Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Contoh Olahraga Yang Membutuhkan Komponen Kekuatan Adalah?

Contoh Olahraga Yang Membutuhkan Komponen Kekuatan Adalah?

Contoh Olahraga Yang Membutuhkan Komponen Kekuatan Adalah
Contoh Latihan Otot: Crunch – Contoh latihan kekuatan lainnya yang bertipe sederhana namun memberi efek baik pada otot tubuh adalah latihan crunch, Latihan ini bersifat statis, artinya Anda hanya perlu menahan tubuh pada satu posisi saja, tapi ia mampu memberikan efek pada kekuatan perut, punggung, dada, dan betis.

Gerakannya dimulai dengan mengatur tubuh pada posisi telentang, dengan tangan berada di samping. Tekuk bagian lutut sampai mendekati bokong, lalu lanjutkan ke gerakan inti. Tariklah bagian punggung, perut dan dada ke atas. Tahanlah gerakan ini dalam 10 hingga 20 hitungan. Latihan crunch bukan hanya baik untuk meningkatkan kekuatan otot, namun juga cocok bagi Anda yang ingin mengikis perut buncit.

Bagian otot perut akan mengencang, dan membantu pembakaran kalori dengan lebih fokus.

Aktivitas olahraga apa yang menggunakan komponen daya tahan?

1. Daya Tahan (endurance) – Daya tahan atau endurance adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan sistem jantung, paru-paru atau sistem pernapasan, dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien untuk menjalankan kerja secara terus menerus dan tidak pernah berhenti.

  1. Daya tahan kardiovaskular, yaitu kemampuan jantung dan paru-paru untuk memompa dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Contoh latihannya lari jarak jauh, pertandingan sepak bola, dan lain-lain.
  2. Daya tahan otot, yakni kemampuan otot untuk bisa terus menerus beraktivitas tanpa merasa lelah berlebihan. Contoh latihannya melakukan sit-up, bersepeda, lari, dan lain-lain.

Sit up termasuk komponen apa?

1. Komponen Kekuatan – Contoh Olahraga Yang Membutuhkan Komponen Kekuatan Adalah (credit: freepik.com) Komponen kebugaran jasmani yang pertama adalah tentang kekuatan atau strength. Kekuatan dalam kebugaran jasmani tersebut berkaitan dengan kemampuan otot saat melakukan atau menerima beban ketika latihan fisik ataupun aktivitas tertentu.

Kekuatan otot meliputi otot lengan ataupun otot kaki yang diperoleh ketika latihan secara terus menerus dengan beban berat dan frekuensi sedikit. Dalam hal ini latihan kebugaran jasmani seperti angkat beban termasuk dalam komponen kekuatan yang melatih kekuatan otot lengan. Melansir dari gurupenjaskes.com, beberapa latihan untuk meningkatkan kekuatan dalam kebugaran jasmani seperti sit up, back up, angkat beban, ataupun push up.

Di mana sejumlah latihan tersebut sebagian besar dapat melatih atau meningkatkan kekuatan otot lengan, otot tungkai dan otot perut.

Push up melatih komponen apa?

10 Komponen Kebugaran Jasmani Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui – Ragam Bola.com Ilustrasi olahraga. (Photo by Alora Griffiths on Unsplash) Bola.com, Jakarta – Ada beberapa komponen penyusun dari yang perlu diketahui. Dengan memenuhi komponen tersebut, kebutuhan kebugaran jasmani bisa terpenuhi. Jadi, kebugaran jasmani bisa dibilang suatu kebutuhan yang harus dipenuhi seseorang agar bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang berlebih. Dengan kesehatan jasmani yang bagus, seseorang bisa mengetahui kemampuan fisiknya dalam menjalani kesibukan sehari-hari.

Makin tinggi seseorang, makin bagus pula kemampuan kerja fisiknya. Jika kita selalu melatih kebugaran tubuh, ada banyak hal yang dapat diperoleh. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah dan kinerja jantung. juga dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh agar badan menjadi energik, memiliki respons dan reaksi tubuh yang tepat, mengurangi risiko obesitas, terhindar dari cedera, dan masih banyak manfaat lainnya.

Jadi, makin sering olahraga justru membuat menjadi tidak mudah lelah. Dengan latihan kebugaran jasmani, daya tahan tubuh bisa lebih meningkat. Namun, yang dibutuhkan kebugaran jasmani setiap orang berbeda karena aktivitas yang tak sama. Ada beberapa komponen penyusun dari kebugaran jasmani yang perlu diketahui Berikut ini rangkuman komponen-komponen, seperti dilansir dari laman Guru Penjaskes, Kamis (8/10/2020).

  1. Ilustrasi berolahraga.
  2. Credit: unsplash.com/Jonathan 1.
  3. Ekuatan ( Streght ) Kekuatan adalah kemampuan otot saat menerima beban ketika melakukan aktivitas.
  4. Ekuatan otot, baik otot lengan atau otot kaki, dapat diperoleh dari latihan yang terus menerus dengan beban berat dan frekuensi sedikit.
  5. Latihan angkat beban dapat digunakan untuk melatih kekuatan otot lengan.

