Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Salah Satu Olahraga Yang Mudah Dilakukan Adalah?

Salah Satu Olahraga Yang Mudah Dilakukan Adalah?

Salah Satu Olahraga Yang Mudah Dilakukan Adalah
Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Itulah salah satu ungkapan yang mengingkatkan kepada kita semua bahwa olahraga merupakan kegiatan yang penting bagi kita smeua. Sebagaimana yang dilansir oleh situs berita online https://www.pikiran-rakyat.com, menyebutkan, Badan yang sehat merupakan cerminan dari gaya hidup yang sehat.

  • Dalam ulasan artikel yang berjudul “Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah” situs berita online itu merilis sejumlah bentuk olahraga yang bisa dilaksanakan di rumah.
  • Berikut gerakan olahraga dirumah sangat sederhana, namun sangat efektif bagi Anda yang ingin memiliki tubuh sehat dan bugar. Berikut beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan dirumah:
  • 1. Jogging

Anda tidak harus membeli alat treadmill agar bisa jogging dirumah. Cukup dengan memanfaatkan halaman di depan rumah, atau tempat yang sedikit lebih lapang untuk bisa melakukan jenis olahraga ini. Sebelum melakukan jogging, sebaiknya Anda melakukan pemanasan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti cedera pada otot.

  1. Saat melakukan gerakan ini, pastikan Anda duduk tanpa bersandar, posisi tubuh tegak, dengan tatapan lurus kedepan dan posisi perut ditarik kedepan.
  2. Gerakan ini berguna untuk melatih pernapasan dan melatih otot-otot kaki.
  3. 3. Naik-Turun Tangga

Jika rumah Anda memiliki dua lantai, Anda bisa memanfaatkan tangga yang ada untuk berolahraga. Olahraga ini, seperti olahraga jogging. Anda cukup berjalan menaiki dan menuruni tangga seperti jalan biasa. Lakukan gerakan ini secara berulang dan berirama.

Menjelang akhir olahraga, tempo berjalan sedikit lebih cepat seperti berlari. Olahraga ini bertujuan melatih otot-otot kaki.4. Push-up Olahraga ini merupakan gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan, karena anada bisa melakukannya dimana saja dengan ruangan yang kecil sekalipun. Gerakan Pus-up dimulai dengan posisi tidur tengkurap dengan tangan berada di samping kanan dan kiri badan, kemudian badan didorong keatas dengan kekuatan tangan denagn posisi badan dan kaki tetap lurus atau tegap.

Kemudian turunkan badan tanpa menyentuh lantai dengan tetap menjaga posisi badan dan kaki tetap lurus. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang. Gerakan ini berguna untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas dan kekuatan otot.5. Sit-up Sama seperti gerakan pus-up, gerakan sit-up ini juga sangat mudah dilakukan.

posisi awal untuk gerakan ini adalah Anda berbaring dengan posisi kaki ditekuk dengan posisi telapak kaki menyentuh lantai. Atau kaki bisa dalam posisi lurus, posisi tangan bisa diluruskan kedepan, disilangkan didepan dada atau di ditekuk denga posisi telapak tangan tepat di belakang kepala. Kemudian angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut, lalu turunkan Anda hingga seperti posisi semula.

Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang semampu Anda. Gerakan ini berguna untuk melatih otot dibagian perut.6. Bridge Gerakan bridge ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan lantai sebagai medianya. Posisi awal untuk gerakan ini adalah, Anda berbaring terlentang dengan posisi tangan berada disamping badan, kemudian tekuk lutut namun betis tetap lurus dengan telapak kaki menyentuh lantai.

Emudian angkat pinggul Anda hingga lurus dengan bahu, tahan selama tiga detik dan turunkan pinggul Anda secara perlahan. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang semampu yang Anda bisa. Gerakan ini berguna untuk melatih otot sekitar pinggul, dan otot bagian paha.7. Wall-sit Anda bisa memanfaatkan dinding yang ada untuk melakukan gerakan ini.

Carilah area diding yang kosong, berdirilah tegak membelakangi dinding dengan bagian punggung menempel pada dinding. Lalu turunkan badan dengan menekuk lutut sehingga tubuh seperti pada posisi duduk di kursi, setelah tiga detik berdirilah kembali. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang semampu yang Anda bisa dengan irama yang sama.

Gerakan ini berguna untuk melatih kekuatan otot perut dan otot bagian bawah tubuh. Itulah beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan dirumah, jangan lupa sebelum olahraga selalu awali dengan pemanasan. Pastikan untuk melakukannya secara rutin dan perbanyak minum air putih, untuk mendapatkan badan yang sehat dan,

Sumber Link : https://www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2017/08/10/olahraga-ringan-yang-bisa-dilakukan-di-rumah-407044 : Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah

You might be interested:  Olahraga Yang Dilakukan Di Air Disebut?

