Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Kapan Sepak Bola Masuk Ke Indonesia?

Kapan Sepak Bola Masuk Ke Indonesia?

Kapan Sepak Bola Masuk Ke Indonesia
C. Sejarah Sepak Bola Indonesia – Sejarah sepak bola Indonesia dimulai pada masa penjajahan Hindia Belanda, lebih tepatnya pada 1914. Awal perkembangan sepak bola sendiri hanya dimainkan oleh orang-orang Belanda di lingkungannya, seperti kota-kota besar. Organisasi sepak bola resmi yang pertama kali berdiri di Indonesia pada masa penjajahan Belanda, yaitu Nederland Indische Voetbal Bond (NIVB). Sesuai dengan namanya, organisasi sepak bola ini didirikan oleh orang-orang Belanda. Selanjutnya, pada sekitar tahun 1920 hingga 1930, berdiri organisasi sepak bola yang dibuat oleh orang Indonesia dengan menggunakan klub Bahasa Belanda, mulai dari Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB) yang sekarang lebih dikenal dengan nama Persis Solo dan Bandoengsche Indonesische Voetbalbond (BIVB) atau Persib Bandung.

Siapa yang membawa sepak bola di Indonesia?

Pendiri Permainan Sepak Bola di Indonesia – Sebelum kita membahas lebih jauh, perlu sekali membedakan antara pencetus olahraga sepak bola Indonesia pertama dan pendiri badan sepak bola nasional se-Indonesia. Pencetus sepak bola Indonesia belum diketahui secara pasti siapa yang pertama kali membawa ke Indonesia.

  1. Sementara pendirian organisasi sepak bola PSSI dapat diketahui dengan mudah.
  2. Mungkin Anda terfikir bahwa pendiri sepak bola Indonesia adalah seorang atlet.
  3. Bukan, Grameds.
  4. Pendiri sepak bola Indonesia merupakan seorang insinyur berlatar belakang pendidikan teknik. Ialah Ir.
  5. Soeratin Sosrosoegondo yang mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai pendiri sepak bola Indonesia.

Pria kelahiran Jogjakarta ini menempuh studi di Koningen Wilhelmina School di Jakarta kemudian melanjutkan pengembaraan ilmunya hingga ke Sekolah Teknik Tinggi di Hecklenburg, dekat Hamburg, Jerman pada tahun 1920. Ia kemudian menyelesaikan gelar insinyurnya di bidang Teknik Sipil pada tahun 1920. Kapan Sepak Bola Masuk Ke Indonesia

PSSI singkatan dari apa?

Perkumpulan Sepak bola di Indonesia – Di 1920, pertandingan voetbal atau sepak bola digelar untuk meramaikan pasar malam. Pertandingan dilaksanakan sore hari. Selain sepak bola, bangsa Eropa termasuk Belanda juga memperkenalkan olahraga lain, seperti kasti, bola tangan, renang, tenis, dan hoki,

Hanya, semua jenis olahraga itu hanya terbatas untuk kalangan Eropa, Belanda, dan Indo. Sepak bola tidak memerlukan tempat khusus dan pribumi boleh memainkannya. Lapangan Singa ( Lapangan Banteng ) menjadi saksi di mana orang Belanda menggelar pertandingan panca lomba ( vijfkam ) dan tienkam (dasa lomba).

Khusus untuk sepak bola, serdadu di tangsi-tangsi militer paling sering bertanding. Mereka kemudian membentuk bond sepak bola atau perkumpulan sepak bola. Dari bond-bond itulah kemudian terbentuk satu klub. Tak hanya serdadu militer, tetapi juga warga Belanda, Eropa, dan Indonesia membuat bond-bond serupa.

Dari bond-bond itu kemudian terbentuklah Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB) yang pada tahun 1927 berubah menjadi Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU). Sampai tahun 1929, NIVU mengadakan pertandingan termasuk dalam rangka memeriahkan pasar malam dan tak ketinggalan sebagai ajang judi. Bond China menggunakan nama antara lain Tiong un Tong, Donar, dan UMS.

