Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah?

Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah?

Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Halaman ini berisi artikel tentang federasi sepak bola internasional. Untuk waralaba permainan video, lihat FIFA (seri permainan video),

Fédération Internationale de Football Association (FIFA)

Tanggal pendirian 21 Mei 1904
Tipe Organisasi olahraga internasional
Kantor pusat Zurich, Swiss
Jumlah anggota 211 asosiasi nasional
Bahasa resmi Prancis, Inggris, Jerman, Spanyol
Presiden Gianni Infantino
Situs web www.FIFA.com

Federasi Sepak Bola Internasional ( bahasa Prancis : F édération I nternationale de F ootball A ssociation, disingkat FIFA, pengucapan bahasa Prancis: ) adalah badan pengendali internasional sepak bola, FIFA bermarkas di Zurich dan memiliki 211 anggota assoasi. Peta pembagian konfederasi anggota FIFA. FIFA juga mempromosikan sepak bola, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA, dan menerbitkan daftar Peringkat Dunia FIFA setiap bulannya. Peraturan sepak bola ditetapkan oleh IFAB ( International Football Association Board ), yang terdiri dari empat wakil dari FIFA dan masing-masing satu wakil dari The FA, The Scottish FA, Football Association of Wales, dan Irish Football Association,

Apa asosiasi yang menaungi kegiatan olahraga sepak bola di dunia?

Nah, induk organisasi sepak bola dunia disingkat dengan FIFA atau yang dalam bahasa Perancis adalah Fédération Internationale de Football Association. Induk organisasi sepak bola dunia berdiri pada tahun 1904, lebih tepatnya di tanggal 21 Mei. Lokasi pendiriannya berada di Paris, Prancis.

Apakah PSSI diakui FIFA?

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia

AFC
Didirikan 19 April 1930 ; 92 tahun lalu
Kantor pusat GBK Arena 6th Floor Jl. Asia Afrika No.40-70, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270
Bergabung dengan FIFA 1952
Bergabung dengan AFC 1954
Bergabung dengan AFF 31 Januari 1984
Presiden Erick Thohir
Website pssi.org

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (disingkat PSSI, bahasa Inggris : Football Association of Indonesia ) adalah organisasi yang bertanggung jawab mengelola sepak bola di Indonesia, PSSI berdiri pada tanggal 19 April 1930 dengan nama awal Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia,

Ketua umum pertamanya adalah Soeratin Sosrosoegondo, Dalam perjalanan keorganisasiannya, PSSI bergabung dengan badan sepak bola dunia FIFA pada tahun 1952, kemudian dengan badan sepak bola Asia, AFC, pada tahun 1954. PSSI menggelar beragam kompetisi dan turnamen, seperti Liga 1, Liga 2, Liga 3, Liga 1 Putri, Piala Indonesia, Elite Pro Academy, Piala Soeratin, Piala Presiden, Piala Bola Pantai, Piala Pertiwi, dan ePiala Indonesia,

Kursi kepemimpinan PSSI saat ini diisi oleh Erick Thohir yang menang mutlak dengan memperoleh 64 suara pada Kongres Luar Biasa PSSI yang digelar pada 16 Februari 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta. Erick Thohir akan menjabat sebagai Ketua Umum PSSI hingga tahun 2027.

PSSI dibawah naungan apa?

SuaraSoreang.id -Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM ( Menkopolhukam ) Mahfud MD memberikan pernyataan panas dan cukup menampar bagi jajaran pengurus federasi sepak bola Indonesia yakni PSSI, Mahfud MD mengungkapkan jika federsai Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) merupakan intansi yang kerap membuat kesalahan, hal itu diungkapkan dalam acara Mata Najwa (6/10/2022).

  • Mahfud MD menyatakan jika PSSI kerap membuat kesalahan sejak dulu dan kejadian di Tragedi Kanjuruhan bukanlah pertama kalinya terjadi dalam sepak bola Indonesia.
  • Hal itu diungkap Mahfud ketika menjadi narasumber dalam acara Mata Najwa yang bertemakan Tragedi Kanjuruhan #UsutsampaiTuntas.
  • Baca Juga: Liga 1 Terhenti, Luis Milla akan Memodifikasi Program Latihan Persib Selain itu, Mahfud MD menyebut kalau PSSI sudah dikenal sebagai pasar jual beli, bahkan PSSI tidak bisa ditindak pemerintah lantaran berada di bawah naungan Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA,

“Kita tahu lah PSSI ini seperti pasar, pasar jual beli lah, ya, sejak dulu itu,” kata Mahfud dikutip melalui YouTube Najwa Shihab pada Jumat (7/10/2022). Mantan Ketua MK itu kemudian menerangkan kalau kejadian kerusuhan seperti yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang beberapa waktu lalu itu bukan kali pertama terjadi di Indonesia.