Beberapa latihan untuk meningkatkan kekuatan antara lain:

  • Squat jump – latihan ini dapat menambah kekuatan otot tungkai dan otot perut.
  • Push up – latihan ini dapat menambah kekuatan otot lengan.
  • Sit up – selain dapat mengecilkan perut, latihan ini dapat membuat otot perut menjadi makin kuat.
  • Angkat beban – latihan ini digunakan untuk melatih kekuatan otot lengan. Lakukan latihan tersebut dengan frekuensi sedikit saja.
  • Back up – sama halnya seperti sit up, back up dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut.

2. Daya Tahan (Endurance) Daya tahan adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan sistem jantung, paru-paru atau sistem pernapasan, dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien. Berbeda dengan latihan kekuatan, daya tahan dapat dilatih dengan beban yang tidak terlalu berat.

  • Frekuensi juga lebih lama dan dalam durasi waktu yang panjang pula.
  • Contoh latihan untuk kebugaran jasmani bagian daya tahan, antara lain lari minimal 2 km, lari minimal 12 menit, lari multistage, angkat beban dengan berat yang ringan namun pengulangan dan jumlahnya diperbanyak, serta lari naik turun bukit atau tanjakan dan turunan.

Ilustrasi lari. (dok. Pixabay.com/Putu Elmira) 3. Daya Otot ( Muscular Power ) Pengertian dari daya otot adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan kekuatan maksimum yang dikeluarkan dalam waktu yang singkat. Selain itu, hal ini dapat dihubungkan dengan sistem anaerobik dalam proses pemenuhan energi.

  • Vertical jump atau gerakan meloncat ke atas, dapat melatih daya ledak otot tungkai.
  • Front jump atau gerakan meloncat ke depan, dapat juga melatih daya ledak otot tungkai.
  • Side jump atau gerakan meloncat ke samping, melatih explosive power dari otot tungkai.

4. Kecepatan ( Speed ) Kecepatan merupakan kemampuan seseorang untuk mengerjakan gerakan secara kontinu atau terus-menerus dalam bentuk yang sama dengan waktu yang singkat. Kecepatan sangat dibutuhkan dalam olahraga lari pendek dengan jarak 100 dan 200 meter.

  • Cedera tak hanya dialami oleh seseorang yang berolahraga saja, tetapi dapat terjadi pada semua orang yang melakukan aktivitas fisik secara tiba-tiba.
  • Adapun contoh latihan atau olahraga untuk meningkatkan daya lentur, antara lain adalah yoga, senam dan renang.
  • 6. Kelincahan ( Agility )

Kelincahan adalah kemampuan seseorang mengubah posisi pada area tertentu dengan cepat. Olahraga yang mengandalkan kelincahan adalah olahraga bulu tangkis. Atlet bulutangkis dituntut untuk dapat mengambil shuttlecock di manapun yang lawan arahkan asal masih masuk dalam garis lapangan.

  1. 7. Koordinasi ( Coordination )
  2. Koordinasi adalah kemampuan seseorang mengintegrasikan berbagai gerakan yang berbeda dan mampu mengkoordinasikan seluruh bagian tubuh dengan baik.
  3. Contoh latihan dari komponen kebugaran jasmani bagian koordinasi adalah memantulkan bola tenis ke tembok dengan tangan kanan kemudian menangkapnya lagi dengan tangan kiri begitu juga sebaliknya.
  4. 8. Keseimbangan ( Balance )

Keseimbangan merupakan kemampuan seseorang mengendalikan tubuh sehingga gerakan-gerakan yang dilakukan dapat dimunculkan dengan baik dan benar. Senam merupakan satu di antara cabang olahraga yang sangat mengandalkan keseimbangan. Beberapa contoh latihan untuk meningkatkan keseimbangan, antara lain berjalan di atas balok kayu selebar 10 cm yang memiliki ukuran panjang 10 meter, berdiri dengan satu kaki jinjit atau juga dengan sikap lilin.

Iper atau penjaga gawang memegang peranan penting dan memiliki rentang karier yang panjang.9. Ketepatan ( Accuracy ) Ketepatan adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan gerak-gerak bebas tubuh terhadap suatu sasaran. Beberapa contoh olahraga yang membutuhkan keakuratan, antara lain memanah, bowling, sepak bola, dan basket.

Contoh latihan untuk meningkatkan ketepatan antara lain adalah:

  • Melempar bola tenis ke tembok, sebelumnya tembok telah diberi sasaran atau diberi tanda terlebih dahulu.
  • Untuk lebih spesifik, langsung saja melatih ketepatan dengan memasukkan bola ke ring lawan untuk olahraga bola basket.
  • Untuk sepak bola, dengan latihan menendang bola ke gawang yang dijaga oleh seorang penjaga gawang agar keakuratan lebih dapat diperhitungkan dan memiliki tantangan.
You might be interested:  Waktu Yang Tepat Untuk Olahraga Sore?

10. Reaksi ( Reaction ) Reaksi adalah kemampuan seseorang untuk segera bertindak dan menanggapi rangsangan yang ditangkap oleh indra. Satu di antara latihan yang dapat meningkatkan reaksi adalah olahraga tangkap bola. Sumber : Guru Penjaskes Berita video terdapat beberapa nama baru yang mulai rajin mencetak gol di Premier League 2019-2020 dan bisa menjadi pesaing Sergio Aguero, Mohamed Salah, Raheem Sterling, dan Sadio Mane.