Adapun bond pribumi mungkin mengambil nama wilayahnya, seperti Cahaya Kwitang, Sinar Kernolong, atau Si Sawo Mateng. Pada 1928 dibentuk Voetbalbond Indonesia Jacatra (VIJ) sebagai akibat dari diskriminasi yang dilakukan NIVB, Sebelumnya bahkan sudah dibentuk Persatuan Sepak Bola Djakarta ( Persidja ) pada 1925,

  1. Pada 19 April 1930, Persidja ikut membentuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di gedung Soceiteit Hande Projo, Yogyakarta.
  2. Pada saat itu Persidja menggunakan lapangan di Jalan Biak, Roxy, Jakpus.
  3. Pada tahun 1930-an, di Indonesia berdiri tiga organisasi sepak bola berdasarkan suku bangsa, yaitu Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB) yang berganti nama menjadi Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU) pada tahun 1936 yang merupakan milik bangsa Belanda, Hwa Nan Voetbal Bond (HNVB) milik bangsa Tionghoa, dan Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia (PSSI) milik orang Indonesia.

Pamor bintang lapangan Bond NIVB, G Rehatta dan de Wolf, mulai menemui senja berganti bintang lapangan bond China dan pribumi, seperti Maladi, Sumadi, dan Ernst Mangindaan. Pada 1933, VIJ keluar sebagai juara pada kejuaraan PSSI ke-3. Pada 1938 Indonesia lolos ke Piala Dunia,

  1. Pengiriman kesebelasan Indonesia (Hindia Belanda) sempat mengalami hambatan.
  2. NIVU (Nederlandsche Indische Voetbal Unie) atau organisasi sepak bola Belanda di Jakarta bersitegang dengan PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) yang telah berdiri pada bulan April 1930,
  3. PSSI yang diketuai Soeratin Sosrosoegondo, insinyur lulusan Jerman yang tinggal di Eropa, ingin pemain PSSI yang dikirimkan.

Namun, akhirnya kesebelasan dikirimkan tanpa mengikutsertakan pemain PSSI dan menggunakan bendera NIVU yang diakui FIFA, Pada masa Jepang, semua bond sepak bola dipaksa masuk Tai Iku Koi bentukan pemerintahan militer Jepang. Pada masa ini, Taiso, sejenis senam, menggantikan olahraga permainan.

  • Baru setelah kemerdekaan, olahraga permainan kembali semarak.
  • Tahun 1948, pesta olahraga bernama PON (Pekan Olahraga Nasional) diadakan pertama kali di Solo,
  • Di kala itu saja, sudah 12 cabang olahraga yang dipertandingkan.
  • Hingga 1950 masih terdapat pemain indo di beberapa klub Jakarta.
  • Sebut saja Vander Vin di klub UMS; Van den Berg, Hercules, Niezen, dan Pesch dari klub BBSA.

Pemain indo mulai luntur pada tahun 1960-an.

Apa kepanjangan dari FIFA dalam sepak bola?

Akhirnya terbentuklah sebuah organisasi yang disebut Fédération Internationale de Football Association (FIFA). FIFA didirikan tanggal 21 Mei 1904 di Paris, Prancis.

Siapa pemain sepak bola pertama di dunia?

5. Peter Shilton – 40 tahun 292 hari (Inggris) – Baca juga: Siapa Pencetak Hattrick Termuda dan Tertua di Piala Dunia? Peter Shilton berada di urutan kelima dalam daftar lima pemain tertua dalam sejarah Piala Dunia. Peter Shilton adalah kiper keempat yang masuk dalam daftar ini selain, Essam El-Hadary, Faryd Mondragon, dan Pat Jennings.

  • Peter masuk menjadi pemain tertua di Piala Dunia saat usianya menginjak 40 tahun 292 hari, ketika Inggris kalah 1-2 dari Italia pada perebutan pertingkat ketiga Piala Dunia 1990.
  • Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.
  • Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.
You might be interested:  Olahraga Yang Aman Untuk Pengguna Kb Iud?

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berapa berat bola untuk pertandingan sepak bola?

Berapakah Berat Bola Ukuran 3? Pemain Persija Jakarta, Michael Krmencik (tengah) berusaha mencetak gol ke gawang Persis Solo dalam laga pekan ke-2 BRI Liga 1 2022/2023 antara Persija Jakarta melawan Persis Solo di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (31/7/2022) sore WIB.

