Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Bagaimana Cara Menghentikan Bola Sepak Dengan Dada?

Bagaimana Cara Menghentikan Bola Sepak Dengan Dada?

Bagaimana Cara Menghentikan Bola Sepak Dengan Dada
5. Dada – Teknik kontrol dengan dada ini dilakukan ketika menerima bola lambung. Lakukan dengan cara seperti ini:

Badan menghadap ke arah datangnya bola.Buka kedua kaki selebar bahu dengan kedua lutut agak ditekuk.Saat bola hendak datang, busungkan dada menghadap bola.Saat bola mengenai dada, lentingkan badan agak mundur mengikuti arah bola.Letakkan bola tepat di tengah dada untuk menghentikan bola di depan.Mata tetap mengikuti bola sampai bola berhenti di depan badan.Buka kedua lengan ke samping badan untuk menjaga keseimbangan.

Apakah bisa menghentikan bola dengan dada?

Jelaskan Teknik Menghentikan Bola dengan Dada dalam Permainan Sepakbola “Simak penjelasan berikut ini.” Libero.id – Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang dimainkan dengan cara sederhana. Dalam permainan ini, kaki sebagai anggota tubuh berperan utama dalam memainkan bola.

  • Tapi, pada dasarnya semua anggota tubuh dapat digunakan memainkan bola kecuali tangan.
  • Hanya kiper yang boleh menggunakan tangan.
  • Salah satu bagian tubuh yang dapat digunakan untuk mengontrol atau menghentikan bola adalah dada.
  • Merujuk pada modul Permainan Bola Besar (2017) karya Dudi Hartono, S.Si dan Asep Saefudin, S.Si, terdapat tiga keterampilan gerak dalam permainan sepakbola.

Tiga kelompok keterampilan dalam permainan sepakbola adalah keterampilan menendang, keterampilan mengontrol atau menghentikan bola, dan keterampilan menggiring bola. Untuk mengontrol atau menghentikan bola, para pemain dapat menggunakan beberapa bagian tubuh, yaitu kaki, kepala, paha, dan dada.

  • Cara Menghentikan Bola Menggunakan Dada Secara umum, cara mengehentikan bola menggunakan dada adalah dengan melakukan sebuah gerakan ketika badan bagian atas dicondongkan ke belakang dan bagian dada ditarik ke arah depan.1.
  • Sikap Awal: fokuskan pandangan fokus terhadap arah datangnya bola.
  • Lalu berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu.2.

Pelaksanaan Gerak: busungkanlah dada, kemudian kaki sedikit ditekuk. Perkenaan bola ketika menghentikan bola menggunakan dada adalah dada bagian atas. Tariklah dada sedikit ke belakang ketika bola menyentuh dada. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pantulan bola sehingga bola dapat dikuasai.3.

Bagaimana cara menghentikan bola dalam permainan sepak bola?

Stopping dengan Kaki – Teknik menahan bola dengan kaki paling umum digunakan dalam sepak bola. Bola-bola bawah dengan akurasi tinggi menggunakan teknik ini. Bagian kaki yang digunakan adalah kaki bagian dalam, bagian luar, telapak kaki dan punggung kaki. Baca juga: Operan untuk Melakukan Tembakan dalam Sepak Bola

Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam:

  1. Diawali dengan sikap menghadap arah datangnnya bola dan pusatkan pandangan ke arah gerakan bola.
  2. Putar pergelangan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah luar dan dikunci.
  3. Julurkan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah datangnya bola.
  4. Tarik kembali ke belakang mengikuti arah gerakan bola saat bola mengenai kaki bagian dalam, hingga gerak bola tertahan dan berhenti di depan badan.

Menghentikan bola dengan kaki bagian luar

  1. Berdiri menghadap arah gerakan bola
  2. Letakkan kaki tumpu di samping bola.
  3. Sikap kedua lengan di samping badan agak terentang.
  4. Pergelangan kaki yang akan digunakan menghentikan diputar ke dalam dan dikunci.
  5. Pandangan terpusat pada bola.
  6. Tarik kaki yang akan digunakan menendang ke belakang, saat bola menyentuh kaki bagian luar
  7. Perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola.
You might be interested:  Apa Nama Induk Organisasi Olahraga Bulutangkis?

Baca juga: Posisi Badan Bagian Atas Saat Menghentikan Bola dengan Dada pada Permainan Sepak Bola

Menghentikan bola denga kaki bagian punggung

  1. Pemain bergerak ke arah bola
  2. Tepat dibawah bola yang sedang melambung, angkatlah kaki ke depan atas yang digerakkan untuk menghentikan bola dengan punggung kaki
  3. Tahanlah bola dengan menggunakan punggung kaki dengan sedikit sentuhan atau tarikan
  4. Bola dijatuhkan diantara kedua kaki.