  1. PSSI kerap membuat tim untuk melakukan investigasi namun tidak ada yang tahu bagaimana tindak lanjut maupun hasilnya.
  2. Pemerintah juga tidak bisa melakukan langkah lebih, lantaran PSSI tidak berada dibawah peraturan pemerintah, melainkan FIFA.
  3. Baca Juga: PT LIB Tak Ingin Rugi, Tetap Paksakan Jam Tanding Arema FC vs Pesebaya yang Berujung Jadi Tersangka “Semuanya saya kira kita tahu, PSSI itu sering kali melakukan kesalahan-kesalahan sejak dulu bukan hanya yang sekarang, itu selalu,” tuturnya.

“Kalau mau ditindak selalu bilang, loh, kami ndak tunduk di bawah peraturan pemerintah kami ini berada dibawah FIFA, selalu (bilang seperti itu),” ucapnya. Namun, untuk tragedi Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang, pemerintah akan turut memeriksa PSSI.

“Soal PSSI, seberapa jauh PSSI kemudian juga akan diinvestigasi?” Tanya Najwa Sihab. Dengan tegas Mahfud MD menjawab bahwa pihaknya memastikan akan melakukan investigasi PSSI, Ia mengaku jika timnya sudah mengatur jadwal untuk hal itu. “Pasti kita investigasi dan kita sudah jadwalkan untuk ditanya,” tegasnya.

Sumber: Suara Loading.

You might be interested:  Olahraga Yang Dapat Menambah Tinggi Badan?

Apa kepanjangan dari AFF dan AFC?

Senin, 14 Mei 2012 18:00 WIB Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah ask.com TEMPO.CO, Jakarta – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) menetapkan kompetisi sepak bola di seluruh negara Asia dimulai pada awal tahun. “Semua negara Asia akan seragam memulai liga di awal tahun,” kata Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, Djohar Arifin Husin, Senin, 14 Mei 2012.

Kesepakatan itu, menurut Djohar, diputus AFC dalam pertemuan antarnegara anggota pada April lalu di markasnya, Kuala Lumpur. Dengan penyeragaman itu, kata dia, negara-negara Asia diharapkan akan lebih mudah dalam merancang uji coba antarnegara karena memiliki kalender yang sama. Dengan demikian, dia menambahkan, roda kompetisi Indonesia akan mengalami perubahan waktu pelaksanaan mulai musim depan.

Jika musim ini kompetisi Tanah Air dimulai November dan selesai Juli, musim depan kompetisi akan dimulai awal tahun, yaitu Januari atau Februari 2013. Dalam waktu dekat, kata Djohar, PSSI melalui PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) akan memberitahukan periode waktu kompetisi baru itu kepada klub-klub, sehingga klub peserta kompetisi bisa lebih maksimal dalam mempersiapkan diri.

Jika kompetisi selesai Juli dan dimulai lagi Januari atau Februari, berarti akan ada jeda cukup lama (Juli-Desember) bagi klub untuk mempersipkan diri. Mudah-mudahan dengan begitu klub bisa siapkan diri maksimal dan punya tenaga baru musim depan,” katanya. Selama ini, kompetisi sepak bola di semua negara Asia memang tidak memiliki jadwal yang sama.