  • Bola.com/Ikhwan Yanuar) Liputan6.com, Jakarta – Hal utama yang dibutuhkan dalam permainan sepak bola, tentu saja bola itu sendiri.
  • Pasalnya, pertandingan bisa saja dimainkan tanpa pelengkap lainnya, seperti gawang bahkan sepatu khusus.
  • Namun, apakah bisa seseorang bermain sepak bola, tanpa menggunakan bola? Tentu saja tidak.

Seorang akan diklasifikasikan berdasarkan usianya. Begitu pula dengan ukuran bola yang akan digunakan saat latihan. Dilansir melalui Soccer Ball World, terdapat 5 ukuran bola berdasarkan usia pemain, simak penjelasannya di bawah ini. Berat Bola Ukuran 3 digunakan oleh pemain usia 5-8 tahun.

Bola ukuran 3 merupakan bola kecil yang digunakan dalam permainan sepak bola oleh pemain muda. Berapakah berat bola ukuran 3? Berat bola ukuran 3 memiliki berat 11-12 ons atau 0,31-0,33 kg. Bola ukuran 3 juga berdiameter 23-24 inci atau berkisar 58,5-61 cm. Berat Bola Ukuran 5 Berat bola ukuran 5 digunakan oleh rentang usia 12 tahun keatas, termasuk para pemain professional yang sudah biasa berlaga.

Ini merupakan ukuran bola yang biasa digunakan sebagai standar internasional permainan sepak bola. Berat bola ukuran 5 memiliki diameter 27-28 inci atau 68-70 cm dengan berat bola 14-16 ons atau berkisar 0,40-0,45 kg. Berat Bola Ukuran 4 Berat bola ukuran 4 biasanya digunakan oleh anak-anak yang berusia 8-12 tahun.

Bola ukuran 4 memiliki berat 12-13 ons atau 0,34-0,36 kg dengan diameter 25-26 inci atau 63,5-66 cm. Berat bola ukuran 4 ini merupakan ukuran yang cocok digunakan pemain muda yang baru saja mengenal dan belum memiliki kekuatan fisik yang cukup. Berita video pemain RANS Nusantara FC, Syamsir Alam, berbagi pengalaman di dunia sepak bola dalam acara Ngobrol Seru BRI Liga 1 yang ditayangkan pada Selasa (6/9/2022) sore hari WIB.

Berat Bola Ukuran 2 Selain berat bola ukuran 3, ternyata ada bola terkecil lagi di bawahnya, yaitu ukuran 2. Bola ini umumnya digunakan oleh kalangan usia 3-5 tahun.

  • Berat bola ukuran 2 memiliki diameter sebesar 20-22 inci setara dengan 50,8-55,88 cm dan berat 8-9 ons sekitar 0,22-0,25 kg.
  • Dengan ukurannya yang relatif kecil ini, berat bola ukuran 2 sangat cocok untuk anak-anak yang ingin belajar dan mengembangkan kemampuannya di sepak bola.
  • Tak hanya anak-anak, pemain dewasa juga bisa menggunakan bola ukuran 2 untuk melatih dan meningkatkan kemampuan dalam mengontrol bola dan gerak kaki.
  • Berat Bola Ukuran 1

Bola ukuran 1 merupakan bola terkecil yang biasa digunakan anak-anak berusia 3 tahun kebawah. Berat bola ukuran 1 mempunyai diameter 18-20 inci atau 45,7-50,8 cm dengan berat 7 ons atau 0,19 kg. Dengan ukuran yang minim, bola ukuran 1 sangat cocok untuk anak usia dini yang ingin mengasah kemampuan bolanya.

  1. Selain itu, bola ukuran 1 juga bisa digunakan oleh pemain dewasa untuk meningkatkan kontrol bola.
  2. Pemain Timnas Vietnam U-19, Nguyen Dinh Bac (kiri) berusaha melewati pemain Timnas Malaysia U-19, Muhammad Najmudin Akmal Kamal Akmal pada laga semifinal Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (13/07/2022).