Apakah manfaat menghentikan bola dengan dada?

Jawaban. Agar bola yang berasal dari atas, dapat lebih mudah dikontrol sehingga tidak mudah kehilangan penguasaan bola.

Apa saja yang dimaksud menghentikan bola?

Mengotrol dalam permainan sepak bola disebut juga menghentikan bola, yaitusuatu upaya untuk menghentikan bola sebelum bola di hentikan dengan kaki. Saat mengontrol bola yang datang seorang pemain harus dalam posisi siap dengan pengamanan yang tepat agar bola dapat di kuasai dengan sepenuhnya tanpa dicuri lawan.

Bagaimana cara berlatih mengontrol bola dengan dada paha dan kaki?

jelaskan cara mengontrol bola dengan dada dalam permainan sepak bola 1 dada di agak didepankan2 tangan agak di dorongkan didepan

bang kemaren gua pegang dada cewe gua ko malah fia respon si harusnya dia rileks kayak nggak nyambung gitu kak

1. Mengontrol bola dengan telapak kakiCara melaksanakannya adalah sebagai berikut.Berat badan diletakkan di atas kaki tumpu, tangan dibuka, dan mata melihat bola.Jika bola datangnya mendatar, kaki penahan dijulurkan ke depan menyambut bola.Tumit kaki penahan diturunkan ke bawah, sedangkan ujung kaki menghadap ke atas.

  • Bola dikurung antara telapak kaki dengan tanah.Kalau bola datangnya dari udara, waktu untuk menyentuh bola yaitu pada saat bola belum menyentuh tanah.
  • Bola disentuh sedikit di atas tengah lingkaran.2.
  • Mengontrol bola dengan kaki sebelah dalamCara melaksanakannya adalah sebagai berikut.Pandangan mata ke arah datangnya bola.Badan condong sedikit ke arah datangnya bola.Berat badan berada di atas kaki tumpu.Lutut dan kaki yang akan menahan bola, bengkok sedikit ke arah luar.Pada saat kontak dengan bola, kaki penahan diangkat sedikit dari tanah.Kaki bagian dalam dan kaki penahan sedikit menghadap ke tanah dan mengurung bola antara kaki dan tanah.3.

Mengontrol bola dengan kaki sebelah luarCara melaksanakannya adalah sebagai berikut.Berat badan di atas kaki tumpu, bola dikontrol di depan kaki tumpu, tangan dibuka, mata melihat bola.Kaki untuk menahan, ujung kaki ditarik dan seluruh kaki depan poros lutut membentuk sudut dengan tanah, bola dikontrol sewaktu hendak mental kembali ke udara dengan kaki sebelah luar dan mengenai sedikit atas tengah lingkaran.4.

Mengontrol bola dengan perutCara melaksanakannya adalah sebagai berikut.Pandangan mata ke arah bola.Badan atas dibungkukkan ke depan, tangan dibuka, sedangkan perut dengan otot-otot perut ditarik dan dikencangkan, sehingga membentuk rongga untuk menerima bola yang akan datang (harus dilakukan dengan berhatihati).Tumit diangkat sedikit ketika menahan bola bergulir.Bola yang diterima diusahakan jatuh ke tanah untuk dikontrol dan bisa langsung dimainkan.5.

Mengontrol bola dengan dadaCara melaksanakannya adalah sebagai berikut.Pandangan mata ke arah datangnya bola.Badan condong sedikit ke belakang mulai dari lutut.Mengontrol dengan dada dilakukan dengan membuka tangan ke samping, dada dikembangkan dan bola diterima dengan tengah-tengah dada, bukan jatuh pada tulang rusuk (berbahaya).

Sewaktu bola menyentuh dada, dada ditarik mengikuti bola, sehingga bola jatuh ke bawah (tidak memantul kembali).6. Mengontrol bola dengan pahaBola dikontrol dengan paha, dimana kaki ditekuk pada lutut dan sewaktu mengenai bola paha mengikuti jalan bola sehingga bola tidak mental, tetapi jatuh ke tanah dalam jarak permainan,7.

Mengontrol bola dengan kepala Mengontrol bola dengan kepala dilakukan dengan cara bola yang datang pada saat sampai di kaki (menyentuh), maka kepala dan badan atas ditarik ke belakang mengikuti jalan bola, sehingga bola tidak memantul ke udara, tetapi jatuh ke tanah untuk dikontrol atau dimainkan kembali. : jelaskan cara mengontrol bola dengan dada dalam permainan sepak bola

You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Dengan Cedera Olahraga?

