Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Olahraga Yang Menggunakan Bola Dari Rotan?

Olahraga Yang Menggunakan Bola Dari Rotan?

Olahraga Yang Menggunakan Bola Dari Rotan
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sepak takraw

Induk organisasi ISTAF
Pertama dimainkan Malaysia dan Thailand
Karakteristik
Anggota tim 2-4 orang per tim
Gender campuran tunggal
Kategori dalam ruangan, pantai
Peralatan bola rotan
Keberadaan
Olimpiade (tidak ada sepak takraw olympic)

Sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli, dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis, dan pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan. Kejuaraan paling bergengsi dalam cabang ini adalah King’s Cup World Championships, yang terakhir diadakan di Bangkok, Thailand,

Bola Sepak takraw Terbuat dari bahan apa?

Aturan Sepak Takraw – Baca juga: Cara Melakukan Servis Atas pada Sepak Takraw Sepak takraw merupakan suatu permainan yang menggunakan bola yang terbuat dari rotan, dimainkan di atas lapangan yang datar. Ukuran lapangan sepak takraw adalah panjang 13,40 m dan lebar 6,10 m.

  1. Ditengah-tengah dibatasi oleh jaring net setinggi 1,55 m.
  2. Dalam permainan ini yang dipergunakan terutama kaki dan semua anggota badan kecuali tangan.
  3. Tujuan dari permainan sepak takraw adalah mengembalikan bola sedemikian rupa sehingga dapat jatuh di lapangan lawan atau menyebabkan lawan membuat pelanggaran atau bermain salah.

Sepak takraw dimainkan dua tim yang berlawanan. Setiap tim bisa diisi oleh 2-4 pemain tergantung peraturan yang disetujui. Baca juga: Jenis-jenis Teknik Sepakan dalam Permainan Sepak Takraw Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Bola takraw termasuk permainan bola apa?

Materi permainan sepak takraw merupakan salah satu materi yang termasuk kedalam permainan bola besar.

Apa itu sepak takraw?

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi KOMPAS.com – Sepak Takraw merupakan salah satu olahraga tradisional yang berasal dari negara di Kawasan Asia Tenggara. Permainan ini telah ada sejak abad ke-15. Seiring perjalanan waktu, permainan ini mulai berkembang dan mulai ditandingkan dalam turnamen internasional, seperti SEA Games dan Asian Games.

Sepak takraw adalah permainan bola kecil yang memadukan dua teknik olahraga populer, yakni voli dan sepak bola. Permainan bola takraw mirip bola voli, tetapi untuk menyerang dan bertahan lebih banyak menggunakan kaki. Istilah sepak takraw tersusun dari kata “sepak” yang berarti menendang dalam bahasa Melayu dan “takraw” yang berarti bola rotan dalam bahasa Thailand.

Tujuan dari permainan ini adalah menendang bola melewati net dan ke lapangan lawan untuk mencetak poin. Berbeda dari olahraga voli, pemain sepak takraw tidak boleh melakukan kontak bola dengan tangan atau lengan. Pemain hanya diperbolehkan untuk menggunakan kaki, kepala, dan dada untuk menyentuh bola.

You might be interested:  Ada Berapa Cabang Olahraga Permainan Bola Kecil?

Bola Sepakbola terbuat dari apa?

Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan sebagian pemain cadangan.

Lapangan bola terbuat dari apa?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Ukuran luas lapangan sepak bola yang sering dipakai adalah 105×68 m (115×74 yd) atau berukuran 7140 meter persegi. Lapangan pertandingan sepak bola (juga dikenal sebagai football field atau lapangan hijau ) adalah permukaan tanah lapang untuk pertandingan sepak bola yang umumnya berupa lapangan rumput alami atau rumput sintetis,

  • Aturan mengenai bentuk dan ketentuan lebih lanjut tercantum dalam pasal pertama dari LOTG, ” The Field of Play “.
  • Semua wilayah di dalam garis lapangan pada lapangan adalah bagian dari area permainan.
  • Pelanggaran yang dilakukan di bagian seluas 16,5 meter (18 yard) pada pertahanan tim (area penalti) dapat menghasilkan tendangan penalti.

Oleh karena itu, bola harus benar-benar melewati garis lapangan untuk keluar dari area permainan, maka bola harus sepenuhnya telah melewati garis gawang (antara dua tiang gawang) saat gol disahkan; jika ada sebagian dari bola yang masih berada di garis gawang, bola tersebut masih dalam area permainan.