Di Indonesia, musim ini, Liga Prima Indonesia, yang berada di bawah kontrol PSSI dimulai November 2011 dan akan selesai Juli 2012. Sedangkan Liga Super Indonesia, yang berada di bawah kontrol PT Liga Indonesia, berlangsung sejak Desember 2011 dan direncanakan selesai Juli 2012. Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah Berdirinya PSSI Bermula Semangat Menentang Kolonial Belanda PSSI terbentuk di Yogyakarta pada 19 April 1930 Ketum PSSI Iwan Bule Menjawab Soal Desakan Mundur dalam Tragedi Kanjuruhan 14 Oktober 2022 Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah Ketum PSSI Iwan Bule Menjawab Soal Desakan Mundur dalam Tragedi Kanjuruhan Jawaban Ketum PSSI Iwan Bule Soal Desakan Mundur, Sanksi FIFA, dan Temuan Soal Tragedi Kanjuruhan Kongres PSSI Digelar Sabtu Ini 29 Mei, Bahas Dua Agenda Utama 29 Mei 2021 Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah Kongres PSSI Digelar Sabtu Ini 29 Mei, Bahas Dua Agenda Utama Kongres biasa PSSI digelar di salah satu hotel di Jakarta, Sabtu, 29 Mei 2021, mulai pukul 14.00 WIB. HUT ke-91 PSSI dan Karangan Bunga di Patung Soeratin Sosrosugondo 19 April 2021 Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah HUT ke-91 PSSI dan Karangan Bunga di Patung Soeratin Sosrosugondo PSSI menghormati sejarah perjalanan perkembangan federasi persepakbolaan Indonesia dengan meletakkan karangan bunga di patung Soeratin. Begini Jejak kontroversial Nurdin Halid di Kancah Sepak Bola Nasional 11 Februari 2021 Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah Begini Jejak kontroversial Nurdin Halid di Kancah Sepak Bola Nasional Nurdin Halid mendapat gelar Doctor Honoris Causa Unnes. Begini jejaknya yang kontroversial di sepak bola nasional. PSSI Gelar Rapat Exco Rabu, Putuskan Nasib Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 19 Januari 2021 Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah PSSI Gelar Rapat Exco Rabu, Putuskan Nasib Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 PSSI akan membahas dua agenda, termasuk nasib kompetisi, dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) yang digelar secara virutal pada Rabu. PSSI Akan Gelar Kongres Tahunan Pada 27 Februari 2021 26 Desember 2020 Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah PSSI Akan Gelar Kongres Tahunan Pada 27 Februari 2021 PSSI dijadwalkan akan menggelar kongres tahunan pada 27 Februari 2021 yang akan dilakukan secara virtual. FIFA Datangi PSSI Terkait dengan KLB, Ini Hasilnya 12 April 2019 Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah FIFA Datangi PSSI Terkait dengan KLB, Ini Hasilnya PSSI berkonsultasi dengan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) di Jakarta terkait kongres luar biasa (KLB). Andik Sebut Persiapan Timnas Piala AFF 2018 Kurang Panjang 24 November 2018 Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah Andik Sebut Persiapan Timnas Piala AFF 2018 Kurang Panjang Pemain sayap kawakan, Andik Vermansah, mengatakan persiapan timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018 sangat minim sekali. Tanggapi Kritik dari Luis Milla, PSSI Enggan Berbalas Pantun 22 Oktober 2018 Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah Tanggapi Kritik dari Luis Milla, PSSI Enggan Berbalas Pantun Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha, menyatakan mereka punya catatan positif dan negatif mengenai mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla.

Markas AFF dimana?

Awal yang baru –

  • Sekitar setengah dekade kemudian pada tahun 1994, FA Malaysia memprakarsai kebangkitan AFF dengan tujuan saling membantu dan merampingkan bidang manajemen dan administrasi, kepelatihan dan perwasitan.
  • Setiap pemikiran untuk mengatur turnamen tidak dapat dilakukan dengan segera karena keuangan menjadi masalah dan AFF tidak memiliki badan eksekutif yang dapat mengelola usaha semacam itu.
  • Pada saat itu, markas besar AFF berpindah dari satu Asosiasi Anggota ke Asosiasi Anggota lainnya dan baru kemudian markas besar AFF menemukan rumah permanennya di Kuala Lumpur, Malaysia.
  • Kongres pertama dari ‘era baru’ diadakan pada tanggal 4 Februari 1994.
  • Itu diadakan untuk membahas bantuan yang bermanfaat antara negara-negara anggota dan untuk menyerahkan kursi kepresidenan AFF kepada FA Thailand.
  • Konstitusi AFF diamandemen setahun kemudian pada Kongres AFF ke-5 pada tanggal 3 Juni 1996 di Kuala Lumpur sehubungan dengan pemilihan pembawa jabatan – suatu langkah menjauh dari basis rotasi awal.
  • Alih-alih hanya satu wakil presiden sebelumnya, ada dua wakil presiden serta ketentuan yang memungkinkan setiap anggota Asean menjadi anggota penuh AFF.
You might be interested:  Mengapa Kurang Olahraga Dapat Menyebabkan Serangan Jantung?