Bagaimana cara melakukan teknik dalam menghentikan bola lambung?

Menghentikan bola yang melambung sebaiknya menggunakan paha. Dengan menggunakan paha, bola yang datang dari arah dapat menjadi lebih mudah dikuasai. Terlebih, teknik ini juga dapat membantu pemain dalam mengatur keseimbangan ketika menerima bola.

Bagaimana cara menahan bola dengan menggunakan perut?

4. Menghentikan Bola dengan Telapak Kaki Bagaimana Cara Menghentikan Bola Sepak Dengan Dada (Menghentikan bola dengan telapak kaki bisa digunakan untuk bola yang memantul di tanah, foto: Istimewa) Teknik menghentikan bola dengan telapak kaki juga cocok digunakan untuk bola yang memantul di tanah. Seperti teknik-teknik sebelumnya, seimbangkan tubuh Anda dan lihat bola yang datang.

Posisi kaki tumpuan sama, seperti teknik menghentikan boal dengan punggung kaki. Perbedaannya terletak pada kaki yang digunakan untuk menghentikan bola. Jika sebelumnya menggunakan punggung kaki, kali ini memakai telapak kaki Anda. Saat bola masuk ke telapak kaki, ujung kaki diturunkan sehingga bola berhenti.3.

Menghentikan Bola dengan Paha Bagaimana Cara Menghentikan Bola Sepak Dengan Dada (Menghentikan bola dengan paha jika bola datang setinggi paha Anda, foto: Istimewa) Teknik menghentikan bola dengan paha digunakan untuk bola yang datang setinggi paha Anda. Seperti sebelumnya, tubuh Anda harus seimbang dan pandangan terarah kepada bola. Bagaimana Cara Menghentikan Bola Sepak Dengan Dada (Menghentikan bola dengan dada digunakan saat bola datang setinggi dada Anda, foto: Istimewa) Teknik menghentikan bola dengan dada biasanya digunakan untuk bola yang datang setinggi dada. Posisikan tubuh Anda ke arah datangnya bola. Buka kaki selebar bahu dan tekuk kedua lutut Anda. (Menghentikan bola dengan perut jarang digunakan ketimbang teknik-teknik lainnya, foto: Istimewa) Teknik menghentikan bola dengan perut jarang dilakukan, tetapi Anda perlu mengetahuinya. Pertama, datang ke arah bola yang mengarah ke perut Anda. Hentikan bola dengan perut sambil menahan napas sehingga perut bergerak agak ke belakang.

Bagaimana cara melakukan aktivitas menghentikan bola dengan paha?

Teknik dasar mengontrol bola – Sebutkan 6 cara mengontrol bola pada permainan sepak bola. Berikut adalah penjelasan teknik dasar mengontrol bola yang terdiri dari enam cara:

Menggunakan kaki bagian dalam

Cara paling sederhana dan paling efektif untuk mengontrol bola adalah menggunakan kaki bagian dalam. Posisi ini memberikan peluang terbaik bagi pemain untuk memainkan bola dengan cepat, baik itu melakukan passing maupun dribbling. Berikut adalah cara mengontrol bola dengan kaki bagian dalam:

  1. Menghadap ke arah datangnya bola dan memperhatikan arah gerakan bola.
  2. Pergelangan kaki yang akan digunakan menahan bola diputar ke arah luar.
  3. Julurkan kaki tadi ke arah datangnya bola. Ketika bola sudah menyentuh kaki bagian dalam, maka tariklah kembali kaki ke belakang sesuai arah bola, sehingga kaki berfungsi seperti menahan/mengerem laju bola dan berhenti di depan badan.
  4. Tumpuan badan kembali pada kaki yang tidak dipakai menahan bola.

Menggunakan kaki bagian luar

Baca juga: Teknik Menendang Bola dengan Punggung Kaki Bagaimana Cara Menghentikan Bola Sepak Dengan Dada Joern Pollex Erling Haaland dari Borussia Dortmund mengontrol bola selama pertandingan Bundesliga antara SV Werder Bremen dan Borussia Dortmund di Wohninvest Weserstadion pada 22 Februari 2020 di Bremen, Jerman. Mengontrol bola menggunakan kaki bagian luar dilakukan jika posisi bola berada agak jauh dari kaki dan datangnya bola selalu dari samping badan.