(Bola.com/M Iqbal Ichsan) Setelah mengetahui, jenis ukuran bola berdasarkan usia, seorang pemain perlu memiliki kemampuan untuk memainkannya. Dirangkum melalui buku pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan kelas VII, a dapun skill yang harus dimiliki pemain sepak bola, diantaranya menendang bola ( kicking ), mengumpan ( passing ), menghentikan bola ( stopping ), menggiring ( dribbling ), menyundul ( heading ), dan melempar ke dalam ( throw in ).

  1. 1. Kicking
  2. Menendang bola atau kicking adalah cara yang dilakukan pemain untuk mengarahkan bola ke target sasaran yang dituju.
  3. 2. Passing
  4. Mengumpan bola atau passing adalah metode yang dilakukan dengan cara mengoper bola ke arah rekan tim dengan cara ditendang.
  5. 3. Stopping

Menghentikan bola atau stopping merupakan gerak spesifik yang perlu dikuasai pemain. Gerakan ini bertujuan agar pemain dapat menguasai bola sehinga bola dengan mudah dapat diarahkan ke target sasaran.4. Dribbling Menggiring bola atau dribbling merupakan cara menendang bola yang dilakukan secara terputus-putus atau perlahan.

  • Adapun tujuan dari dribbling yaitu menggiring bola untuk mendekati sasaran, melewati lawan dan menghambat laju permainan.5.
  • Heading Menyundul bola atau heading biasanya dilakukan Ketika pemain ingin mencetak gol atau membuang bola.
  • Metode ini dapat dilakukan menggunakan 3 bagian kepala, diantaranya bagian depan, sisi kiri dahi dan sisi kanan dahi.6.

Throw in Lemparan ke dalam atau throw in dapat dilakukan jika bola bergulir melampaui garis pinggir lapangan. Tujuan dari throw in adalah melanjutkan kembali permainan akibat dari bola yang telah keluar dari lapangan. Rekor Pertemuan Indonesia U23 vs Thailand U23 (Bola.com/samsul hadi) : Berapakah Berat Bola Ukuran 3?

Apa tugas pemain depan?

Penyerang – Posisi dalam sepakbola yang biasa disebut ujung tombak dinamakan penyerang. Pemain yang bertugas mencetak gol dalam sepak bola adalah penyerang atau striker. Selain itu, seorang pemain yang bertugas untuk merusak pertahanan lawan dan mencetak gol adalah penyerang. Penyerang dalam sepak bola terbagi menjadi tiga jenis, yakni:

Penyerang tengah, Seorang penyerang tengah atau striker adalah ujung tombak sebuah tim sepak bola. Ia bergerak di sekitar kotak penalti dan tugasnya adalah menyelesaikan serangan. Penyerang bayangan, Tugas penyerang bayangan atau second striker adalah mendukung penyerang tengah. Ia biasanya akan lebih banyak bergerak di belakang penyerang utama. Penyerang sayap, Penyerang sayap atau wing forward merupakan posisi yang sangat populer di sepak bola, khususnya dalam formasi yang menggunakan tiga penyerang. Pemain ini akan menyerang atau melakukan tusukan dari sisi sayap. Contoh pemain berposisi penyerang sayap adalah Arjen Robben dan Lionel Messi.

Baca juga: Masseur dalam Sepak Bola Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Siapa pendiri pertama sepak bola Indonesia?

KOMPAS.com – Tahukah Anda, siapa Ketua Umum pertama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)? Dia adalah Soeratin Sosrosoegondo. Soeratin Sosrosoegondo menjadi ketua pertama PSSI pada masa-masa awal berdirinya organisasi ini, yakni 19 April 1930.

Soeratin menjabat untuk masa waktu 10 tahun, sejak 1930-1940. Selain ketua pertama, pria kelahiran Yogyakarta, 17 Desember 1898 ini juga merupakan salah satu pendiri PSSI. Mari mengenal lebih jauh sosok Soeratin. Seorang insinyur Soeraton adalah anak dari seorang guru dan pengarang buku bernama R. Soesrosoegondo.

You might be interested:  Mengapa Olahraga Lari Sangat Penting Untuk Kesehatan?

Kemudian ia menikahi R.A. Srie Woelan yang merupakan adik kandung Dr. Soetomo, tokoh utama pendiri organisasi Budi Utomo. Soeratin merupakan seorang insinyur sipil yang menyelesaikan pendidikannya di sebuah sekolah tinggi teknik di Heckelenburg, Jerman pada tahun 1927.