Contents

Olahraga apa yang paling mudah untuk dilakukan?

1. Gerakan Duduk Berdiri – Jenis olahraga pertama yang mudah dilakukan adalah gerakan duduk-berdiri karena hanya membutuhkan kursi sebagai alat bantu. Kamu dapat melakukan gerakan duduk selama 3 detik, lalu berdiri, dan u langi gerakan tersebut selama kurang lebih 5 menit. Sumber : Prevention.com

Apa olahraga pertama?

5. Gulat – Gulat dianggap sebagai olahraga tertua di dunia. Lukisan gua yang terkenal di Lascaux, Prancis, berasal dari 15.300 tahun yang lalu menggambarkan seorang pegulat. Jadi, bisa dikatakan bahwa gulat merupakan salah satu olahraga yang lebih populer saat itu. Salah Satu Olahraga Yang Mudah Dilakukan Adalah Di negara-negara lain seperti Jepang, sebuah fragmen papirus ditemukan dengan instruksi gulat di atasnya. Fragmen itu berasal dari suatu tempat pada medio 100 dan 200 Masehi. Adapun olahraga ini sering dimainkan untuk menentukan orang terkuat di masyarakat.

Push-up termasuk olahraga apa?

KOMPAS.com – Salah satu manfaat push-up adalah untuk melatih kekuatan otot lengan. Lantas bagaimana teknik gerakan push-up yang benar untuk melatih otot lengan? Push-up merupakan jenis latihan fisik yang menjadi pilihan banyak orang. Sebab, olahraga ini mudah dilakukan dan tidak membutuhkan peralatan khusus.

  • Dilansir dari laman Alodokter, push-up termasuk ke dalam jenis olahraga ketahanan isometrik yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggunakan benda yang tidak bergerak tanpa memicu kontraksi otot.
  • Gerakan push-up dapat melatih otot tangan dan lengan.
  • Sebab, saat melakukan gerakan push-up posisi berat badan tertumpu pada tangan.

Baca juga: Manfaat Push-up Secara Rutin Gerakan push-up sebenarnya cukup mudah dilakukan. Akan tetapi, push-up harus dilakukan dengan teknik yang benar agar tidak ada bagian tubuh yang mengalami cedera. Dilansir dari laman Bfit.co.id, gerakan push-up dibedakan menjadi tiga berdasarkan tingkat kesulitannya. Salah Satu Olahraga Yang Mudah Dilakukan Adalah PEXELS/ANDREA PIACQUADIO Latihan kekuatan juga merupakan olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. Efeknya lebih kepada komposisi tubuh.1. Push-up pemula Cara melakukan gerakan push-up tingkat pemula adalah sebagai berikut.

Berdirilah di depan tembok atau dinding yang datar. Letakkanlah telapak tangan di atas dinding. Push-up dilakukan dengan cara membengkokkan lengan sehingga membuat badan begerak maju. Luruskanlah lengan kembali Ulangi gerakan tersebut beberapa kali.

Baca juga: Sikap Awal Push-up 2. Push-up menengah Cara melakukan push-up tingkat menengah atau intermediate adalah sebagai berikut.

Posisikanlah tubuh seperti melakukan push-up sempurna, tetapi gunakanlah lutut sebagai tumpuan. Letakkanlah tangan di atas lantai secara lurus, lalu kaki diangkat dengan posisi menyilang. Gerakan push-up dilakukan dengan cara menurunkan dada secara perlahan sampai mendekati lantai, lalu diangkat kembali. Ulangilah gerakan tersebut beberapa kali.

Baca juga: Fungsi dan Manfaat Latihan Kebugaran Back-up 3. Gerakan push-up sempurna Cara melakukan gerakan push-up sempurna adalah sebagai berikut.

Sikap awal push-up yaitu dengan tubuh sejajar dengan lantai dan berat badan ditahan oleh tangan dan kaki. Letakkanlah kedua tangan di atas lantai dengan posisi kedua tangan dibuka selebar bahu. Dalam gerakan push-up sempurna, bagian kaki bertumpu pada ujung jari kaki. Pastikanlah posisi tubuh lurus secara sempurna. Gerakan push-up dilakukan dengan cara menurunkan bagian bahu secara lurus sampai membentuk siku 90 derajat. Doronglah bagian bahu dan lengan sampai lurus ke depan sambil menarik napas. Ulangi gerakan tersebut secara berulang sesuai hitungan yang diinginkan.

You might be interested:  Mengapa Olahraga Renang Digemari Oleh Anak Anak?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Seperti apa olahraga ringan?

Olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah antara lain jalan di tempat, naik turun tangga, jumping jacks, lompat tali, senam leher, peregangan dada, step touch, hingga menari. Olahraga ringan bisa menjaga kebugaran sekaligus membantu meraih berat badan ideal.