Para pengurus sidang 1996/1998 juga diresmikan bersama H.E. Tengku Tan Sri Dato’ Seri Ahmad Rithaudeen Al-Haj Bin Tengku Ismail dari Malaysia mengambil alih kepemimpinan sebagai presiden federasi. Kedua wakil presiden tersebut adalah Mr. Nabon Noor dari Indonesia dan Dato’ Vijit Getkaew dari Thailand sedangkan Dato’ Paul Mony Samuel, sekretaris/bendahara federasi.

  1. Demikian pula, Tuan Nabon Noor dan Dato’ Vijit Getkaew kemudian diangkat menjadi Wakil Presiden Kehormatan Federasi pada Kongres ke-7 pada tanggal 29 April 2000 dan Kongres ke-14 pada tanggal 31 Maret 2007.
  2. Pada saat yang sama, keputusan dibuat untuk mengundang Myanmar, Vietnam, Laos, dan Kamboja untuk menjadi anggota penuh AFF – membuat federasi tersebut sekarang menjadi sepuluh negara yang kuat.
  3. Logo baru AFF juga diperkenalkan pada tahun yang sama.
  4. Dato’ Worawi Makudi, sekretaris jenderal FA Thailand saat itu dan Dato’ Paul Mony Samuel, sekretaris jenderal FA Malaysia saat itu, mengenang masa-masa itu dengan baik.
  5. “Kami tahu bahwa kami harus mencari uang untuk AFF dan kami membutuhkan kompetisi yang dapat dipasarkan,” kata Dato’ Worawi.
  6. “Jadi Dato’ Paul dan saya duduk untuk memikirkan cara-cara di mana kami dapat membuat AFF lebih menarik bagi sponsor dan kami berpikir bahwa kami memerlukan kompetisi yang tidak hanya dapat memberikan dorongan untuk membuat negara-negara anggota AFF lebih kompetitif tetapi juga untuk memberikan pijakan keuangan kepada Federasi untuk semua kegiatan lain yang dimaksudkan.”
  7. Tawaran terbuka diadakan pada tahun yang sama dengan perusahaan pemasaran dari Bangkok memenangkan penawaran tersebut meskipun pengaturan tersebut mengalami hambatan sampai AFC Marketing Limited (AML), yang saat ini dikenal sebagai World Sport Group Pte Ltd (WSG), maju.
  8. Direnovasi menjadi Tiger Cup, kompetisi ini diadakan pertama kali pada tahun 1996 untuk sepuluh negara anggota AFF dan melibatkan tim nasional, bukan kompetisi antar klub.
  9. Turnamen pertama diadakan di Singapura dan memicu persaingan lama dan menggali bakat-bakat baru di wilayah tersebut terpaku oleh permainan yang indah.
  10. Pada saat yang sama, itu memberi kesempatan bagi beberapa veteran untuk mengenakan warna tim nasional masing-masing untuk terakhir kalinya dalam karir mereka.
  11. Favorit luar biasa Thailand mengangkat trofi untuk pertama kalinya mengalahkan Malaysia 1-0 di final di Stadion Nasional – dengan demikian menetapkan dasar untuk apa yang akan menjadi ekstravaganza sepak bola terbesar di wilayah tersebut.
  12. Pada tahun yang sama ketika Tiger Cup menjadi merek sepak bola yang diasosiasikan dengan AFF dan sepak bola di wilayah tersebut, markas permanen AFF didirikan di Kuala Lumpur.
  13. Langkah tersebut memberi AFF lebih banyak kemiripan sebagai entitas yang dijalankan secara profesional alih-alih kolaborasi longgar antara segelintir negara anggota di ASEAN.

Dr. Vijit – Presiden Kedua AFF, Source: aseanfootball.org Dalam pidato keluarnya sebagai presiden AFF pada tahun 1996 saat dia menyerahkan kursi kepresidenan kepada H.E. Tengku Tan Sri Dato’ Seri Ahmad Rithaudeen, Dato’ Vijit Getkaew mengaku senang menjadi bagian dari wajah baru Federasi ASEAN.