Sebelumnya, ia mengenyam pendidikan di Koningen Wilhelmina School (KWS) selama 5 tahun. Dikutip dari laman resmi PSSI, setahun setelah menyelesaikan pendidikan di KWS, Soeratin kembali ke Indonesia dan bekerja di sebuah perusahaan bangunan milik Belanda di Yogyakarta, Sizten en Lausada. Dia menjadi satu-satunya orang Indonesia yang duduk di posisi tinggi sejajar komisaris dalam perusahaan itu, bersanding dengan orang-orang dari bangsa lain.

Selama bergabung di sana, Soeratin sempat terlibat dalam proyek pembangunan gedung dan jembatan di Tegal, Jawa Tengah dan Bandung, Jawa Barat. Tidak lama bekerja di perusahaan tersebut, Soeratin aktif di ranah pergerakan. Gagas pembentukan organisasi sepak bola Kegemarannya akan sepak bola dan kecintaannya terhadap Tanah Air mendorongnya untuk menjadikan olahraga itu sebagai media pemersatu kaum muda Indonesia.

Kala itu, untuk menentang kolonialisme Belanda yang masih terjadi. Berlandaskan semangat Sumpah Pemuda, ia bergerak secara diam-diam untuk bertemu dengan sejumlah tokoh di bidang sepak bola di beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Solo. Pergerakan diam-diam ini dimaksudkan untuk menghindari sergapan Polisi Belanda (PID).

Pembicaraan mengenai perlunya membentuk sebuah organisasi sepak bola nasional dimatangkan saat Soeratin bertemu dengan Ketua Voetbalbond Indonesische Jakarta (VIJ) Soeri di Hotel Binnenhof di kawasan Kramatjati, Jakarta. Di kota-kota lainnya, Soeratin bertemu dengan sejumlah tokoh pergerakan yang dilakukan menggunakan jasa kurir, lagi-lagi dalam upaya menghindari sergaan PID.

  1. Singkat cerita, pada 19 April 1930, tokoh-tokoh dari sejumlah organisasi sepak bola daerah berkumpul di Yogyakarta.
  2. Organisasi itu adalah VIJ, Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (BIVB), Persatuan Sepak Bola Mataram Yogyakarta (PSM), Vortendlandsche Voetbal Bond Solo (VVB), Madionsche Voetbal Bond (MVB), Indonesische Voetbal Magelang (IVBM), dan Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB).

Pada saat itulah PSSI pertama kali terbentuk. Ketika itu, PSSI merupakan singkatan dari Persatoean Sepak Raga Seloeroeh Indonesia. Hingga kemudian disepakati “Sepak Raga” diubah menjadi “Sepak Bola” dalam Kongres PSSI di Solo tahun 1930. Pada kongres itu, Soeratin juga ditetapkan sebagai ketua umum PSSI.

  1. Setelah itu, mulai tahun 1931, PSSI menyelenggarakan kompetisi sepak bola yang mempertemukan klub-klub dari daerah di Indonesia secara rutin.
  2. Sebagai seorang yang memiliki jasa dalam terbentuknya PSSI, nama Soeratin hingga saat ini masih dikenang dalam dunia persebakbolaan nasional, yakni dijadikan nama trofi dalam kompetisi bola junior nasional.

Ya, Piala Suratin. Akhir hidup Soeratin Namun, di akhir masa hidupnya Soeratin harus berjuang dalam sakit dan kemiskinan yang membelenggunya. Dikutip dari Harian Kompas edisi 8 Juli 2006, Suratin tinggal di rumah berdiding anyaman bambu berukuran 4×6 meter di Jalan Lombok, Bandung.

  1. Ediamannya sempat diobrak-abrik oleh Belanda karena ia aktif sebagai anggota Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan pangkat Letnan Kolonel.
  2. Ia akhirnya meninggal pada tahun 1959, karena tidak lagi mampu menebus obat untuk sakit yang dideritanya.
  3. Tak ada yang ditinggalkan selepas kematiannya, selain PSSI, organisasi yang ia dirikan atas dasar cinta kepada Indonesia.

Sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/02/084842365/mengenal-soeratin-sosrosoegondo-ketua-umum-pertama-pssi-insinyur-pencinta?page=3, Penulis : Luthfia Ayu Azanella Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Bagaimana sejarah sepak bola bisa masuk ke Indonesia?

KONTAN.CO.ID – Sejarah sepak bola Indonesia dimulai sejak masa Hindia Belanda. Sepak bola pertama kali masuk di Indonesia pada 1914. Setelah itu, sejarah sepak bola Indonesia semakin berkembang dengan didirikannya PSSI. PSSI sendiri juga sudah terbentuk sejak 1930, saat masa penjajahan Belanda.

Permainan sepak bola terdiri atas berapa?

Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan sebagian pemain cadangan.

Kapan sepak bola Indonesia dimulai?

Sejarah Sepak Bola di Indonesia – Kapan Sepak Bola Masuk Ke Indonesia Foto: Unsplash.com Quipperian, sepak bola Indonesia dimulai sejak tahun 1914, kala itu negara kita, Indonesia masih dijajah oleh pemerintah Hindia Belanda. Kompetisi antar kota di jawa tersebut hanya dijuarai oleh dua tim atau didominasi dua tim saja, yaitu Batavia City, Soerabaja City.

Nah, sejarah sepak bola modern Indonesia sendiri dimulai pada 19 April 1930, yakni ketika PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) terbentuk. Persatuan ini terbentuk di Yogyakarta dan diketuai oleh Soeratin Sosrosoegondo. Bisa dibilang, PSSI lahir, karena adanya kepentingan para politisi bangsa yang baik secara langsung maupun tidak, menentang penjajahan dengan strategi menyemai benih – benih nasionalisme di hati para pemuda Indonesia melalui olahraga sepak bola.

Singkat cerita, pasca Soeratin Sosrosoegondo wafat, tim nasional sepak bola Indonesia tidak banyak mencetak prestasi, sebab pembinaannya tidak dibarengi dengan pengembangan organisasi dan kompetisi. Di era sebelum tahun 1970-an, pemain-pemain sepak bola Indonesia bahkan sempat bersaing dalam kompetisi internasional.

  1. Sebut saja Ronny Pattinasarani, Tan Liong Houw, Ramang, dan Sucipto Suntoro.
  2. Lalu, seiring berjalannya waktu, PSSI memperluas kompetisi dalam negeri, misalnya dengan menyelenggarakan Liga Super Indonesia, aktif mengadakan kompetisi sepak bola wanita, dan kompetisi dalam kelompok usia tertentu (U-15, U-17, U-19, dst).

Sayangnya, sejarah panjang sepakbola Indonesia belum mampu mengubah prestasi sepak bola Indonesia di kancah internasional. Butuh manajemen bola yang bertekad untuk merubah institusi sepak bola Indonesia menjadi lebih baik lagi. Namun, tidak ada kata terlambat bagi kita sebagai generasi penerus untuk menyelamatkan dan meraih tempat di kancah internasional.

Kapan sepak bola sudah dikenal?

Bolapedia: Sejarah Masuknya Sepak Bola di Indonesia Selasa, 09 November 2021, 21:06 WIB Sejarah masuknya sepak bola di Indonesia sudah dimulai sejak zaman penjajahan. DIBANDING negara lain, sejarah justru sudah dimulai sejak negara bernama Idonensia ada. Tapi, belum ada kepastian kapan masuk ke Indonesia karena masih ada versi berbeda, meski semua sepakat jika Belanda yang membawa olahraga tersebut ke Indonesia.

  • Tapi, besar kemungkinan sepak bola sudah dikenal sebelum tahun 1900 an, bahkan seperti dilansir dari nationalgeographic Indonesia, pada 1886 sudah ada dan Victoria di Surabaya.
  • Meski masih menurut sumber yang sama, Gymnastiek Vereeniging adalah klub pertama yang berdiri di Medan yang sudah ada sebelum Sparta dan Victoria.

Baca Juga : Klub-klub kecil atau bond (perserikatan), mulai menjalankan kompetisi lokal atau yang disebut Stedenwedstrijden. Kompetisi lokal tersebut mulai bergulir sekitar 1900, yang kemudian melahirkan klub klub di berbagai daerah. Dari situ. perkumpulan itu menghasilkan club besar di tiap wilayah yang terdiri dari Batavia (Jakarta), Bandoeng (Bandung), Soerabaja (Surabaya), Semarang, Malang, Soekaboemi, dan Djogjakarta.