Latihan push up bertujuan menguatkan otot apa?

Video Olarhaga Ringan yang bisa dilakukan di rumah untuk Masyarakat Sasaran Dalam kegiatan KKNbD kali ini dilakukan pada tanggal 25 Juli 2021 dengna Masyarakat Sasaran Kampung Singaraja. Kegiatan kali ini saya membuat sebuah video olahraga yang bisa dilakukan di rumah masing – masing dan bisa di praktekan oleh Masyarakat Sasaran.

Karena Pandemi yang sedang kita hadapi saat ini, maka akan lebih baik kita melakukan bnayak Olahraga tanpa harus keluar ke Lapangan, karena dalam video ini ada beberapa olahraga yang bisa di lakukan di rumah masing – masing. Ada pun bebrapa Olahraga yang ada dalam video tersebub yaitu : 1.1. Pemanasan Pemanasan merupakan gerakan yang intens dan meningkatkan jantung.

Ada banyak manfaat yang kita dapat dari melakukan pemansan sebelum memulai olahraga yaitu memperlancar peredaran darah ke otot dan mampu mengurangi otot tegang dan juga meningkatnya fleksibilitas. Sehingga, membuat otot lebih fleksibel dan kuat saat berolahraga.

  1. Sehingga dengan adanya video pemanasn ini Masyarakat Sasaran diharapkan memahami betapa pentingnya melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga dan juga Masyarakat Sasaran jadi mengetahui betapa banyaknya manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan olaraga.2.2.
  2. Push Up Push Up merupakan gerakan yang bertujuan untuk melatih otot bisep dan trisep, otot bahu dan otot dada.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan setelah melakukan push up yaitu Meningkatkan Kekuatan Otot dan Meningkatkan Kesehatan Jantung. Push Up ini bisa dilakukan / dilatih secara bertahap, mulai dari melakukan Push Up sampai 10 kali dan naik menjadi 20 kali dan naik menjadi 30 kali dan seterusnya.

Setelah melihat video yang di berikan diharapkan Masyarakat Sasaran melakukan gerakan Push Up ini karena banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan setelah melakukan Push Up.3.3. Sit Up Sit up merupakan salah satu jenis latihan olahraga yang melatih beragam otot. Tidak hanya otot perut, namun juga otot dada, panggul, pinggang bagian bawah dan leher.

Latihan ini membantu melatih kekuatan otot-otot tersebut, sehingga menjadi lebih kencang. Setelah menonton video tersebut diharapkan Masyarakat Sasaran bisa mengikuti gerakan Sit Up ini karena selain banyaknya manfaat gerakan ini juga bisa membuat otot – otot perut terbentuk.4.4.

Back Up merupakan gerakan yang dilakukan setelah melakukan gerakan Sit Up, karena gerakan Back Up ini berfungsi sebagai melemaskan otot – otot perut setelah melakukan Sit Up supaya tidak terjadi keram pada perut. Itu lah beberapa gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah dan juga memiliki manfaat yang banyak dan juga bisa di praktekan oleh Masyarakat Sasaran di rumah Masing – Masing Link Video : https://youtu.be/zjlieK3jTjs

: Video Olarhaga Ringan yang bisa dilakukan di rumah untuk Masyarakat Sasaran

Push up termasuk komponen fisik apa?

1. Push Up – Push up merupakan salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani kita. Olahraga ini termasuk ke dalam jenis olahraga calisthenic. Artinya jenis olahraga ini memiliki fungsi untuk menguatkan otot dada, bahu, dan juga trisep. Bahkan gerakan push up dapat membentuk otot punggung bawah dan juga perut. Contoh Olahraga Yang Membutuhkan Komponen Kekuatan Adalah Contoh Olahraga Yang Membutuhkan Komponen Kekuatan Adalah Beberapa hal perlu diperhatikan saat melakukan push up seperti, memperhatikan pergerakan posisi tangan, selalu menghadap ke depan, dan perhatikan gerakan naik turun secara tetap. Push up ini tentunya sangat efektif untuk meningkatkan massa otot dan kesehatan jantung kalian.

Apa pengertian kekuatan dan sebutkan contoh latihan kekuatan?

1. Kekuatan (Strenght) – Kekuatan dikaitkan dengan kondisi tubuh seseorang pada saat menggunakan otot untuk memaksimalkan tenaga dalam melakukan aktivitas fisik. Contoh latihan unsur ini adalah dapat berupa push – up, back – up, dan sit – up.

Bersepeda termasuk komponen kebugaran jasmani apa?

3. Kecepatan (Speed) – Kecepatan merupakan kemampuan fisik untuk bisa menggerakkan tubuh secepat mungkin. Kecepatan juga berkaitan dengan kemampuan fisik dalam melakukan gerakan yang berkesinambungan dalam waktu sesingkat mungkin. Contoh latihan dalam komponen kebugaran jasmani ini adalah dengan cara lari sprint, bersepeda cepat, dan lain sebagainya.

Sebutkan 3 latihan apa saja yang dapat meningkatkan latihan daya tahan?

