: Ir.H. Sari Muda, MT Masa Bakti: 2019-2023 Ketua Umum: Ade Utami Ibnu SS,MM Masa Bakti: 2019-2023 Ketua Umum: Nico Plamonia Utama, ST, MM Masa Bakti: 2020 – 2024 Ketua Umum: Agus Sutisna, S.Pd, M.Pd Masa Bakti: 2020 – 2024 Ketua Umum: Verdia Yosef Masa Bakti: 2020 – 2024 Ketua Umum: Jovinus Carolus Legawa Masa Bakti: 2021 – 2025 Ketua Umum: Hartadi Noertjojo Masa Bakti: 2021 – 2025 Ketua Umum: Maryanto Masa Bakti: 2021 – 2025 Ketua Umum: Dr.

  • Ir. Reswanda, MM Masa Bakti: 2019 – 2023 Ketua Umum: Agung Ngurah Adhi Ardhana Masa Bakti: 2021 – 2025 Ketua Umum: Abd.Rachman,SH Masa Bakti: 2018-2022 Ketua Umum: Bobby T Pitoby, MBA Masa Bakti: 2022 – 2026 Ketua Umum: Firdaus Masa Bakti: 2017-2021 Ketua Umum: Kusnadi B.
  • Halijam, Spi Masa Bakti: 2021 – 2025 Ketua Umum: Hj Hariyatie S.Sos, M.ikom Masa Bakti: 2019 – 2023 Ketua Umum: Hj.Dayang Donna Faroek, S.Psi.M Masa Bakti: 2020-2024 Ketua Umum: Indra Setiyawan Masa Bakti: 2020-2024 Ketua Umum: dr.

Ivone Debby Bentelu Masa Bakti: 2017-2021 Ketua Umum: H. Hamid Pou, S.Kom, MH Masa Bakti: 2018-2022 Ketua Umum: Drs.H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si Masa Bakti: 2022 – 2026 Ketua Umum: Faisal, SH Masa Bakti: 2020-2024 Ketua Umum: Ali Yathas Masa Bakti: 2022 – 2026 Ketua Umum: H.A.

Bagaimana pelaksanaan koordinasi gerak lengan dan kaki pada renang gaya punggung?

Macam-Macam Teknik Dasar Renang Gaya Punggung – Ragam Bola.com Perenang Rusia, Evgeny Rylov, saat beraksi di nomor gaya punggung pada ajang Kejuaraan Akuatik Eropa di Duna Arena, Budapest, Hungaria, (21/5/2021). (AFP/Tobias Schwarz) Bola.com, Jakarta – adalah jenis olahraga yang dilakukan di dalam air.

  • Renang bisa dilakukan oleh kanak-kanak sampai orang tua dan dapat dijadikan rekreasi sehat bagi keluarga, sekaligus sebagai alat pendidikan.
  • Gaya yang dapat dilakukan dalam olahraga renang cukup bervariasi.
  • Tiap gaya memiliki gerakan yang khas dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda Satu di antara gaya yang ada dalam olahraga berenang ialah gaya punggung.
You might be interested:  Olahraga Yang Mengandung Unsur Melatih Ketahanan Fisik?

Sesuai namanya, saat melakukan gaya punggung, perenang berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Sedangkan, untuk posisi wajah menghadap ke atas. Hal tersebut membuat perenang gaya punggung dapat dengan mudah mengambil napas. Jadi, pada renang gaya punggung ini perenang hanya dapat melihat ke atas dan tidak dapat melihat ke depan, terutama saat melakukan perlombaan.

Perenang hanya bisa memperkirakan dinding tepi kolam renang dengan cara menghitung jumlah gerakan yang dilakukan. Dalam renang gaya punggung, gerakan kaki dan lengan sama dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Berikut ini rangkuman tentang macam-macam teknik dasar dalam gaya punggung, seperti dilansir dari laman emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (14/10/2021).

Berita video ngobrol dengan atlet cantik dari dunia renang, Yosita Hapsari, yang bercerita soal hantu di Australia yang mirip dengan pocong. Seperti apa kisah horornya itu? Perenang Belanda, Maaike De Waard, saat beraksi di semifinal gaya punggung 50m pada ajang Kejuaraan Akuatik Eropa di Duna Arena, Budapest, Hungaria, (18/5/2021).