Perkumpulan itu membentuk NIVB. NIVB pada tahun 1936 berubah nama menjadi berubah Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU). Organisasi tersebut senantiasa mengadakan pertandingan sejak tahun 1914 hingga 1950. Dalam waktu yang sama, terdapat 3 organisasi sepak bola di Indonesia. NIVU,, dan HNVB yang merupakan organisasi sepak bola warga tionghoa dia Indonesia.

Baca Juga : Tetapi Sebagai pemilik lisensi sepak bola dunia hanya mengakui NIVU sebagai ‘payung’ salah satu olahraga bola besar di Indonesia. Hal itu ditandai dengan NIVU yang pada tahun 1938 mengirim tim untuk mewakili Indonesia pada Piala Dunia tahun 1938. Dengan nama Dutch East Indies, 9 orang pemain terdiri dari warga pribumi dan Tionghoa.

Kedatangan Jepang pada tahun 1943 mau tidak mau membubarkan NIVU di Indonesia. Tetapi NIVU sempat hadir kembali dengan nama ISNIS kala Jepang menyerah dengan usaha kemerdekaan Indonesia kirasan tahun 1945-1950. Melalui usaha diplomasi yang sangat besar untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia di mata internasional, diresmikan dengan pengakuan PBB atas Indonesia membawa angin segar dalam dunia olahraga.

Sejak tahun 1952, FIFA meresmikan PSSI sebagai induk organisasi sepak bola di Indonesia, bukan lagi NIVU. PSSI sendiri berdiri di Yogyakarta pada 19 April 1930. Berdirinya PSSI diprakarsai seorang insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo, lulusan Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg Jerman tahun 1927.

You might be interested:  Olahraga Yang Bisa Menambah Berat Badan?

Bagaimana sejarah masuknya sepak bola di Indonesia?

Bolapedia: Sejarah Masuknya Sepak Bola di Indonesia Selasa, 09 November 2021, 21:06 WIB Sejarah masuknya sepak bola di Indonesia sudah dimulai sejak zaman penjajahan. DIBANDING negara lain, sejarah justru sudah dimulai sejak negara bernama Idonensia ada. Tapi, belum ada kepastian kapan masuk ke Indonesia karena masih ada versi berbeda, meski semua sepakat jika Belanda yang membawa olahraga tersebut ke Indonesia.

  1. Tapi, besar kemungkinan sepak bola sudah dikenal sebelum tahun 1900 an, bahkan seperti dilansir dari nationalgeographic Indonesia, pada 1886 sudah ada dan Victoria di Surabaya.
  2. Meski masih menurut sumber yang sama, Gymnastiek Vereeniging adalah klub pertama yang berdiri di Medan yang sudah ada sebelum Sparta dan Victoria.

Baca Juga : Klub-klub kecil atau bond (perserikatan), mulai menjalankan kompetisi lokal atau yang disebut Stedenwedstrijden. Kompetisi lokal tersebut mulai bergulir sekitar 1900, yang kemudian melahirkan klub klub di berbagai daerah. Dari situ. perkumpulan itu menghasilkan club besar di tiap wilayah yang terdiri dari Batavia (Jakarta), Bandoeng (Bandung), Soerabaja (Surabaya), Semarang, Malang, Soekaboemi, dan Djogjakarta.

  • Perkumpulan itu membentuk NIVB.
  • NIVB pada tahun 1936 berubah nama menjadi berubah Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU).
  • Organisasi tersebut senantiasa mengadakan pertandingan sejak tahun 1914 hingga 1950.
  • Dalam waktu yang sama, terdapat 3 organisasi sepak bola di Indonesia.
  • NIVU,, dan HNVB yang merupakan organisasi sepak bola warga tionghoa dia Indonesia.

Baca Juga : Tetapi Sebagai pemilik lisensi sepak bola dunia hanya mengakui NIVU sebagai ‘payung’ salah satu olahraga bola besar di Indonesia. Hal itu ditandai dengan NIVU yang pada tahun 1938 mengirim tim untuk mewakili Indonesia pada Piala Dunia tahun 1938. Dengan nama Dutch East Indies, 9 orang pemain terdiri dari warga pribumi dan Tionghoa.

