Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Bagaimana Sejarah Cabang Olahraga Atletik Di Indonesia?

Bagaimana Sejarah Cabang Olahraga Atletik Di Indonesia?

Bagaimana Sejarah Cabang Olahraga Atletik Di Indonesia
5. Sejarah atletik di Indonesia – Tim atletik Indonesia di SEA Games 2021. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra) Lantas bagaimana sejarah atletik di Indonesia sendiri? Mulanya pada tahun 1930-an, pemerintah kolonial Belanda saat itu mulia mengenalkan cabang olahraga ini ke masyarakat Indonesia.

Lalu, dibentuk juga organisasi yang mengurusi cabang olahraga ini di Hindia Belanda, yaitu Nederlands Indische Atletiek Unie (NIAU). Namun, sejak kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, organisasi tersebut tentu saja ikut bubar dan digantikan dengan organisasi yang baru. Organisasi induk atletik saat ini bernama Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Kini, olahraga ini masih menjadi salah satu olahraga yang diminati oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Nah, demikianlah pembahasan singkat tentang sejarah atletik di dunia maupun Indonesia. Apakah kamu salah satu orang yang tertarik dan gemar dengan olahraga yang satu ini? Baca Juga: Sejarah Bola Basket Dunia dan Indonesia, Cari Tahu yuk!

Tuliskan sejarah cabang olahraga atletik masuk ke Indonesia dan pada tahun berapakah cabang olahraga ini dipertandingkan?

jelaskan jelaskan sejarah atletik secara singkat​ Sejarah atletik merupakan sejarah pembentukan olahraga atletik. Atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di dunia. Sejarah atletik secara singkat dapat di simak pada penjelasan berikut.

Penjelasan: Atletik dikenal juga dengan sebutan induk dari segala cabang olahraga. Hal ini dikarenakan atletik mencakup teknik-teknik dasar dari olahraga-olahraga yang ada. Atletik merupakan kumpulan dari beberapa cabang olahraga yang secara garis besar dapat dibedakan menjadi lari, lompat, dan lempar.

Sejarah Atletik Atletik berasal dari bahasa Yunani yaitu “Athlon” yang berarti kontes. Tidak banyak sumber yang menyebutkan bagaimana olahraga atletik dapat terbentuk dan siapa penciptanya. Bukti sejarah yang menunjukkan tentang olahraga atletik ialah olimpiade pertama di dunia yang diselenggarakan di Yunani pada abad 776 SM.

  • Pada olimpiade tersebut, olahraga atletik yaitu lari menjadi cabang olahraga yang diperlombakan.
  • Pada mulanya, atletik bertujuan untuk menentukan siapa yang tercepat, terkuat dan tertinggi dibanding yang lain.
  • Perkembangan atletik selanjutnya dimulai pada abad ke 19 sehingga diciptakan organisasi formal pada tahun 1825 di Inggris guna mengadakan pelatihan serta perlombaan terorganisir.

Atletik masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda dan berkembang pesat pada masa penjajahan Jepang. Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dibentuk pada tahun 1950.

Semoga membantu. Pelajari lebih lanjut Pengertian atletik Pembagian atletik Manfaat olahraga atletik Detil Jawaban Kelas: VIII Mata Pelajaran: Penjaskes Bab: Permainan dan Olahraga Atletik

Kode Kategori: 8.22.3 #AyoBelajar

IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIMISYU makasih kk ini sangat membantu sekali

: jelaskan jelaskan sejarah atletik secara singkat​

Jelaskan apa yang dimaksud dengan atletik beserta cabang cabangnya?

1. Menurut Tamsir Riyadi – Menurut Tamsir Riyadi, atletik merupakan suatu cabang olahraga yang terdiri dari 3 nomor perlombaan, yaitu: nomor jalan dan lari, lompat dan lempar. Istilah atletik berasal dari kata athlon (bahasa Yunani) yang berarti lomba atau perlombaan. Bagaimana Sejarah Cabang Olahraga Atletik Di Indonesia

You might be interested:  Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Sepak Bola?

Jelaskan sejarah singkat olahraga atletik di Indonesia dan apa nama organisasinya?

jelaskan sejarah cabang olahraga atletik di Indonesia Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, lompat, dan jalan. Kata ini berasal dari bahasa Yunani “athlon” yang berarti “kontes”.

Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Sejarah Atletik adalah event asli dari Olimpiade pertama pada tahun 776 sebelum Masehi di mana satu-satunya event adalah perlombaan lari atau stade.