(AFP/Tobias Schwarz) Teknik Meluncur Mengambang dalam posisi tubuh terlentang merupakan satu di antara keunggulan yang dalam renang gaya punggung. Bagi pemula, cukup sulit untuk membuat posisi tidur terlentang karena takut tenggelam. Namun, posisi tidur terlentang di atas permukaan air tidak menyebabkan orang tenggelam, malah dapat melakukan pengambilan napas secara leluasa karena posisi wajah selalu di atas permukaan air.

Berikut ini cara latihan posisi meluncur dalam renang gaya punggung:

  • Kedua tangan berpegang pada tepi kolam, jarak tangan kanan kiri selebar bahu.
  • Kedua kaki dilipat atau dibengkokkan ke atas sehingga kedua telapak kaki bertumpu pada dinding kolam dengan kuat, kedua lutut ada di antara kedua lengan.
  • Kedua lengan melepas pegangan pada tepi kolam, kepala diluruskan ke belakang, dan bersamaan dengan gerakan tersebut kedua kaki mendorong dinding kolam dengan kuat sehingga tubuh terdorong ke belakang.
  • Wajah tetap di atas permukaan air, dan kedua lengan disisi tubuh.
  • Latihan ini dilakukan berkali-kali sehingga kamu mampu meluncur dengan sikap telentang dengan baik.

Bentuk-bentuk posisi badan meluncur Tahap persiapan:

  • Terapung terlentang kedua lengan di samping badan.
  • Tarik ibu jari ke atas menyusur ke samping tubuh.
  • Ibu jari menyentuh bahu bagian atas.
  • Putar pergelangan tangan mengarah ke luar.

Tahap Pelaksanaan:

  • Rentangkan lengan ke arah luar dan ke atas.
  • Luruskan lengan, tingginya kira-kira sama dengan bahu.

Tahap Lanjutan:

  • Kedua lengan menempel di samping badan, tubuh rileks sambil merasakan luncuran.
  • Belajar meluncur dengan pelampung, pelampung dipegang dengan kedua tangan lurus di atas kepala.
  • Meluncur tanpa pelampung, berdiri di pinggir kolam dan menghadap dinding kolam
  • Doronglah kedua kaki pada lantai ke belakang serta kedua lengan ke belakang.

Perenang Indonesia, Siman Sudartawa, meraih emas nomor 50 meter gaya punggung pada SEA Games di National Aquatic, Kuala Lumpur, Senin (21/8/2017). Siman memecahkan rekor SEA Games dengan waktu 25,20 detik. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna) Teknik Gerakan Kaki Gerakan kaki pada renang gaya punggung sama dengan gerakan gaya bebas, tetapi dilakukan dalam keadaan terlentang.

  • Perenang berdiri di tepi kolam dengan punggung rapat pada dinding kolam.
  • Kemudian kedua lengan dibengkokkan ke atas agar tangan dapat memegang tepi kolam.
  • Bila ada aba-aba ‘siap’, perenang mengangkat kedua kakinya ke atas ke arah permukaan air bersama-sama badan.
  • Sehingga badan dan kaki lurus pada permukaan air dengan sikap terlentang.
  • Pada aba-aba ‘ya’, perenang menggerakkan kedua kaki bergantian ke atas dan ke bawah.
  • Gerakan kaki dimulai dari pangkal paha, lutut sedikit dibengkokkan dan berakhir dengan kibasan ujung kaki.
  • Gerakannya harus lemas dan tidak kaku, gerakan ke atas dari pada gerakan ke bawah.
  • Bentuk-bentuk latihan gerakan kaki
You might be interested:  Yang Bukan Teknik Dasar Sepak Bola Adalah?

Cara melakukan latihan gerakan kaki, sebagai berikut:

  • Latihan gerakan kaki sambil duduk.
  • Latihan gerakan kaki sambil merentangkan kedua lengan samping.
  • Latihan gerakan kaki menggunakan papan peluncur
  • Latihan menggerakkan kaki sambil memegang pinggir kolam.