Wates – Senam Sehat di Bulan Januari Kegiatan Senam ruti dilakukan setiap hari Jumat di Kecamatan Wates. Kegiatan Senam Aerobik memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tidak hanya untuk kebugaran tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk fungsi kognitif dan emosi yang tentunya akan membuat kita lebih produktif.

  • Senam ini menggabungkan irama musik dengan gerakan peserta yang dipimpin oleh seorang instruktur.
  • Untuk kebugaran tubuh, latihan aerobik memberi banyak manfaat, antara lain meningkatkan daya tahan jantung, paru-paru, menguatkan otot-otot tubuh, kelenturan, membakar kalori, dan lain-lain.
  • Untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru dapat dilakukan dengan jalan cepat, lari, bersepeda (stasioner maupun sepeda biasa), dan berenang.

Sementara untuk menguatkan otot-otot dapat dilakukan dengan latihan beban. Sedangkan untuk kelenturan dapat dilakukan dengan peregangan, baik dengan cara berdiri maupun duduk. Beberapa alat bantu yang sering digunakan, misalnya tembok, kursi, lemari, dan lain-lain.

  1. Untuk membakar lemak, senam aerobik low impact maupun high impact dapat menjadi pilihan.
  2. Latihan aerobik sebaiknya dilaksanakan secara rutin, tiga kali seminggu, rata-rata 30 menit setiap latihan.
  3. Senam aerobik telah menjadi sangat populer di Indonesia.
  4. Dahulu, kaum pria menganggap senam aerobik adalah olahraga untuk wanita saja dan menganggapnya kurang bermanfaat.

Berikut manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan: 1. Meningkatkan Fungsi Jantung Senam aerobik yang dilakukan secara rutin akan lebih meningkatkan fungsi jantung sehingga jantung anda juga akan lebih sehat.2. Melawan depresi Dengan sering melakukan senam aerobik, akan terhindar dari depresi karena olahraga mampu meningkatkan mood seseorang dan bisa bisa mestimulasi perasaan senang atau euphoria dalam tubuh.3.

Meningkatkan kinerja paru-paru Seperti olahraga pada umumnya, dengan secara rutin melakukan senam Aerobik akan meningkatkan kinerja paru-paru sehingga tubuh akan lebih sehat.4. Mengurangi penurunan kognitif Senam aerobik bisa mengurangi penurunan kognitif seperti penurunan dalam proses mental seperti memori kerja dan perencanaan.5.

Mencegah berbagai penyakit Senam aerobik juga bermanfaat mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol, tekanan darah dan lainnya.6. Membentuk tubuh dan mengurangi berat badan

Senam aerobik juga akan membantu membentuk tubuh lebih sempurna dan juga bisa mengurangi berat badan.(Sie POR)

: Wates – Senam Sehat di Bulan Januari

Apa fungsi dari latihan kekuatan berikan 4 contohnya?

Manfaat latihan kekuatan yang bisa diperoleh – Latihan kekuatan bisa juga disebut sebagai resistance training. Penelitian menunjukkan bahwa latihan kekuatan memberi manfaat bagi kesehatan maupun kebugaran tubuh. Beberapa manfaat latihan kekuatan yang bisa Anda peroleh adalah:

Membangun massa otot tanpa lemak Lebih efisien dalam Mengurangi lemak tubuh Memperbaiki postur, keseimbangan, dan stabilitas tubuh Meningkatkan energi Mendorong penurunan berat badan Meningkatkan suasana hati Meningkatkan kesehatan dan Mengurangi berbagai gejala dari kondisi kronis, seperti diabetes, radang sendi, dan penyakit jantung

Guna mendapatkan manfaat latihan kekuatan, selain melakukannya secara rutin, Anda juga perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, berhenti merokok, menghindari stres, minum dan tidur dengan cukup. Baca Juga:

Apakah lari termasuk latihan kekuatan otot?

4. Berenang – Berenang adalah olahraga yang memiliki banyak manfaat, beberapa di antaranya adalah melatih daya tahan otot jantung dan paru-paru, melatih pernapasan, serta melatih kelenturan tubuh. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Apakah back up termasuk latihan kekuatan?

Perbedaan Back Up dan Sit Up – Sejatinya, latihan gerakan back up akan berpengaruh untuk olahraga prestasi yang mengandalkan kekuatan otot perut dan punggung. Back up adalah latihan kekuatan otot punggung, semantara sit up adalah latihan kekuatan otot perut. Beberapa perbedaan gerakan back up dan sit up adalah sebagai berikut:

  • Back up merupakan gerak berbaring-lenting ke belakang, sementara sit up adalah gerakan berbaring-duduk.
  • Dalam back up anggota tubuh yang dilatih adalah punggung, sedangkan sit up anggota tubuh yang dilatih lebih fokus ke perut.
  • Back up dilakukan untuk mengetahui kekuatan otot punggung, sementara tes sit up dilakukan untuk mengetahui otot perut.
  • Back up berfungsi sebagai gerak pengembangan postur tubuh, yang berguna untuk meningkatkan kekuatan otot-otot punggung, sedangkan sit up untuk meningkatkan otot-otot perut.
You might be interested:  Banyak Siswa Yang Menyukai Bulu Tangkis Adalah?