  1. Edatangan Jepang pada tahun 1943 mau tidak mau membubarkan NIVU di Indonesia.
  2. Tetapi NIVU sempat hadir kembali dengan nama ISNIS kala Jepang menyerah dengan usaha kemerdekaan Indonesia kirasan tahun 1945-1950.
  3. Melalui usaha diplomasi yang sangat besar untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia di mata internasional, diresmikan dengan pengakuan PBB atas Indonesia membawa angin segar dalam dunia olahraga.

Sejak tahun 1952, FIFA meresmikan PSSI sebagai induk organisasi sepak bola di Indonesia, bukan lagi NIVU. PSSI sendiri berdiri di Yogyakarta pada 19 April 1930. Berdirinya PSSI diprakarsai seorang insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo, lulusan Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg Jerman tahun 1927.

Apa itu ‘payung’ sepak bola di Indonesia?

Bolapedia: Sejarah Masuknya Sepak Bola di Indonesia Selasa, 09 November 2021, 21:06 WIB Sejarah masuknya sepak bola di Indonesia sudah dimulai sejak zaman penjajahan. DIBANDING negara lain, sejarah justru sudah dimulai sejak negara bernama Idonensia ada. Tapi, belum ada kepastian kapan masuk ke Indonesia karena masih ada versi berbeda, meski semua sepakat jika Belanda yang membawa olahraga tersebut ke Indonesia.

Tapi, besar kemungkinan sepak bola sudah dikenal sebelum tahun 1900 an, bahkan seperti dilansir dari nationalgeographic Indonesia, pada 1886 sudah ada dan Victoria di Surabaya. Meski masih menurut sumber yang sama, Gymnastiek Vereeniging adalah klub pertama yang berdiri di Medan yang sudah ada sebelum Sparta dan Victoria.

Baca Juga : Klub-klub kecil atau bond (perserikatan), mulai menjalankan kompetisi lokal atau yang disebut Stedenwedstrijden. Kompetisi lokal tersebut mulai bergulir sekitar 1900, yang kemudian melahirkan klub klub di berbagai daerah. Dari situ. perkumpulan itu menghasilkan club besar di tiap wilayah yang terdiri dari Batavia (Jakarta), Bandoeng (Bandung), Soerabaja (Surabaya), Semarang, Malang, Soekaboemi, dan Djogjakarta.

Perkumpulan itu membentuk NIVB. NIVB pada tahun 1936 berubah nama menjadi berubah Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU). Organisasi tersebut senantiasa mengadakan pertandingan sejak tahun 1914 hingga 1950. Dalam waktu yang sama, terdapat 3 organisasi sepak bola di Indonesia. NIVU,, dan HNVB yang merupakan organisasi sepak bola warga tionghoa dia Indonesia.

Baca Juga : Tetapi Sebagai pemilik lisensi sepak bola dunia hanya mengakui NIVU sebagai ‘payung’ salah satu olahraga bola besar di Indonesia. Hal itu ditandai dengan NIVU yang pada tahun 1938 mengirim tim untuk mewakili Indonesia pada Piala Dunia tahun 1938. Dengan nama Dutch East Indies, 9 orang pemain terdiri dari warga pribumi dan Tionghoa.

Kedatangan Jepang pada tahun 1943 mau tidak mau membubarkan NIVU di Indonesia. Tetapi NIVU sempat hadir kembali dengan nama ISNIS kala Jepang menyerah dengan usaha kemerdekaan Indonesia kirasan tahun 1945-1950. Melalui usaha diplomasi yang sangat besar untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia di mata internasional, diresmikan dengan pengakuan PBB atas Indonesia membawa angin segar dalam dunia olahraga.

Sejak tahun 1952, FIFA meresmikan PSSI sebagai induk organisasi sepak bola di Indonesia, bukan lagi NIVU. PSSI sendiri berdiri di Yogyakarta pada 19 April 1930. Berdirinya PSSI diprakarsai seorang insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo, lulusan Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg Jerman tahun 1927.

Related Post