  1. Menghadap ke arah datangnya bola dan memperhatikan arah gerakan bola.
  2. Pergelangan kaki yang akan digunakan menahan bola diputar ke arah dalam.
  3. Julurkan kaki tadi ke arah datangnya bola. Saat bola sudah menyentuh kaki bagian luar, tariklah kembali kaki ke belakang sesuai arah bola. Gerakan kaki ini berfungsi untuk menahan/mengerem laju bola dan berhenti di depan badan.
  4. Tumpuan badan kembali pada kaki yang tidak dipakai menahan bola.
You might be interested:  Olahraga Yang Dapat Membesarkan Dan Mengencangkan Payudara?

Baca juga: Teknik Dasar Sepak Bola: Gerak Spesifik Menyundul Bola

Menggunakan punggung kaki

Teknik ini dilakukan untuk mengontrol atau menghentikan bola yang masih melambung di udara. Cara mengontrol atau menghentikan bola dengan bagian punggung kaki yang tepat dalam permainan sepak bola dibawah ini adalah sebagai berikut:

  1. Pandangan tertuju pada arah datangnya bola.
  2. Kaki yang digunakan untuk mengontrol atau menghentikan bola diangkat dengan pergelangan kaki agak dikencangkan.
  3. Tepat saat bola mengenai kaki, kaki rileks dengan gerakan turun mengikuti arah bola.
  4. Kedua tangan berada di samping badan untuk menjaga keseimbangan.

Menggunakan telapak kaki

Baca juga: Tugas Kiper dalam Sepak Bola Teknik yang digunakan untuk menghentikan bola yang bergulir di atas tanah dalam permainan sepak bola adalah telapak kaki. Jelaskan cara mengontrol bola dengan telapak kaki dalam sepak bola. Berikut adalah cara melakukan kontrol bola menggunakan telapak kaki:

  1. Badan menghadap dan pandangan tertuju pada datangnya bola.
  2. Buka telapak kaki agar dapat menghentikan bola atau mengontrol bola yang datang.
  3. Tarik telapak kaki kebelakang ketika bola datang untuk mengontrol bola.

Menggunakan paha

Teknik ini biasanya digunakan untuk mengontrol bola yang masih melambung di udara. Berikut adalah cara melakukan kontrol bola dengan menggunakan paha:

  1. Badan menghadap ke arah datangnya bola dan kedua tangan berada di samping badan untuk membantu menjaga keseimbangan.
  2. Kemudian angkat paha dan lutut sedikit ditekuk.
  3. Tepat pada saat bola menyentuh paha, tarik sedikit paha tersebut ke bawah mengikuti arah datangnya bola. Sehingga bola yang akan turun ke tanah akan dapat ditendang sebelum atau setelah bola menyentuh tanah.

Menggunakan dada

Bagaimana Cara Menghentikan Bola Sepak Dengan Dada AFP/ADAM PRETTY Penyerang Bayern Muenchen (kiri) Robert Lewandowski mengontrol bola sebelum mencetak gol ke gawang Arminia Bielefeld pada lanjutan pekan ke-21 Bundesliga 2020-2021 di Stadion Allianz, 15 Februari 2021. Baca juga: Asal-usul Diving dalam Sepak Bola Teknik ini hampir sama dengan mengontrol bola menggunakan perut.

  1. Badan menghadap ke arah datangnya bola dan pandangan fokus ke arah datangnya bola.
  2. Kedua tangan berada di samping badan dengan rileks untuk menjaga keseimbangan.
  3. Saat bola menyentuh dada, tahan napas, busurkan dada ke depan sehingga posisi punggung melengkung ke dalam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana posisi tubuh untuk menghentikan bola dengan dada yaitu?

Cara Menghentikan Bola Menggunakan Dada – Badan bagian atas dicondongkan ke belakang dengan bagian dada ditarik ke arah depan, gerakan ini merupakan cara menghentikan bola dalam permainan sepak bola dengan menggunakan bagian dada. Cara menghentikan bola menggunakan dada dalam permainan sepak bola dibagi menjadi tiga tahapan yaitu sikap awal, pelaksanaan gerak, dan akhir gerakan.1. Sikap Awal

Pandangan fokus terhadap arah datangnya bola. Berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu.

Baca juga: Istilah Lain Tendangan Bebas dalam Permainan Sepak Bola 2. Pelaksanaan Gerak

Busungkanlah dada, kemudian kaki sedikit ditekuk. Perkenaan bola ketika menghentikan bola menggunakan dada adalah dada bagian atas. Tariklah dada sedikit ke belakang ketika bola menyentuh dada. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pantulan bola sehingga bola dapat dikuasai.

3. Akhir Gerakan

Tumpukanlah berat badan di kedua kaki. Arahkanlah pandangan ke bola.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related Post