Ada beberapa “Games” yang digelar selama era klasik Eropa: Panhellenik Games The Pythian Game (dimulai 6 SM) digelar di Argolid setiap dua tahun. The Isthmian Game (dimulai 523 SM) digelar di Isthmus dari Corinth setiap dua tahun. The Roman Games Berasal dari akar Yunani murni, Roman game memakai perlombaan lari dan melempar.

  1. Bukannya berlomba kereta kuda dan bergulat seperti di Yunani, olahraga Etruscan memakai pertempuran galiatoral, yang juga sama-sama 527 Sebelum Masehi digelar di Delphi tiap empat tahun.
  2. The Nemean Games (dimulai 51 memakai panggung).
  3. Masyarakat lain menggemari kontes atletik, seperti bangsa Kelt, Teutonik, dan Goth yang juga digemari orang Roma.

Tetapi, olahraga ini sering dihubungkan dengan pelatihan tempur. Pada masa abad pertengahan anak seorang bangsawan akan dilatih dalam berlari, bertarung dan bergulat dan tambahan berkuda, memanah dan pelatihan senjata. Kontes antar rival dan sahabat sangat umum di arena resmi maupun tidak resmi.

  • Pada abad 19 organisasi formal dari event modern dimulai.
  • Ini termasuk dengan olahraga reguler dan latihan di rezim sekolahan.
  • Royal Millitary College di Sandhurst mengklaim menggunakan ini pertamakali pada tahun 1812 dan 1825 tetapi tanpa bukti nyata.
  • Pertemuan yang paling tua diadakan di Shrewsbury, Shropshire di 1840 oleh Royal Shrewsbury School Hunt.

Ada detail dari seri pertemuan tersebut yang ditulis 60 tahun kemudian oleh C.T Robinson di mana dia seorang murid disana pada tahun 1838 sampai 1841. Eeck Military Academy di mana Woolwich menyelenggarakan sebuah kompetisi yang diorganisir pada tahun 1849, tetapi seri reguler pertama dari pertemuan digelar di Exeter College, Oxford dari 1850.

  1. Atletik modern biasanya diorganisir sekitar lari 400m di trek di hampir semua even yang ada.
  2. Acara lapangan (melompat dan melempar) biasanya memakai tempat di dalam trek.
  3. Atletik termasuk di dalam Olimpiade modern pada tahun 1896 dan membentuk dasar-dasarnya kemudian.
  4. Wanita pertama kali dibolehkan berpartisipasi di trek dan lapangan dalam event Olimpiade tahun 1928.

Sebuah badan pengelola internasional dibentuk, IAAF dibentuk tahun 1912. IAAF menyelenggarakan beberapa kejuaraan dunia outdoor pada tahun 1983. Ada beberapa pertandingan regional seperti kejuaraan Eropa, Pan-American Games dan Commonwealth Games. Sebagai tambahan ada sirkuit Liga Emas professional, diakumulasi dalam IAAF World Athletics Final dan kejuaraan dalam ruangan seperti World Indoor Championship.

  1. Olahraga tersebut memiliki profil tinggi selama kejuaraan besar, khususnya Olimpiade, tetapi yang lain kurang populer.
  2. AAU (Amateur Athletic Union) adalah badan pengelola di Amerika Serikat sampai runtuh di bawah tekanan profesionalisme pada akhir tahun 1970.
  3. Sebuah badan baru bernama The Athletic Congress (TAC) dibentuk, dan akhirnya dinamai USA Track and Field (USATF atau USA T&F).

Sebuah tambahan, organisasi dengan struktural yang lebih kecil, Road Runner Club of America (RRCA) juga ada di USA untuk mempromosikan balap jalanan. Pada masa modern, atlet sekarang bisa menerima uang dari balapan, mengakhiri sebutan “amatirisme” yang ada sebelumnya.

You might be interested:  Apa Itu Heading Dalam Permainan Sepak Bola?

Apa makna atletik di Indonesia?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Lari gawang, salah satu jenis olahraga atletik. Atletik adalah cabang olahraga berupa aktivitas fisik (jasmani) yang dinamis dan harmonis, termasuk di antaranya lari, lompat, jalan, dan lempar. Atletik merupakan salah satu unsur dari pendidikan jasmani dan kesehatan, sebagai suatu komponen pendidikan yang mengutamakan aktivitas jasmani serta pembinaan hidup sehat dan pengembangan jasmani.