  • “Dalam dua tahun terakhir masa jabatan saya, saya beruntung menyaksikan mengamankan sponsor pertama untuk penyelenggaraan turnamen tim nasional,” kata Dato ‘Vijit.
  • “Saya berharap melalui turnamen ini, AFF akan terus tumbuh kuat dan menjadi kawasan yang bersatu dan kuat.”
  • Tiger Cup telah berkembang semakin kuat dengan Singapura, Vietnam dan Malaysia bergabung dengan Thailand sebagai anggota elit pemenang kejuaraan dua tahunan.
  • Kompetisi kualifikasi diselenggarakan segera untuk edisi 1998 dengan enam tim ambil bagian untuk memastikan kualitas dan untuk memastikan tim yang lebih kecil tidak kewalahan oleh kesempatan tersebut.
  • Myanmar, Brunei dan Laos ditempatkan di Grup A di Myanmar sementara Kamboja, Filipina dan Singapura berada di Grup B bermain di Singapura.
  • Babak kualifikasi kemudian diformat ulang untuk mengikuti sistem peringkat setelah setiap edisi kejuaraan dua tahunan dan ini hanya membuat turnamen lebih kompetitif dari sebelumnya.
  • Mengikuti sikap Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang iklan alkohol, Piala Harimau melihat keluarnya tempat pembuatan bir sebagai sponsor utama dan memaksa Federasi untuk menyelenggarakan Kejuaraan Sepak Bola AFF pada awal 2007 tanpa sponsor utama.
  • Namun turnamen tersebut masih sukses besar bagi AFF dengan para penggemar di seluruh wilayah masih bersorak untuk tim favorit mereka dan pemirsa TV menjangkau spektrum pemirsa yang lebih luas.
  • Pada pertemuan terakhir tahun 2010 – sekarang dikenal sebagai AFF Suzuki Cup menyusul keputusan mereka untuk mengambil alih sponsorship dari Tiger Beer pada tahun 2008 – rekor 192 juta penonton di pasar utama ASEAN menonton turnamen, meningkat 32% dari edisi 2008.
You might be interested:  Pelanggaran Yang Sering Terjadi Dalam Sepak Bola?

Dua pertandingan leg terakhir antara Indonesia dan Malaysia secara khusus membuat peringkat melonjak. Menurut Nielsen, rata-rata 15 juta orang Indonesia menyaksikan kedua pertandingan tersebut di RCTI, lebih dari dua kali jumlah pertandingan Piala Dunia FIFA 2010 dengan rating tertinggi di negara tersebut.

  1. Dengan AFF akhirnya memiliki sumber pendapatan yang stabil dari mitra pemasarannya, yang sekarang dikenal sebagai World Sport Group (WSG), federasi mampu menyusun program tidak hanya untuk seminar dan kursus bagi asosiasi anggota tetapi juga turnamen pengembangan untuk mendorong negara-negara untuk memiliki program kelompok usia mereka sendiri.
  2. Serangkaian seminar dan kursus diselenggarakan untuk meningkatkan standar dan meningkatkan jumlah wasit di seluruh wilayah, sementara rencana sudah dilakukan untuk menyelenggarakan kompetisi untuk berbagai tingkat kelompok umur.
  3. Penyerahan tongkat estafetTengku Tan Sri Dato’ Seri Ahmad Rithauddeen (Kanan), Presiden Ketiga AFF menyerahkan kepada Sultan Haji Ahmad Shah, Presiden Keempat AFF, Source: aseanfootball.org

AFF tetap menjadi pionir dalam perkembangan sepak bola. Federasi telah diakui oleh FIFA sebagai perintis dalam Program Administrasi & Manajemen FUTURO III, terutama dalam cara Federasi mempromosikan ‘konsep melatih para pelatih’ untuk memperkenalkan instruktur regional ke wilayah ini.