  1. Meskipun sering dimaknai sebagai garis dalam antara kedua tiang gawang, garis gawang sebenarnya diukur dari kedua ujung lapangan, dari satu bendera sudut ke bendera yang lain.
  2. Sedangkan, garis byline merujuk pada garis gawang di luar area gawang.
  3. Sisi kanan dan kiri lapangan yang membatasi antara wilayah permainan dan wilayah luar disebut “garis lapangan” (panjang lapangan), sementara sisi lain (lebar lapangan) di area pertahanan disebut garis gawang.

Panjang lapangan harus berukuran antara 90 hingga 120 meter (100 hingga 110 meter untuk pertandingan resmi tingkat internasional), dan lebar lapangan antara 45 hingga 90 meter (64 dan 75 meter untuk pertandingan resmi tingkat internasional) dan harus berbentuk persegi panjang.

Semua garis harus memiliki luas yang sama dan tidak melebihi 12 cm (5 inchi). Keempat sudut lapangan harus dibatasi oleh bendera sudut. Lingkaran pusat adalah istilah lain untuk garis melingkar dengan jari-jari 9.5 m (10 yard) di tengah area lapangan. Pada bulan Maret 2008, IFAB mencoba untuk mengadakan standardisasi ukuran lapangan sepak bola.

Lapangan untuk pertandingan internasional disebut harus memiliki ukuran 105 x 68 meter. Akan tetapi, pada pertemuan khusus IFAB berikutnya disepakati bahwa penerapan standardisasi ini akan ditunda, menunggu penghitungan dan kesepakatan oleh seluruh anggota di tingkat internasional.

Berapa jenis permainan bola?

Macam-Macam Permainan Bola Besar Senin, 01 Agustus 2022, 20:20 WIB Sepak Bola Adalah Salah Satu Contoh Permainan Bola Besar (REUTERS) Macam-macam bisa dikategorikan berdasarkan ukuran bola yang digunakan. Permainan bola memiliki dua macam jenis, di antaranya permainan dan bola kecil.

You might be interested:  Olahraga Yang Dilarang Untuk Penderita Asma?

Apa tujuan bola takraw?

Tujuan dari permainan ini adalah menendang bola melewati net dan ke lapangan lawan untuk mencetak poin. Berbeda dari permainan bola voli, pemain sepak takraw tidak boleh melakukan kontak bola dengan tangan atau lengan. Namun, pemain diperbolehkan untuk menggunakan kaki, kepala, dan dada untuk menyentuh bola.

Bagaimana permainan bola takraw?

Peraturan – Peraturannya sama dengan bola voli dengan perbedaan sebagai berikut.

  1. Pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan.
  2. Pemain atau tim hanya boleh menyentuh bola 3 kali berturut-turut.
  3. Posisi pemain bertahan tidak diputar.
  4. Angka kemenangan setiap set maksimum 21 angka, kecuali pada saat posisi angka 20-20, pemenang akan ditentukan pada saat selisih dua angka sampai batas akhir 25 poin, ketika 20-20 wasit utama menyerukan batas angka 25 poin.
  5. Apabila masing-masing regu memenangkan satu set, maka pemain akan dilanjutkan dengan set “Tie Break” dengan 15 poin kecuali pada posisi 14-14, pemenang akan ditentukan pada selisih dua angka sampai batas akhirnya angka 17.

Apa bentuk bola dalam permainan sepak bola?

Komponen dalam Permainan Sepak Bola Halo, Sobat SMP! Sepak bola adalah salah satu permainan olahraga primadona yang sangat digemari masyarakat. Mungkin Sobat SMP juga gemar menonton atau memainkan permainan olahraga yang satu ini. Tak ayal, menurut data World Atlas sepak bola menduduki peringkat satu olahraga yang paling digemari di dunia dengan jumlah penggemar mencapai 4 miliar orang, diikuti dengan olahraga kriket dan hoki di angka 2,5 miliar dan 2 miliar.

  1. Sepak bola mudah digemari karena tak memerlukan perlengkapan yang mahal seperti olahraga lainnya.
  2. Hanya bermodalkan sepatu dan juga bola, olahraga ini sudah bisa dilakukan.
  3. Namun, jika berbicara ideal diperlukan komponen-komponen lainnya seperti berikut ini.
  4. Pemain Sepak bola dimainkan oleh dua regu di mana setiap regu terdiri dari 11 pemain utama (10 pemain dan 1 kiper).