Atletik bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan biomotorik, misalnya kekuatan, daya tahan, kecepatan, kelenturan, koordinasi, dan sebagainya. Kata atletik berasal dari bahasa Yunani ” athlon ” yang berarti kontes. Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM,

Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Berasal dari manakah cabang olahraga atletik?

Jawaban: Atletik Berasal dari Negara Yunani.

Siapa yang pertama kali mengenalkan atletik di Indonesia?

Sejarah Singkat Atletik di Indonesia – Bagaimana Sejarah Cabang Olahraga Atletik Di Indonesia Suasana Asian Games 2018 (ANTARA FOTO/INASGOC/Andika Wahyu) Sejarah atletik di Indonesia erat kaitannya dengan pemerintah Belanda. Sebab, sekitar tahun 1930-an pemerintah kolonial mulai memperkenalkan atletik di Indonesia. Kemudian dalam perkembangannya, organisasi yang menaungi atletik di Indonesia dibentuk dan diberi nama Nederlands Indische Atletiek Unie (NIAU).

  1. Sejarah atletik di Indonesia terus berlanjut.
  2. Mulai dari masa awal kemerdekaan hingga sekarang, atletik menjadi salah satu cabang olahraga yang cukup populer di Indonesia.
  3. Sedangkan, untuk organisasi induk atletik di Indonesia sekarang bernama Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).
  4. Hingga kini, atlet atletik Indonesia selalu berjuang untuk berprestasi di setiap ajang perlombaan.

Atletik bisa dilakukan oleh siapa saja. Ini mengingat, olahraga tersebut terdiri dari gerakan alamiah manusia. Khususnya lari, lompat, jalan, dan lempar.

Mengapa cabang olahraga atletik disebut mother of sport?

Atletik juga dikenal sebagai induknya dari segala cabang olahraga atau lebih dikenal sebagai ‘ Mother of Sport’ karena pada atletik terdapat berbagai macam gerakan yang dapat dijumpai di dalam cabang olahraga lainnya seperti lari, jalan, lompat, tolak dan lempar.

Kapan olahraga atletik dimainkan pertama kali?

Pengertian Atletik – Secara umum, atletik merupakan salah satu jenis dari cabang olahraga yang dilombakan dengan bentuk olahraga yang berupa berbagai jenis aktivitas fisik yag melibatkan jasmani disertai dengan keselarasan yang harmonis serta dinamis.

Olahraga yang ada dalam atletik sendiri, antara lain seperti olahraga lompat, lempar, lari, dan jalan. Dalam ilmu Pendidikan Kesehatan Olahraga dan Jasmani pun menjadikan atletik menjadi salah satu komponen pendidikan dengan tujuan untuk mengutamakan kegiatan dan pembinaan jasmani disertai dengan pola hidup sehat.

Olahraga atletik memiliki banyak sekali manfaat, salah satu manfaat terbesarnya adalah untuk membantu meningkatkan daya biomotorik. Secara bahasa, atletik sendiri berasal dari kosa kata bahasa Yunani, yakni “Athlon”yang memiliki arti kontes. Atletik sendiri pertama kali diperlombakan pada sekitar tahun 776 SM (Sebelum Masehi).

Apa yang dimaksud dengan atletik dan tuliskan sejarah atletik?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Lari gawang, salah satu jenis olahraga atletik. Atletik adalah cabang olahraga berupa aktivitas fisik (jasmani) yang dinamis dan harmonis, termasuk di antaranya lari, lompat, jalan, dan lempar. Atletik merupakan salah satu unsur dari pendidikan jasmani dan kesehatan, sebagai suatu komponen pendidikan yang mengutamakan aktivitas jasmani serta pembinaan hidup sehat dan pengembangan jasmani.

Atletik bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan biomotorik, misalnya kekuatan, daya tahan, kecepatan, kelenturan, koordinasi, dan sebagainya. Kata atletik berasal dari bahasa Yunani ” athlon ” yang berarti kontes. Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM,

Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

You might be interested:  Tuliskan Macam Olahraga Yang Menggunakan Bola?

Berdasarkan sejarah berasal dari negara manakah olahraga atletik?

Sejarah – Seperti yang dikutip dari Encyclopaedia Britannica, sejarah atletik diperkirakan berawal dari peradaban Mesir sekitar 3000 Sebelum Masehi (SM). Kemudian disebutkan juga di awal tahun 1829 SM, digelar Tailteann Games di Festival Lugnasad. Termasuk berbagai bentuk perlombaan trek dan lapangan.