Apa itu latihan kekuatan otot?

Jenis Olahraga untuk Melatih Kekuatan Otot – Strength exercise atau latihan kekuatan adalah kegiatan di mana kamu membuat otot dan tubuh bekerja lebih keras. Hal ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan kekuatan serta daya tahan otot dan tubuh. Ada beberapa jenis latihan yang bisa kamu lakukan untuk melatih kekuatan otot, seperti:

Angkat beban; Naik turun tangga; Mendaki atau hiking; Bersepeda; Push up ; Sit up ; Menari; Squats ; Yoga.

Itulah beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk melatih kekuatan otot. Selain dapat meningkatkan kekuatan otot dan tubuh, jenis latihan ini juga memiliki manfaat lain bagi tubuh. Melakukan latihan kekuatan dapat meningkatkan keseimbangan tubuh.

  1. Bahkan, rutin melakukan latihan kekuatan dengan tepat dinilai dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh.
  2. Fleksibilitas tubuh yang terjaga dengan baik dapat membantu kamu untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dengan optimal.
  3. Latihan kekuatan juga dapat bermanfaat untuk menurunkan risiko cedera, nyeri tubuh, hingga memperbaiki postur tubuh,

Baca juga: 4 Gerakan Olahraga untuk Mengencangkan Payudara

Apa saja kekuatan otot?

Macam-Macam Bentuk Latihan untuk Meningkatkan Kekuatan Otot – Ragam Bola.com Ilustrasi berolahraga. Credit: pexels.com/Lisun Bola.com, Jakarta – Memiliki yang kuat tentu menjadi keinginan banyak orang, terutama kaum laki-laki. Kekuatan otot perlu dilatih supaya kebugaran tubuh terjaga.

  • Satu di antara tujuan dari latihan adalah penguatan seluruh bagian tubuh, terutama pada bagian persendian dan tendon.
  • Makin sering Anda berlatih maka jaringan pada persendian dan bagian tubuh lainnya, terutama dan sendi, akan makin kuat dan kukuh.
  • Ekuatan merupakan kemampuan maksimal otot dalam mengangkat suatu beban dalam satu kali angkatan.

Kekuatan otot terdiri dari kekuatan otot lengan, otot perut, otot punggung dan otot tungkai. Ada beberapa bentuk latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot. Apa saja bentuk-bentuk latihannya? Berikut ini macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (19/5/2022).

  1. Berita video vlog Bola kali ini soal pengalaman kesasar di sebuah daerah yang gelap di Vietnam setelah laga Timnas Indonesia U-23 di Grup A SEA Games 2021.
  2. Push up adalah jenis latihan otot lengan yang kebanyakan orang dapat melakukannya.
  3. Latihan ini cukup mudah dilakukan sebab tidak memerlukan alat dan tempat khusus.

Push up akan membiasakan kontraksi otot lengan dengan beban internal (berat badan sendiri).

  1. Tidur telungkup, kedua kaki rapat lurus ke belakang dengan ujung kaki bertumpu pada lantai.
  2. Kedua telapak tangan menapak lantai di samping dada, jari-jari menghadap ke depan, siku ditekuk.
  3. Angkat badan ke atas hingga kedua tangan lurus, kepala, badan dan kaki berada dalam satu garis lurus.
  4. Badan diturunkan kembali dengan cara menekuk lengan, sementara posisi kepala, badan dan kaki tetap lurus tidak menyentuh lantai.
  5. Gerakan ini dilakukan berulang-ulang sampai merasa tidak kuat.
  6. Latihan ini dilakukan secara bertahap, yaitu 10-15 kali dan 20 kali. Dari tahap ke tahap berikutnya diselingi istirahat kurang lebih selama 30 menit.

Sit up dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot perut. Berikut ini caranya:

  1. Lakukan posisi awal tubuh telentang dengan kedua kaki ditekuk.
  2. Letakkan kedua tangan berada di belakang kepala.
  3. Angkat badan sampai posisi badan dalam keadaan duduk, tetapi posisi tangan masih berada di belakang kepala.
  4. Lakukan gerakan tersebut selama 30 menit, Anda juga dapat menambahkan waktunya sesuai tingkat kekuatan tubuh.

Back up adalah bentuk latihan yang dilakukan untuk memperkuat otot punggung. Adanya kontraksi pada area punggung nantinya akan memperkuat otot punggung menjadi lebih baik. Otot punggung memiliki peranan yang sentral dalam mempertahankan posisi tulang belakang. Jika berlatih back up dengan cara yang tepat akan mengurangi risiko cedera pada tulang belakang. Berikut teknik melakukan back up:

  1. Sikap awal: tidur telungkup, kedua kaki rapat lurus ke belakang, kedua tangan dengan jari-jari berkaitan diletakkan di belakang kepala (pergelangan kaki dapat dipegangi teman).
  2. Angkat badan ke atas sampai posisi dada dan perut tidak lagi menyentuh lantai, kedua tangan tetap berada di belakang kepala.
  3. Badan diturunkan kembali ke sikap awal.
  4. Gerakan ini dilakukan berulang-ulang sebanyak mungkin.
  5. Lakukan secara bertahap dimulai 10 kali, 15 kali, 20 kali, dan seterusnya, serta diselingi istirahat kurang lebih 30 menit.