  • Kejuaraan Klub ASEAN juga dimasukkan dalam perencanaan keseluruhan karena dirasa perlu kesinambungan dari edisi terakhir pada tahun 1989.
  • Secara umum, klub-klub ASEAN membutuhkan bantuan sejauh menyangkut tingkat profesionalisme mereka dan dianggap bahwa persaingan antar anggota ASEAN dapat memungkinkan administrasi untuk meningkat.
  • Ada juga rencana untuk kompetisi ASEAN U-15, U-17 dan juga U-19 untuk memberikan kesempatan kepada asosiasi anggota untuk mengasah tim mereka dalam persiapan untuk kualifikasi AFC.
  • Kursus tingkat elit juga direncanakan dengan tujuan menghasilkan instruktur untuk mata pelajaran Administrasi, Wasit dan Kepelatihan sehingga asosiasi anggota dapat memiliki instruktur sendiri untuk mengadakan kursus dalam skala yang jauh lebih besar.
  • Selain Piala Harimau tahunan, AFF juga mulai menyelenggarakan Kejuaraan Futsal pada tahun 2001 dengan Thailand merebut gelar pertamanya.
  • Setahun kemudian pada tahun 2002, AFF memulai Kejuaraan U-20 yang diselenggarakan di Kamboja dan juga Thailand.
  • Thailand menjadi juara saat mengalahkan Myanmar di final.
  • Kejuaraan U-17 juga diselenggarakan (di Malaysia dan Indonesia) dengan Myanmar kali ini merebut mahkota, mengalahkan Laos di posisi runner-up.
  • Pada tahun 2003, Kejuaraan U-14 diadakan di Bangkok sementara setahun kemudian, AFF menjadi tuan rumah Kejuaraan Wanita pertamanya di Vietnam – menggarisbawahi komitmen federasi untuk pengembangan sepak bola di wilayah tersebut.
  • Edisi perdana Kejuaraan Klub ASEAN diselenggarakan pada tahun 2003 dengan dua belas tim ambil bagian dan dibagi menjadi empat grup.
  • Tim undangan Benggala Timur dari India tampil sebagai pemenang di Stadion Gelora Bung Karno saat mengalahkan BEC Tero Sasana dari Thailand di final.
  • Dua tahun kemudian, turnamen kembali digelar, kali ini di Brunei dengan Tampines Rovers FC dari Singapura merebut mahkota setelah mengalahkan Pahang dari Malaysia di final.
  • Yang signifikan pada kejuaraan edisi 2005 ini adalah masuknya Zebra FC dari Timor Leste.
  • Orang Timor yang merdeka dari Indonesia belum lama ini diterima sebagai anggota FIFA pada Kongres FIFA 2005 di Marrakesh, Maroko.
  • Dengan demikian, pada bulan November tahun yang sama pada Rapat Dewan ke-20 untuk sesi 2002/2006 yang diselenggarakan pada tanggal 13 November 2005, Timor Leste diterima sebagai anggota penuh AFF.

Asosiasi Yang Menaungi Sepak Bola Dunia Adalah Mayjen. Khiev Sameth – Presiden Kelima Federasi Sepak Bola Asean, Source: aseanfootball.org Dengan perluasan lebih lanjut dari Liga Champions AFC dan juga Piala AFC, tekanan besar yang diciptakan pada kalender domestik yang berbeda memaksa penundaan penyelenggaraan Kejuaraan Klub ASEAN lebih lanjut.

  1. Pada tahun yang sama juga, pada Kongres ke-14 untuk sesi 2007/2011, tonggak sejarah selanjutnya diukir dengan amandemen konstitusi untuk mengubah dari dua wakil presiden menjadi empat wakil presiden bersamaan dengan jabatan presiden terpilih.
  2. Eempat posisi tersebut diisi oleh Pengiran Haji Matusin Matasan (Brunei DS), H.E.

Ravy Khek (Kamboja), Juan Miguel G. Romualdez (Filipina) dan Duong Vu Lam (Vietnam),

  1. AFF terus menyelenggarakan beberapa kelompok umur dan turnamen pengembangan hingga sukses besar dalam beberapa tahun ini yang tampaknya telah menutup jarak dengan tim-tim di kawasan Asia.
  2. Melalui kemakmuran yang diciptakan melalui pendirian AFF, suasana optimisme telah tercipta di seluruh wilayah di mana selain mengantisipasi Kejuaraan Sepak Bola AFF dua tahunan, liga profesional baru juga telah dibentuk di Kamboja, Myanmar, Laos dan Filipina.
  3. Karena negara-negara terlihat lebih kompetitif terhadap tetangga ASEAN lainnya, tidak dapat disangkal bahwa AFF telah melakukan perannya dengan baik dalam bertindak sebagai perantara untuk membina hubungan yang lebih baik di seluruh kawasan.
  4. Sumber:
  5. Disalin dari Situs Resmi Federasi Sepak Bola Asen

: Tentang AFF, Sejarah Federasi Sepak Bola ASEAN

Apakah kepanjangan dari PRSI dan PSSI?

Hadir perwakilan cabor antara lain Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI), Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Related Post