Perenang Indonesia, Jendi Pangabean, saat tampil pada Asian Para Games cabang renang nomor 100 meter gaya punggung S9 di Stadion Aquatic, Jakarta, Kamis (11/10). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

  • Teknik gerakan lengan dibagi menjadi tiga fase, yaitu:
  • a. Fase Menarik
  • Gerakan menarik dimulai setelah telapak tangan masuk beberapa inci dari permukaan air sampai titik maksimal tekukan siku atau telapak tangan tepat berada di samping luar bahu.
  • b. Fase mendorong

Gerakan mendorong dimulai dari akhir tarikan. Posisi tangan mendorong ke belakang dan ke bawah saat dalam gerakan seperempat lingkaran.c. Fase Istirahat Gerakan istirahat dimulai saat tangan keluar dari permukaan air dengan ibu jari keluar lebih dahulu.

  • Satu di antara ujung kaki dikaitkan dengan setang di tepi kolam, sementara kaki yang lain bertumpu pada dinding kolam agak ke bawah untuk memberi kekuatan penyangga badan.
  • Sikap badan terlentang, muka menghadap ke atas dengan dagu agak ditarik dan kedua lengan di sisi badan.
  • Lengan secara bergantian diayunkan lurus ke permukaan air melampaui kepala dan masuk ke air dengan posisi lengan di samping kepala.
  • Setelah tangan masuk ke air, dimulailah gerakan menarik dan mendorong air dengan kuat sehingga lengan lurus di sisi badan.
  • Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, hendaknya jari-jari tangan dirapatkan.

Perenang Indonesia, Jendi Pangabean, saat tampil pada Asian Para Games cabang renang nomor 100 meter gaya punggung S9 di Stadion Aquatic, Jakarta, Kamis (11/10). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

  1. Gerakan Pengambilan Napas
  2. Adapun cara melakukan pernapasan berbeda dengan pernapasan perenang gaya bebas, gaya dada, dan gaya kupu-kupu.
  3. Gerakan pengambilan napas renang gaya punggung bisa dilakukan saat istirahat dari satu lengan dan mengeluarkan napas pada saat istirahat lengan yang lain.
  4. Koordinasi Gerakan
  5. Latihan koordinasi renang gaya punggung adalah latihan yang terpadu dari semua unsur gerakan yang ada pada gaya punggung, yaitu mulai gerakan meluncur.
  6. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan kaki, lengan, dan pernapasan dengan saksama sehingga gaya punggung yang benar dapat diwujudkan.

Perenang Indonesia, Jendi Pangabean, selebrasi usai menjadi yang tercepat pada Asian Para Games cabang renang nomor 100 meter gaya punggung S9 di Stadion Aquatic, Jakarta, Kamis (11/10). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna) Gaya ini dilakukan dengan cara mengandalkan gaya punggung dan diselingi dengan gerakan salto, disertai dengan gerakan tangan dan kaki.

  • Posisi tangan dan kaki bergantung sebelum star dimulai.
  • Tariklah kedua lengan mendekati dinding, kemudian dilanjutkan dengan sikap menolak dengan sikap kepala menengadah.
  • Serentak dengan tolakan kaki, kedua lengan diayunkan dan kepala menengadah.
  • Ayunan lengan bergerak membuka ke samping.
  • Setelah kaki menolak, posisi kedua lengan harus sudah lurus.
  • Ketika tubuh masuk ke permukaan air, lentingkan tubuh sedemikian rupa.
  • Posisi tubuh meluncur di bawah permukaan air.

Pembalikan Renang Gaya Punggung Cara membalik dalam renang gaya punggung dilakukan dengan setengah salto. Teknik berbalik pada renang gaya punggung adalah:

  • Tangan kiri menyentuh dinding kolam, lutut dibengkokkan dan ditarik.
  • Dengan bantuan tarikan tangan, lutut diarahkan ke lengan yang berada di dinding kolam.
  • Dayungan tangan dan tarikan lutut yang membentuk setengah salto membawa kedua lengan tiba di diding kolam.
  • Setibanya kedua lengan di dindangan kolam, kedua lengan diluruskan ke atas kepala.
  • Serentak tolakan kaki dengan meluruskan kedua lengan.
  • Serentak tolakan kaki dengan melurus kab kedua belah lengan.
  • Tubuh meluncur dari dinding kolam.

Sumber: Kemdikbud : Macam-Macam Teknik Dasar Renang Gaya Punggung – Ragam Bola.com

Related Post