Kekuatan otot-otot tungkai dapat ditingkatkan dengan cara menggendong teman. Selain itu, kekuatan otot lengan bahu dan otot dada ikut meningkat. Cara melakukannya sebagai berikut:

  1. Carilah seorang teman sebagai pasangan berlatih.
  2. Satu di antara berbaris di belakang yang lain.
  3. Teman yang di depan bertugas menggendong teman di belakangnya.
  4. Berjalanlah sampai jarak yang disepakati (misalnya 5 meter).
  5. Lakukan secara berulang-ulang.

Otot-otot lengan tangan dapat ditingkatkan dengan latihan ini. Latihan ini sebaiknya dilakukan oleh dua orang yang seimbang. Kemudian dibutuhkan semacam garis pembatas untuk latihan ini. Anda dinyatakan menang jika mampu menarik lawan hingga melewati garis pembatas.

  • Meletakkan telapak tangan kanan ke lengan kirinya sendiri,
  • Lakukan hingga membentuk sudut siku-siku,
  • Meletakkan tangan kiri di lengan tangan kiri pasangan, dan
  • Pasangan melakukan kegiatan yang sama.

c. Mengangkat teman dengan kedua lengan pasangan pengangkat.d. Berjalanlah sejauh 3 meter. Lakukan kegiatan yang sama secara bergantian. Sumber: Kemdikbud Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik, : Macam-Macam Bentuk Latihan untuk Meningkatkan Kekuatan Otot – Ragam Bola.com

Apakah push up melatih kekuatan?

5. Mengurangi berat badan – Bukan hanya bisa meningkatkan kekuatan otot saja, latihan push up yang kamu lakukan secara rutin juga bisa membantu mengurangi berat badan yaitu dengan cara membakar seluruh kalori berlebihan yang ada di dalam tubuh. Kalori yang telah terbakar dari push up ini sebanyak 7 kalori per menitnya.

Latihan kekuatan dilakukan untuk Apa?

Pentingnya Melakukan Latihan Kekuatan Otot dan Cara Mudah Melakukannya – Ensure Rutin melakukan latihan kekuatan otot ternyata tidak hanya memberikan dampak yang baik pada bentuk tubuh. Namun, kegiatan olahraga ini juga memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan imun hingga meminimalisir stres.

Latihan kekuatan umumnya dilakukan untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, memperkuat sendi, serta menambah stamina. Namun, sebelum memulai latihan kekuatan, Anda dianjurkan untuk mempelajari lebih dahulu jenis dan teknik latihan kekuatan yang cocok untuk melatih bagian otot tubuh Anda. Untuk mengurangi risiko cedera dan memaksimalkan manfaat latihan kekuatan, Anda disarankan untuk melakukan latihan kekuatan otot secara bertahap sebanyak 2 kali per minggu, tetapi jangan dalam waktu 2 hari berturut-turut.

Latihan kekuatan dapat dilakukan di pusat kebugaran atau di rumah dengan peralatan yang sederhana. Hanya saja perlu Anda ingat, sebelum melakukan latihan kekuatan otot, Anda harus terlebih dahulu melakukan pemanasan berupa jalan cepat atau stretching selama 5–10 menit.

Memperlancar peredaran darahMeningkatkan metabolisme dan menjaga fungsi organ tubuhMeningkatkan kepadatan dan kekuatan tulangMenjaga fleksibilitas dan keseimbangan tubuhMemperbaiki postur tubuhMengurangi risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, arthritis, diabetes, obesitas, dan sakit pinggangMeningkatkan kualitas tidur dan mencegah insomnia

Namun, Anda perlu ingat, manfaat tersebut tidak bisa didapatkan secara instan. Untuk memperoleh manfaat latihan kekuatan otot, Anda perlu melakukannya secara rutin serta menerapkan pola hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, beristirahat dengan cukup, menghindari stres, dan tidak merokok.

Berikut ini adalah beberapa jenis latihan kekuatan otot yang dapat Anda lakukan tanpa bantuan alat khusus: Gerakan squat adalah salah satu latihan yang baik untuk melatih tubuh bagian bawah dan inti otot, jika Anda melakukan latihan ini secara teratur, maka Anda dapat mengencangkan otot paha dan pinggul serta meningkatkan sirkulasi pencernaan.

Cara melakukan squat yang benar:

Awali dengan posisi berdiri tegakBerdiri dengan kaki dibuka selebar pinggulTurunkan tubuh Anda sejauh yang Anda bisa dengan mendorong punggung ke belakang, sambil naikkan lengan Anda lurus ke depan untuk menjaga keseimbanganTubuh bagian bawah harus sejajar dengan lantai dan dada harus dibusungkan, tidak membungkuk. Lalu angkat sebentar dan kembali ke posisi awalSaat Anda menurunkan tubuh Anda seperti ingin duduk atau jongkok, paha belakang memanjang di sendi pinggul dan memperpendek sendi lututPada saat yang sama, otot punggung atas menegang, yang membantu Anda mempertahankan batang tubuh Anda tetap tegak, sehingga punggung Anda tidak berputar

You might be interested:  Apa Yang Kamu Ketahui Dengan Olahraga Senam?

