Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Atletik Merupakan Olahraga Yang Dipertandingkan Meliputi Nomor?

Atletik Merupakan Olahraga Yang Dipertandingkan Meliputi Nomor?

Olahraga atletik adalah olahraga yang sering disebut sebagai olahraga tertua yang ada di dunia. Kata atletik sendiri berasal dari bahasa Yunani “Athlon” yang berarti berlomba atau bertanding. Olahraga ini dibagi menjadi 4 nomor besar, yaitu nomor jalan, nomor lari, nomor lompat, dan nomor lempar.

  1. Masing-masing nomor olahraga atletik terdiri dari berbagai jenis kegiatan, mulai dari sprint hingga maraton untuk nomor lagi, lompat tinggi dan lompat jauh untuk nomor lompat, lempar lembing dan lempar peluru untuk nomor lempar, dan jalan cepat untuk nomor jalan.
  2. Jika ditotal, ada puluhan cabang olahraga atletik yang biasa dipertandingkan di setiap ajang olahraga mulai dari SEA Games hingga Olimpiade.

Namun secara umum, berikut ini cabang-cabang olahraga atletik yang dianggap populer.

Nomor apa saja yang dipertandingkan pada cabang olahraga atletik sebutkan dengan benar?

Jelaskan Pengertian Olahraga Atletik dan Nomor-nomor yang Dipertandingkan “Atletik adalah induk dari semua cabang olahraga.” Libero.id – Atletik dikenal sebagai induk dari semua olahraga. Pasalnya, semua aktivitas olahraga menggunakan gerakan atletik.

Atletik merupakan olahraga yang terdiri dari berbagai kombinasi aktivitas fisik. Secara umum atletik dibagi menjadi empat nomor cabang olahraga, yaitu: lompat, jalan, lari, dan lempar, Atletik menjadi olahraga yang menyumbang banyak medali dalam ajang sekelas Olimpiade, Asian Games, atau SEA Games, Secara harfiah, kata atletik berasal dari Bahasa Yunani, yakni athlon,

Kata itu berarti pertandingan atau perlombaan. Lalu, dalam Bahasa Inggris, atletik dikenal dengan nama athletic, Artinya, pertandingan di luar ruangan dan dilakukan di atas lintasan. Pengertian atletik menurut Kamus Besar Bahasa (KBBI) adalah cabang olahraga yang memerlukan kekuatan, ketangkatasan, serta kecepatan, yang terdiri dari nomor-nomor seperti lari, jalan, lompat, dan lempar.

  • Nomor yang Dipertandingan dalam Perlombaan Atletik 1.
  • Jalan Di nomor ini, jalan cepat menjadi satu-satunya perlombaan yang dipertandingkan.
  • Jalan cepat memiliki lintasan bertanding di atas jalan raya dengan jarak maksimal 50 km.
  • Di Olimpiade 2012, jalan cepat hanya berjarak 10 km.
  • Tapi, seiring waktu, panjang lintasan mulai bertambah hingga 20 km pada Olimpiade 1956.

lalu, bertambah hingga 50 km pada Olimpiade 1980. Kini, kategori yang populer untuk dipertandingkan adalah jalan cepat 20 km dan 50 km untuk kategori putra, serta 10 km untuk kategori putri.2. Lari Lari menjadi nomor atletik yang paling populer dari dulu hingga sekarang.

Lari menekankan pada kekuatan, kecepatan, dan ketahanan tubuh. Secara umum, lari terbagi menjadi lima nomor. a). Lari jarak pendek, yaitu 100 m, 200 m, dan 400 m b). Lari jarak menengah, yaitu 800-1.500 m c). Lari jarak jauh, yaitu 3.000 m, 5.000 m, hingga 10.000 m d). Lari gawang, yaitu lari di atas lintasan yang memiliki rintangan dengan jarak 110 m untuk putra, 100 m puteri, dan 400 m putra-putri e).

Lari estafet, yaitu 4×100 m dan 4×400 m.3. Lempar Selain bertumpu pada kaki, atletik juga menggunakan kekuatan tangan. Salah satunya nomor lempar. Untuk mengukur sejauh mana lemparan para atlet, panitia penyelenggara menyematkan alat pendeteksi jarak guna mengukur radius lemparan yang dilakukan.

  • A). Lempar cakram Lempar cakram adalah perlombaan melempar cakram yang dilempar sejauh-jauhnya guna mendapatkan poin maksimal.
  • Meski terlihat mudah, melempar cakram butuh tenaga yang tidak sedikit.
  • Sebab, cakram terbuat dari sebuah kayu berbentuk piring yang dikelilingi sabuk berbahan besi. b).
  • Lempar lembing Mirip seperti melempar cakram, lempar lembing juga mengandalkan kekuatan tangan agar dapat melempar sejauh mungkin.
You might be interested:  Mengapa Setelah Olahraga Kita Harus Melakukan Pendinginan?