  1. Olimpiade kuno di Yunani yang dimulai 776 SM, selama 11 abad lamanya mempertandingkan beberapa cabang,
  2. Namun, sejarah modern seperti yang dipertandingkan hingga kini dimulai dan berkembang di Inggris pada 1154 M.
  3. Olahraga ini mengalami pasang surut sehingga akhirnya perlombaan amatir pertama di Inggris digelar pada 1825.

Baru pada dekade 1860-an, nama atletik di Inggris mulai mengemuka. Terutama sejak dibentuknya Amateur Athletic Club (AAC) pada 1866 yang kemudian diubah menjadi Amateur Athletic Association (AAA).

  • Sementara di Amerika Serikat pada 1879 dibentuk National Association of Amateur Athletes of America (NAAAA).
  • Sejarah atletik mencatat, pada 1912 didirikan International Amateur Athletic Federation (IAAF) untuk tingkatan dunia di Stockhol, Swedia.
  • IAAF bertugas melakukan standarisasi pencatatan waktu dan rekor dunia serta menyelenggarakan kompetisi atletik di seluruh dunia.
  • Sementara sejarah di Indonesia perkumpulan atletik pertama kali berdiri pada 3 September 1950 di Semarang.
  • Sekarang perkumpulan tersebut bernama Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).
  • Jauh sebelumnya, klub-klub atletik telah berdiri sejak masa pemerintahan Hindia Belanda di beberapa kota besar di pulau Jawa.
  • Organisasi zaman Belanda adalah Nederlands Indische Athletiek Unie (NIAU) atau Perserikatan Atletik Hindia Belanda pada 1917.

Apa yang dimaksud dengan atletik dan jelaskan sejarah perkembangan atletik di Indonesia?

Pembahasan – Sejarah Atletik Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang dikelompokkan menjadi lari, lempar, lompat, dan jalan. Awal sejarah Atletik di Indonesia dimulai tahun 1930. Pemerintah Hindia Belanda mempelajari Atletik sebagai mata pelajaran di sekolah.

  • Cabang olahraga ini belum begitu terkenal pada zaman itu, karena hanya dikenalkan di lingkup pendidikan saja.
  • Namun, lama kelamaan masyarakat akhirnya mengenal sifat dan manfaat Atletik yang akhirnya bertambah peminatnya.
  • Oleh kalangan orang Belanda dulu telah dibentuk sebuah organisasi, yang menangani penyelenggaraan pertandingan-pertandingan Atletik dengan nama Nederlands Indische Athletiek Unie (NIAU).

Di Medan pada tahun 1930 juga didirikan sebuah organisasi yang dinamakan Sumatera Athletiek Bond (SAB), yang melaksanakan lomba Atletik antar sekolah Mulo, HBS dan perguruan-perguruan swasta. Perkembangan sejarah atletik di Pulau Jawa dimulai dengan terbentuknya organisasi-organisasi Atletik seperti ISSV Hellas dan IAC di Jakarta, PAS di Surabaya dan ABA di Surakarta.

Setelah mengetahui sejarah atletik dapat diambil kesimpulan bahwa Atletik di Indonesia masih berumur begitu muda. Namun berkat peranan NIAU pada zaman Belanda sehingga muncul bintang Atletik Indonesia yang sangat handal, seperti Effendi Saleh, Tomasoa, Mochtar Saleh, M. Murbambang, Harun Al Rasyid, Mohd.

Abdulah dan F.G.E. Rorimpandey. yang mencapai mencapai loncatan setinggi 1,86 meter, Harun Al Rasyid berhasil mempunyai prestasi yang membanggakan, sedangkan Nur Bambang dengan kecepatan 10.8 detik dalam lari 100 meter mengukir prestasi terbaik di Indonesi.

  1. Usaha nyata dimulai dengan terbentuknya Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) pada tanggal 3 September 1950 di Semarang.
  2. Egiatan awal-awal tercatat pada akhir tahun 1950 juga dengan melaksanakan perlombaan Atletik di Bandung.
  3. Perlombaan tersebut sekaligus ditujukan sebagai persiapan atlet-atlet Indonesia menghadapi Asian Games serie Perdana tahun 1951 di New Delhi, India.

Organisasi Induk PASI telah diterima sebagai anggota Atletik Internasional (IAAF).

Related Post