Sit up merupakan sebuah aktivitas olahraga atau latihan kekuatan otot perut yang bertujuan untuk memperkuat otot-otot perut dan mengurangi lemak tubuh serta meningkatkan massa otot tanpa lemak. Selain untuk menguatkan beberapa otot tersebut, latihan sit up juga dapat mengurangi lemak pada bagian perut sehingga lingkar perut berlebih dapat diatasi. Cara melakukan sit up dengan gerakan standar:

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki Anda berlabuhSelipkan dagu ke dada untuk memanjangkan bagian belakang leherSilangkan tangan Anda dengan tangan di bahu yang berlawanan atau letakkan telapak tangan Anda di samping tubuh AndaBuang napas saat Anda mengangkat tubuh bagian atas ke arah pahaTarik napas saat Anda perlahan-lahan menurunkan diri kembali ke lantai

Gerakan mendaki gunung atau yang juga dikenal dengan sebutan mountain climbers jika dilakukan secara tepat sangat bermanfaat untuk memperkuat otot dan sendi. Gerakan dasar ini dikemas dengan banyak manfaat, dan merupakan pokok dalam High-intensity interval training, Bagaimana melakukan gerakan mountain climbers?

Mulailah dengan posisi seperti akan melakukan push up dengan tangan tepat di bawah bahu dan kaki terentang di belakangDorong lantai menjauh dari tubuh dan lihat ke depan secara diagonalTubuh harus dalam garis lurusTekuk satu lutut dan tarik ke dada, lalu luruskan di belakangUlangi di sisi lain, bergantian tanpa henti, seperti orang yang sedang menaiki gunung

Yoga sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Manfaat yoga tidak hanya membantu tubuh menjadi lebih segar dan bugar, tetapi juga dapat membantu mengendalikan stres dan mengurangi rasa mudah gelisah. Semua jenis yoga pada dasarnya dapat membantu Anda menjadi lebih rileks, menghilangkan ketegangan tubuh, dan menenangkan pikiran.

Guna mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda harus memilih jenis yoga yang cocok dengan tujuan melakukan yoga serta preferensi pribadi Anda. Mungkin Anda bisa menjadikan yoga hatha, iyengar, dan kripalu sebagai permulaan, karena jenis yoga ini memiliki gerakan ringan. Itulah tadi manfaat dari melakukan latihan kekuatan otot dan cara mudah untuk melakukannya.

Selain rutin melakukan latihan kekuatan otot, jangan lupa untuk tetap memperhatikan asupan nutrisi bagi tubuh Anda. Mulai dari vitamin, mineral, protein, serta kadar laktosa dan lemak jenuh rendah merupakan hal esensial yang menjadikan alasan susu tersebut baik dikonsumsi oleh orang usia lanjut.

Berdasarkan alasan tersebut, Abbott menghadirkan produk nutrisi Ensure sebagai pilihan untuk orang dewasa dan lanjut usia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang seimbang. Dilengkapi dengan triple protein (perpaduan Whey, Kasein, dan Soya), 14 vitamin & 9 mineral, Omega 3 & 6, sumber serat serta kadar laktosa yang rendah, membuat Ensure nyaman diminum sebagai pelengkap untuk membantu menjaga daya tahan dan kebugara tubuh Anda, tentunya jika disertai makanan bergizi dan juga olahraga teratur.

Produk nutrisi Ensure juga telah didukung 30 uji klinis, dan dapat membantu jaga daya tahan tubuh dan memberi kekuatan aktif sehari-hari. Ensure juga rendah laktosa sehingga nyaman di perut dan tidak menggunakan pemanis buatan. Agar manfaat yang dirasakan maksimal, minumlah kebaikan nutrisi Ensure secara rutin dua kali sehari. Contoh Olahraga Yang Membutuhkan Komponen Kekuatan Adalah Title Cara Menghitung Denyut Nadi Setelah Olahraga guna Melihat Kesehatan Jantung Short Description Pentingnya mengetahui cara menghitung denyut nadi setelah olahraga, agar terhindar dari risiko-risiko yang bisa membahayakan kesehatan. Detail Page Path Main Image Contoh Olahraga Yang Membutuhkan Komponen Kekuatan Adalah Title Manfaat Menjaga Kekuatan Otot Setelah Usia 40 Short Description Bagaimana cara menjaga kekuatan dan fungsi otot saat sudah lanjut usia? Pahami tips dan lengkapi nutrisi tubuh demi menjaga kehilangan kekuatan otot saat usia bertambah disini. Detail Page Path Main Image Title Senam untuk Jantung Sehat dan Otot yang Kuat Short Description Senam jantung sehat bisa jadi pilihan olahraga untuk membuat organ ini semakin kuat dan terhindar dari masalah. Yuk simak penjelasan berikut. Detail Page Path : Pentingnya Melakukan Latihan Kekuatan Otot dan Cara Mudah Melakukannya – Ensure

Apa macam macam bentuk kekuatan otot?