Bedanya, lempar lembing membutuhkan kuda-kuda yang kuat agar lembing yang dilemparkan dapat terlontar jauh. Alat yang digunakan dalam nomor ini pun sedikit unik, yaitu lembing yang mirip tombak. c). Lontar martil Lontar martil adalah nomor dalam cabang atletik melempar yang cukup sulit.

Para atlet harus melempar sebuah martil berbentuk bulat dengan berat mencapai 4 kg untuk putri dan 7 kg untuk putra. d). Tolak peluru Tolak peluru merupakan nomor atletik yang sedikit berbeda. Dalam tolak peluru, para atlet harus berusaha sekeras mungkin menolak bola yang terbuat dari besi sejauh-jauhnya.4.

Lompat Lompat dalam atletik sangat mengandalkan jangkauan kaki dan hempasan kala melakukan lompatan. Semakin jauh lompatan yang dihasilkan, maka semakin leluasa para atlet mengatur pendaratan sejauh-jauhnya. Faktor kelenturan tubuh dan titik terkuat untuk berpijak menjadi kunci utama.

a). Lompat jauh Lompat jauh mengandalkan kecepatan serta titik lompatan. Para atlet harus memiliki momentum yang tepat saat melompat di titik yang disediakan dan melayang selama mungkin agar lompatan yang dihasilkan maksimal. b). Lompat galah Lompat galah mengutamakan kekuatan tangan, kelenturan tubuh, dan kecepatan kaki untuk melewati pembatas mistar.

Lompat galah menggunakan sebilah kayu yang menjulang tinggi guna membantu atlet melakukan lompatan terbaiknya. c). Lompat tinggi Lompat tinggi mengandalkan kekuatan kakinya untuk melewati pembatas mistar tanpa bantuan apapun. Pada nomor ini, gaya gunting menjadi salah satu andalan para atlet untuk melewati pembatas.

Apa itu lompat dalam atletik?

Andrea Piacquadio/pexels Loncat bertumpu pada dua kaki, sedangkan lompat bertumpu pada satu kaki. Bobo.id – Atletik merupakan cabang olahraga yang terdiri atas beberapa nomor, yaitu: lari, lompat, dan lempar. Lompat jauh merupakan salah satu contoh dari nomor lompat, sedangkan loncat gerak dasar dalam lompat jauh.

Pada pelajaran tematik kelas 4 SD tema 3, kamu harus menemukan perbedaan dari loncat dan lompat dalam olahraga atletik. Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini! Pengertian Lompat Lompat adalah gerakan berpindah tempat dengan bertumpu pada satu kaki. Sebagai salah satu nomor atletik, kita mengenal olahraga lompat jauh.

Sebuah lompatan dalam lompat jauh dikatakan sah jika ketika tumpuan kaki mendarat dan menyentuh papan tumpu sebelum melakukan lompatan. Namun, jika kaki mendarat dan menyentuh area di depan papan tumpu atau melebihi area papan tumpu, maka lompatan dianggap tidak sah.

  1. Prestasi yang diukur dalam nomor lompat jauh adalah jarak lompatan antara papan tumpu dan tempat mendarat.
  2. Semakin jauh jaraknya, maka prestasinya semakin baik.
  3. Namun, jika pelompat mendapatkan jarak lompatan yang jauh dengan tidak sah, pelompat harus mengulangi lompatan lagi.
  4. Ada 4 teknik dasar yang digunakan dalam olahraga atletik lompat jauh, yaitu teknik awalan, tolakan, melayang, dan mendarat.
You might be interested:  Lamanya Waktu Dalam Pertandingan Sepak Bola Adalah?

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 3, Contoh Gerakan Non-Lokomotor dalam Olahraga a. Teknik awalan Teknik awalan merupakan gerakan penting yang turut menentukan jauhnya lompatan, dan bertujuan untuk mengatur dan memperhitungkan langkah.b. Teknik tolakan Teknik tolakan dilakukan dengan salah satu kaki yang terkuat.

  1. Tujuannya agar tercapai tinggi lompatan yang cukup tanpa kehilangan kecepatan awalan.c.
  2. Teknik melayang Teknik melayang bertujuan untuk mempertahankan keseimbangan badan, sebelum menekuk kedua lutut dan bersiap untuk melakukan pendaratan.d.
  3. Teknik mendarat Teknik mendarat yaitu gerakan pendaratan yang tidak mengurangi hasil lompatan.

Pengertian Loncat Loncat yaitu gerakan berpindah tempat dengan bertumpu pada dua kaki. Pada nomor lompat, loncat digunakan untuk mempelajari gerak dasar dalam lompat jauh. Ada dua macam jenis loncat, yaitu loncat dengan awalan dan loncat tanpa awalan. Berikut ini pembahasan lengkapnya.

  • Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 3, Contoh Gerakan Lokomotor dalam Olahraga a.
  • Loncat tanpa awalan Loncat tanpa awalan, yaitu memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat lain dengan bertumpu pada dua kaki, dan dilakukan tanpa berlari terlebih dahulu.
  • Latihan loncat tanpa awalan merupakan latihan awal melakukan lompat jauh.

Loncat tanpa awalan disebut juga standing broad jump, Cara melakukan loncat tanpa awalan, dimulai dengan posisi berdiri menghadap depan, kedua kaki sedikit mengangkang, dan kedua lutut ditekuk. Dilanjutkan dengan menarik kedua tangan ke belakang, lalu condongkan tubuh ke depan.

Emudian ayunkan kedua tangan ke depan-atas dengan kuat. Tolakkan kedua kaki ke depan-atas dengan kuat, lalu mendarat dengan kedua kaki mengeper.b. Loncat dengan awalan Loncat dengan awalan yaitu latihan lanjutan yang dilakukan setelah kita bisa melakukan loncat tanpa awalan. Cara melakukan loncat dengan awalan, dimulai dengan posisi tubuh berdiri tegak, dan kedua kaki sejajar.

Kemudian, langkahkan kaki kiri ke depan sebagai awalan, ikuti dengan kaki kanan, lalu meloncatlah dengan tumpuan dua kaki bersamaan. Selanjutnya, ayunkan kedua tangan ke depan-atas dengan kuat dan mendarat dengan kedua kaki mengeper.

Kuis!
Apa tujuan dari teknik tolakan pada lompat jauh?
Petunjuk: Cek halaman 2!
You might be interested:  Apa Nama Induk Olahraga Senam Internasional?

Tonton video ini, yuk! – Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia. Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Apa yang dimaksud dengan atletik dan sebutkan nomor nomor atletik?

1. Menurut Tamsir Riyadi – Menurut Tamsir Riyadi, atletik merupakan suatu cabang olahraga yang terdiri dari 3 nomor perlombaan, yaitu: nomor jalan dan lari, lompat dan lempar. Istilah atletik berasal dari kata athlon (bahasa Yunani) yang berarti lomba atau perlombaan. Atletik Merupakan Olahraga Yang Dipertandingkan Meliputi Nomor

Berapa jarak atletik jarak pendek menengah dan jauh?

Jawabannya adalah: – Lari jarak pendek Ukuran : 100 meter, 200 meter, 400 meter. Start : jongkok – Lari jarak menengah Ukuran : 800 meter, 1.500 meter, dan 3.000 meter. Start : melayang – Lari jarak jauh Ukuran : 5.000 meter, 10.000 meter, dan 42.195 meter (marathon).

Start : berdiri Lari atau berlari adalah metode makhluk hidup untuk bergerak yang memungkinkan manusia bergerak dengan cepat menggunakan kaki. Lari adalah cara yang lebih cepat untuk bergerak dibandingkan dengan berjalan. Lari adalah salah satu cabang olahraga tertua di dunia. Dalam olahraga lari, ada yang dikenal dengan lari jarak pendek, lari jarak menengah dan lari jarak jauh.

Nomor-nomor lari jarak pendek, antara lain: 100 meter, 200 meter, 400 meter. Nomor-nomor lari jarak menengah atau sedang, antara lain: 800 meter, 1.500 meter, dan 3.000 meter. Nomor-nomor lari jarak jauh, antara lain: 5.000 meter, 10.000 meter, dan 42.195 meter (marathon).

Berapa nomor lari menengah?

Nomor-nomor Olahraga Lari – Dilansir dari situs World Athletics, nomor lari untuk cabang atletik adalah sebagai berikut,1. Lari jarak pendek Lari jarak atau sprint menempuh jarak 100, 200, dan 400 meter. Lari jarak pendek merupakan nomor paling bergengsi pada cabang olahraga atletik kategori lari. Atletik Merupakan Olahraga Yang Dipertandingkan Meliputi Nomor AP Usain Bolt (kiri) dan Justin Gatlin.4. Lari gawang Lari gawang adalah cabang olahraga atletik kategori lari di mana atletnya akan melewati lintasan dengan rintangan berupa gawang berukuran tertentu. Nomor lari gawang yang dilombakan di Olimpiade adalah 100, 110, dan 400 meter gawang.

Baca juga: Ayunan Lengan Saat Melakukan Lari Jarak Pendek 5. Lari marathon Lari marathon dibagi menjadi dua yaitu full marathon dan half marathon. Lari full marathon atau marathon penuh menempuh jarak 26 mil atau 42.195 km, sedangkan half marathon menempuh jarak 13 mil atau 21.0975 km.6. Lari estafet Lari estafet atau lari sambung dilakukan secara beregu dengan masing-masing regu terdiri dari empat pelari.

Jarak yang ditempuh pada lari estafet adalah 4×100 dan 4×400. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Related Post