Olahraga apa yang bikin sehat?

Sempatkan diri Anda berolahraga. Olahraga bukan hanya untuk menurunkan berat badan. Pentingnya olahraga bagi kesehatan lebih dari itu. Olahraga merupakan gerak badan untuk menguatkan otot dan tulang, serta menyehatkan tubuh. Olahraga yang bisa Anda lakukan sendiri antara lain lari, berenang, bersepeda, atau jalan cepat.

Sedangkan olahraga yang dilakukan bersama orang lain seperti sepak bola, bulu tangkis, tenis meja, dan masih banyak lagi. Apapun olahraganya, mengaktifkan seluruh anggota tubuh bermanfaat secara fisik, mental, dan panjang umur. Tak terkecuali lima manfaat olahraga di bawah ini, yang terkadang dilupakan atau disepelekan.

Membuat Kulit Sehat Ingin kulit terlihat sehat dan glowing ? Olahraga. Pasalnya, olahraga moderat secara teratur dapat meningkatkan aliran darah sekaligus produksi antioksidan alami tubuh. Fungsi antioksidan dapat melindungi sel-sel, termasuk sel kulit.

  • Alhasil kulit pun sehat dan glowing,
  • Imbangi berolahraga dengan mengonsumsi beragam sayuran dan buah beri (stroberi, blackberry, raspberry, blueberry ) yang kaya akan antioksidan sekaligus makanan yang baik untuk penyakit jantung.
  • Baik Untuk Otak dan Memori Terkesan sepele, tetapi berolahraga akan memperbaiki fungsi otak dan memori.

Secara teknis, berolahraga akan menambah detak jantung yang meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Di sisi lain, kegiatan fisik ini menstimulasi produksi hormon yang memperbanyak pertumbuhan sel otak. Alhasil olahraga dapat memperbaiki fungsi otak dan melindungi memori untuk berpikir.

  1. Sebaliknya, jika Anda malas berolahraga dan kurang menjaga asupan bernutrisi akan membuat tubuh obesitas.
  2. Bukan tidak mungkin tubuh terserang hipertensi, diabetes, atau stroke.
  3. Membantu Relaksasi Ketegangan yang terjadi selama di kantor dapat membuat Anda lelah, pusing, bahkan mengganggu waktu tidur.
  4. Tak sedikit yang menyepelekan kurang tidur atau tidur cukup tetapi ketika bangun, kepala menjadi pusing.

Hal terburuk akan membuat emosi Anda tidak stabil, hubungan dengan rekan kerja terganggu, hingga mempengaruhi psikis. Jika demikian, Anda membutuhkan relaksasi. Dan relaksasi bisa Anda dapatkan dengan olahraga. Olahraga dapat merangsang proses relaksasi ketika seseorang tidur.

Peningkatan suhu tubuh selama berolahraga juga dianggap meningkatkan kualitas tidur. Selain relaksasi, berikan ketenangan jiwa pada diri Anda. Dengan cara memiliki Asuransi Kesehatan dari Prudential Indonesia. Ibarat pertemanan, Asuransi Kesehatan adalah sahabat yang mendukung kala Anda sukses. Selalu membantu ketika Anda jatuh.

Dan merasa tenang saat ia berada di sisi Anda. Lebih Bahagia Olahraga menambah sensitivitas otak untuk hormon serotonin, norepinefrin, dan endorfin, Hormon tersebut membuat seseorang bahagia, memperbaiki mood, dan menekan rasa cemas serta stress. Bagi pasien yang menderita kegelisahan, disarankan untuk rutin berolahraga.

  • Arena aktivitas fisik mampu mengurangi rasa gelisah, tak peduli seberapa tinggi intensitas gerakan olahraganya.
  • Menambah Energi Olahraga dapat membuat seseorang lelah.
  • Di sisi lain, olahraga juga bisa menambah energi, entah orang tersebut sakit atau sedang sakit.
  • Tentu pemilihan jenis olahraga disesuaikan dengan kondisi tubuh, kebiasaan, serta usia.

Bahkan olahraga teratur dapat menambah energi bagi orang-orang yang menderita sindrom kelelahan kronis. Olahraga memberikan manfaat luar biasa. Olahraga secara rutin, minimal tiga kali dalam seminggu, dapat meningkatkan setiap sisi kesehatan Anda.

Olahraga apa olah raga?

Menurut KBBI, kata ‘olahraga’ merupakan ejaan yang satunya ditulis serangkai, tanpa spasi. Sehingga penulisan kata yang baku adalah ‘olahraga’ bukan ‘olah raga’.

You might be interested:  Olahraga Yang Paling Mudah Dan Murah Adalah?

Aktivitas fisik Ada 3 Apa saja berikan contohnya?