Namun, jumlah pemain dapat disesuaikan dengan tingkatan usia pertandingan atau kompetisi yang dilangsungkan. Pada pertandingan resmi sekurang-kurangnya harus tujuh orang pemain pada saat dimulainya permainan ( kick off ). Setiap pemain juga bisa digantikan oleh pemain cadangan ketika permainan setelah dimulai.

Lapangan Permainan sepak bola dapat dilakukan di lapangan rumput alami atau rumput sintetis. Bahkan, permainan sepak bola juga dapat dimainkan di lapangan yang tidak berumput atau tanah, asalkan permukaan lapangan rata, tidak berbatu, tidak terdapat penghalang, dan tidak ada benda-benda yang bisa mencederai pemain.

Secara umum lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang. Panjang lapangan sekitar 100-110 meter dengan lebar lapangan 64-75 meter. Bola Bola adalah komponen utama dalam permainan sepak bola. Bola berbentuk bundar dan umumnya terbuat dari bahan kulit atau semacamnya.

  • Untuk ukuran bola, Ukuran bola yang dapat dipergunakan dalam permainan, yaitu ukuran nomor tiga, empat, atau lima.
  • Ukuran bola tersebut disesuaikan dengan tingkatan usia pertandingan.
  • Gawang Selain bola, gawang juga merupakan komponen utama yang diperlukan dalam permainan sepak bola.
  • Gawang berfungsi sebagai tempat atau tujuan akhir dari semua regu dalam menciptakan gol.
You might be interested:  Apa Manfaat Aktivitas Olahraga Bagi Remaja Dalam?

Gol tercipta apabila suatu regu yang sedang dalam penyerangan dapat memasukkan bola ke dalam gawang. Untuk ukuran lebar gawang adalah 7,32 meter dan tinggi mistar gawang ke tanah adalah 2,44 m. Wasit Wasit merupakan seorang yang mempunyai wewenang untuk memimpin jalannya suatu pertandingan olahraga.

Dalam sepak bola, seorang wasit ditemani dua hakim garis, satu wasit cadangan dan penilai wasit. Mereka semua termasuk dalam perangkat pertandingan. Waktu permainan Waktu dalam permainan sepak bola sebenarnya disesuaikan dengan umur dan juga tingkatan atau level kompetisinya. Namun, waktu permainan sepak bola secara resmi adalah 2 x 45 menit dengan jeda istirahat 15 menit.

Apabila skor masih imbang maka akan dilanjutkan dengan babak tambahan dengan waktu 2 x 15 menit. Jika skor masih tetap imbang, wasit akan menunjuk titik putih untuk dilanjutkan dengan adu penalti hingga menemukan pemenangnya. Yap, itulah tadi beberapa komponen dalam permainan olahraga sepak bola.

  • Meski cukup banyak, Sobat SMP tetap bisa bermain sepak bola tanpa harus memiliki seluruh komponen tersebut.
  • Hal yang terpenting dalam permainan sepak bola adalah prinsip kebersamaan, kerja sama tim yang baik, dan juga sportivitas.
  • Apabila ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai permainan olahraga sepak bola, Sobat SMP dapat mengunduh modul Ekstrakurikuler Sepak Bola Jenjang SMP di situs resmi Direktorat SMP.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat SMP!

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP Referensi: Modul Ekstrakurikuler Sepak Bola Jenjang SMP

: Komponen dalam Permainan Sepak Bola

Apa itu permainan bola tangan bola tangan?

Permainan bola tangan adalah permainan beregu yang dimainkan menggunakan tangan dengan cara mengoper, membawa bola, dan menembakkan bola ke dalam gawang lawan.

Regu sepak bola disebut apa?

Kesebelasan dalam pertandingan sepak bola biasa digunakan sebagai kata ganti untuk menyebut tim atau regu yang bertanding. Istilah kesebelasan pun diambil dari jumlah pemain yang dimainkan oleh-oleh masing tim.

Disebut Apa bola keluar lapangan?

Dilanjutkan oleh Chandra dan Sanoesi (2010:8) yang menyatakan bahwa melempar bola ke dalam (throw in) biasanya terjadi apabila bola keluar dari garis permainan, jika di garis gawang maka disebut bola gawang, jika di garis samping lapangan disebut bola keluar ( out ball ).

Berapa berat bola sepak takraw untuk putra?

10. Bola Takraw terbuat dari plastik (sytetic fibre) dimana awalnya adalah Page 2 terbuat dari rotan. Lingkaran 42-44 cm(putra) dan 43-45 cmm(putri). Berat adalah 170-180 gr (putra) dan 150-160 gr (putri).

Related Post