Macam-Macam Bentuk Latihan untuk Meningkatkan Kekuatan Otot – Ragam Bola.com Ilustrasi berolahraga. Credit: pexels.com/Lisun Bola.com, Jakarta – Memiliki yang kuat tentu menjadi keinginan banyak orang, terutama kaum laki-laki. Kekuatan otot perlu dilatih supaya kebugaran tubuh terjaga.

Satu di antara tujuan dari latihan adalah penguatan seluruh bagian tubuh, terutama pada bagian persendian dan tendon. Makin sering Anda berlatih maka jaringan pada persendian dan bagian tubuh lainnya, terutama dan sendi, akan makin kuat dan kukuh. Kekuatan merupakan kemampuan maksimal otot dalam mengangkat suatu beban dalam satu kali angkatan.

Kekuatan otot terdiri dari kekuatan otot lengan, otot perut, otot punggung dan otot tungkai. Ada beberapa bentuk latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot. Apa saja bentuk-bentuk latihannya? Berikut ini macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (19/5/2022).

Berita video vlog Bola kali ini soal pengalaman kesasar di sebuah daerah yang gelap di Vietnam setelah laga Timnas Indonesia U-23 di Grup A SEA Games 2021. Push up adalah jenis latihan otot lengan yang kebanyakan orang dapat melakukannya. Latihan ini cukup mudah dilakukan sebab tidak memerlukan alat dan tempat khusus.

Push up akan membiasakan kontraksi otot lengan dengan beban internal (berat badan sendiri).

  1. Tidur telungkup, kedua kaki rapat lurus ke belakang dengan ujung kaki bertumpu pada lantai.
  2. Kedua telapak tangan menapak lantai di samping dada, jari-jari menghadap ke depan, siku ditekuk.
  3. Angkat badan ke atas hingga kedua tangan lurus, kepala, badan dan kaki berada dalam satu garis lurus.
  4. Badan diturunkan kembali dengan cara menekuk lengan, sementara posisi kepala, badan dan kaki tetap lurus tidak menyentuh lantai.
  5. Gerakan ini dilakukan berulang-ulang sampai merasa tidak kuat.
  6. Latihan ini dilakukan secara bertahap, yaitu 10-15 kali dan 20 kali. Dari tahap ke tahap berikutnya diselingi istirahat kurang lebih selama 30 menit.

Sit up dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot perut. Berikut ini caranya:

  1. Lakukan posisi awal tubuh telentang dengan kedua kaki ditekuk.
  2. Letakkan kedua tangan berada di belakang kepala.
  3. Angkat badan sampai posisi badan dalam keadaan duduk, tetapi posisi tangan masih berada di belakang kepala.
  4. Lakukan gerakan tersebut selama 30 menit, Anda juga dapat menambahkan waktunya sesuai tingkat kekuatan tubuh.

Back up adalah bentuk latihan yang dilakukan untuk memperkuat otot punggung. Adanya kontraksi pada area punggung nantinya akan memperkuat otot punggung menjadi lebih baik. Otot punggung memiliki peranan yang sentral dalam mempertahankan posisi tulang belakang. Jika berlatih back up dengan cara yang tepat akan mengurangi risiko cedera pada tulang belakang. Berikut teknik melakukan back up:

  1. Sikap awal: tidur telungkup, kedua kaki rapat lurus ke belakang, kedua tangan dengan jari-jari berkaitan diletakkan di belakang kepala (pergelangan kaki dapat dipegangi teman).
  2. Angkat badan ke atas sampai posisi dada dan perut tidak lagi menyentuh lantai, kedua tangan tetap berada di belakang kepala.
  3. Badan diturunkan kembali ke sikap awal.
  4. Gerakan ini dilakukan berulang-ulang sebanyak mungkin.
  5. Lakukan secara bertahap dimulai 10 kali, 15 kali, 20 kali, dan seterusnya, serta diselingi istirahat kurang lebih 30 menit.

Kekuatan otot-otot tungkai dapat ditingkatkan dengan cara menggendong teman. Selain itu, kekuatan otot lengan bahu dan otot dada ikut meningkat. Cara melakukannya sebagai berikut:

  1. Carilah seorang teman sebagai pasangan berlatih.
  2. Satu di antara berbaris di belakang yang lain.
  3. Teman yang di depan bertugas menggendong teman di belakangnya.
  4. Berjalanlah sampai jarak yang disepakati (misalnya 5 meter).
  5. Lakukan secara berulang-ulang.

Otot-otot lengan tangan dapat ditingkatkan dengan latihan ini. Latihan ini sebaiknya dilakukan oleh dua orang yang seimbang. Kemudian dibutuhkan semacam garis pembatas untuk latihan ini. Anda dinyatakan menang jika mampu menarik lawan hingga melewati garis pembatas.

  • Meletakkan telapak tangan kanan ke lengan kirinya sendiri,
  • Lakukan hingga membentuk sudut siku-siku,
  • Meletakkan tangan kiri di lengan tangan kiri pasangan, dan
  • Pasangan melakukan kegiatan yang sama.

c. Mengangkat teman dengan kedua lengan pasangan pengangkat.d. Berjalanlah sejauh 3 meter. Lakukan kegiatan yang sama secara bergantian. Sumber: Kemdikbud Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik, : Macam-Macam Bentuk Latihan untuk Meningkatkan Kekuatan Otot – Ragam Bola.com

Related Post