Mengenal Jenis Aktivitas Fisik 23 Juni 2018 | Dilihat 199113 Kali Salah Satu Olahraga Yang Mudah Dilakukan Adalah Mengenal Jenis Aktivitas Fisik Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab utama dari penyakit tidak menular adalah kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan. PTM yang masih menjadi hantu di Indonesia antara lain seperti diabetes melitus, hipertensi, penyakit jantung koroner, gagal ginjal, dan juga stroke.

  • Padahal penyakit tersebut sebenarnya bisa dikurangi resikonya dengan banyak melakukan aktivitas fisik dalam kehidupan harian Anda.
  • Oleh karena itu pemerintah melalui Kemenkes RI memiliki program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat.
  • Secara umum aktivitas fisik dibagi menjadi tiga macam, yaitu aktivitas fisik sehari-hari, aktivitas fisik dengan latihan, dan juga olahraga.

3 Jelaskan apa itu aktivitas fisik ringan beserta contohnya?

Contoh mudah aktivitas fisik ringan – WHO mendefinisikan aktivitas fisik sebagai setiap gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka yang membutuhkan energi. Sementara itu, aktivitas fisik ringan didefinisikan dengan kegiatan yang hanya memerlukan sedikit tenaga dan tidak menyebabkan perubahan dalam pernapasan.

Apa itu olahraga push?

Ini Manfaat Push Up Untuk Kesehatan dan Memperkuat Otot Salah Satu Olahraga Yang Mudah Dilakukan Adalah Push-up adalah salah satu latihan sangat sederhana yang dapat dilakukan dirumah dan tidak membutuhkan alat olahraga yang mahal. Push up menjadi olahraga ketahanan isometrik, yakni melakukan gerakan dengan memakai benda yang tidak bergerak untuk mendorong kontraksi otot tubuh.

Olahraga apa yang paling sulit dilakukan?

1. Tinju – Terakhir olahraga paling susah adalah tinju. Olahraga satu ini tentunya pemain harus terlatih dari segi taktik maupun kesimbangan pada tubuhnya. Kemudian tinju tidak bisa sembarangan saat melakukannya. Butuh keberanian dan mental yang kuat khususnya saat berduel dalam kompetisi bergengsi. Sedapat mungkin harus terus fokus dan tidak mudah terkecoh pihak lawan. Baca Juga : Salah Satu Olahraga Yang Mudah Dilakukan Adalah Demikian pembahasan olahraga tersulit di dunia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Editor : Hafid Fuad Follow Berita Sportstars di : 5 Olahraga Paling Susah di Dunia – Sportstars.Id

Berapa lama olahraga untuk pemula?

Berapa Lama Sebaiknya Kita Berolahraga? Ini Durasi Tepat untuk Pemula Jakarta – Apa detikers tahu, berapa lama sebaiknya kita ? Pada umumnya, seseorang melakukan olahraga di pagi, sore, atau malam hari. Biasanya, waktu berolahraga ini menyesuaikan dengan kesibukan dan jadwal.

  • Mengutip dari laman resmi Kemenkes, orang yang berolahraga di pagi hari akan memiliki semangat serta energi lebih besar ketika menjalani aktivitas di hari tersebut.
  • Sementara, berolahraga di sore hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam harinya.
  • Walau begitu, disarankan juga untuk menghindari segala bentuk aktivitas olahraga ketika mendekati jam tidur.

Sebetulnya, berolahraga tidak harus ke gym atau pusat kebugaran. Aktivitas seperti jalan cepat, naik turun tangga, maupun jogging juga dapat memacu metabolisme tubuh secara keseluruhan. Masih dari sumber yang sama, 30-60 menit tiap latihan. Frekuensinya dapat dilakukan 3-5 kali per minggu dengan melakukan olahraga aerobik dan anaerobik berintensitas 60-80 Denyut Jantung Maksimal (DJM).

Selama berolahraga ini, kita juga harus menyelingi dengan waktu istirahat yang cukup agar tubuh memiliki waktu untuk memulihkan kondisi. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes menyebutkan, olahraga perlu dilakukan bertahap. Mulai dari pemanasan 5-10 menit dan diikuti pendinginan 5 menit. Dalam berolahraga, seseorang juga perlu menghindari ‘overused injury’, yakni cedera dikarenakan intensitas dan durasi latihan yang berlebihan.

Menurut Kemenkes, bertambah lamanya waktu berolahraga tidak selalu memberikan hasil lebih baik dibandingkan olahraga dalam waktu yang pendek.

Berapa menit olahraga untuk pemula?

Bagi pemula, Kemenkes menyarankan untuk menentukan target per minggu sesuai kesanggupan. Karena itu, penting untuk memperhatikan tingkat kemampuan awal sebelum menentukan tingkat kekerapan dalam berolahraga. Pemula dapat memulai olahraga 10 menit per hari selama seminggu.

Related Post