Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Sebutkan Cara Memegang Raket Yang Kamu Ketahui?

Sebutkan Cara Memegang Raket Yang Kamu Ketahui?

Sebutkan Cara Memegang Raket Yang Kamu Ketahui
2. Backhand – Foto: dok. staffnew.uny.ac.id Pegangan handshake-backhand ini digunakan ketika bola mengarah ke bagian kiri Anda (jika Anda menggunakan tangan kanan).

  1. Pegang raket dengan tangan kanan seperti berjabatan tangan.
  2. Pegang kepala raket dengan tangan kiri.
  3. Putar kepala raket ke arah kanan sebesar 1/12.
  4. Inilah posisi pegangan handshake-backhand.

Bedanya dengan forehand ialah ibu jari lurus ke atas dan turun di bagian kiri atas tangan miring dari pegangan yang tidak dibungkus di sekitarnya. Posisi ibu jari ini bisa memberikan tambahan tenaga pada pukulan backhand. Posisi forehand dan backhand ini sering kali harus bergantian secara cepat sesuai arah datangnya kok.

Memegang raket ada berapa?

KOMPAS.com – Teknik atau cara memegang raket bulu tangkis ada empat cara. Cara memegang raket grip dengan memutar putaran ke kiri disebut dengan pegangan cara backhand grip, Bagi pemain bulu tangkis, salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai adalah teknik memegang raket.

  • Pada permainan bulu tangkis, teknik memegang raket disebut dengan istilah grip.
  • Teknik atau cara memegang raket bulu tangkis ada empat cara yaitu forehand grip, backhand grip, American grip, dan kombinasi.
  • Adapun cara memegang raket grip dengan memutar putaran ke kiri disebut dengan pegangan cara backhand grip,

Baca juga: Pukulan yang Berasal dari Belakang ke Arah Net pada Permainan Bulu Tangkis

Apa itu grip dalam raket?

KOMPAS.com – Grip adalah istilah perlakuan pada raket permainan bulu tangkis yang artinya pegangan atau cara memegang. Ada empat jenis grip dalam bulu tangkis yaitu shakehand grip, backhand grip, american grip, dan combination grip, Shakehand gri p dikenal juga dengan istilah forehand dan english grip,

Sementara combination grip adalah teknik kombinasi dari beberapa teknik memegang raket. Baca juga: Cara dan Gaya Memegang Raket dalam Bulu Tangkis Lebih jelasnya, teknik kombinasi merupakan teknik memegang raket cara perpaduan forehand grip dan backhand grip, Perpaduan yang dimaksud adalah saling bergantian melihat arah datangnya shuttlecock (kok).

Ketika bola datang di posisi sebelah tangan yang memakai raket, pebulu tangkis akan menggunakan teknik forehand grip. Sementara ketika bola datang di depan dada atau sebelah tangan yang tidak memakai raket, pebulu tangkis akan menggunakan teknik backhand grip,

You might be interested:  Olahraga Tradisional Indonesia Yang Mendunia Adalah?

Apa itu grip di raket?

Waktu yang tepat untuk mengganti grip raket – Sebelum kami merekomendasikan produk terbaik, mungkin Anda penasaran dengan apa itu grip raket dan untuk apa grip raket itu? Grip raket merupakan lapisan pada handle atau gagang raket yang berfungsi untuk melindungi telapak tangan dari lecet akibat gesekan,

Pada dasarnya, pembelian raket badminton dan tenis sudah dilengkapi dengan grip yang terpasang pada bagian pegangannya. Namun, ketika pemain merasa kurang pas dan nyaman dengan grip bawaan, tak jarang dilakukan penggantian. Di sisi lain, bermain badminton atau tenis terlalu sering, dapat membuat bagian grip raket rusak,

Sebagai contoh, ada kalanya grip jenis towel sudah mulai tipis dan menimbulkan bau tidak sedap, Jika kondisi ini dibiarkan, tentu akan berpotensi memunculkan jamur sehingga membuat kulit Anda menjadi tidak sehat. Untuk itu, sebaiknya Anda mengganti grip raket agar permainan bisa lebih maksimal.

Apa nama bagian bagian raket?

Secara umum, raket terdiri dari lima bagian, yaitu kepala, area senar, leher, batang, dan gagang atau pegangan. Ukuran raket pun ada aturannya. Menurut BWF, panjang raket tidak boleh lebih dari 680 mm dan lebarnya maksimal 230 mm.

Apa fungsi memegang raket?

Pegangan raket yang benar adalah dasar untuk mengembangkan dan meningkatkan semua jenis pukulan dalam permainan bulutangkis. Cara pegangan raket yang benar adalah raket harus dipegang dengan menggunakan jari-jari tangan (ruas jari tangan) dengan luwes, rileks, namun harus tetap bertenaga pada saat memukul kok.

Apa perbedaan pegangan forehand?

KOMPAS.com – Forehand dan backhand merupakan dua jenis pukulan dalam bulu tangkis, Keduanya berbeda kendati masih sama-sama memegang raket. Pemain menggunakan berbagai jenis pukulan berbeda tergantung tujuannya seperti menyerang untuk memperoleh poin atau mempertahankan wilayah permainan.

  • Terkait teknik pukulan dalam bulu tangkis, kita sering mendengar adanya istilah forehand maupun backhand.
  • Apa sebenarnya perbedaan dari istilah forehand dan backhand dalam bulu tangkis? Berikut adalah penjelasan singkatnya.
  • Perbedaan pukulan forehand dan backhand dalam permainan bulu tangkis terletak pada posisi tangan terhadap arah pukulan ketika memukul shuttlecock (kok).

Baca juga: Cara dan Gaya Memegang Raket dalam Bulu Tangkis Lebih jelasnya lagi, perbedaan forehand dan backhand bisa dilihat dalam cara memegang raket. Posisi ibu jari dalam forehand terletak di antara telunjuk dan tiga jari lainnya. Sementara posisi ibu jari dalam cara memegang raket backhand, terletak mengikuti arah raket atau 90 derajat berbeda dengan arah telunjuk.

  1. Bisa dilihat gambar dari artikel ini, Jonatan Christie memegang raket dengan cara backhand).
  2. Pada keterampilan gerak dasar bulutangkis, cara memegang raket dengan posisi berjabat tangan disebut forehand.
  3. Teknik pukulan forehand adalah teknik pukulan dalam bulu tangkis yang dilakukan dengan telapak tangan yang memegang raket menghadap ke arah net.
You might be interested:  Apa Fungsi Menyundul Dalam Permainan Sepak Bola?

Misalnya kok datang ke arah kanan dari pemain yang memegang raket dengan tangan kanan. Sementara ketika melakukan teknik pukulan backhand seorang pemain memukul kok dengan posisi tangan membelakangi arah pukulan. Baca juga: Jenis Teknik Servis Bulu Tangkis, Backhand hingga Flick Contohnya ketika memukul kok dari sebelah kiri saat memegang raket dengan tangan kanan menggunakan teknik pukulan lob atau overhead clear.

Pengertian serupa juga bisa diterapkan untuk membedakan jenis pukulan mula (service) dalam bulu tangkis atau servis baik forehand maupun backhand. Servis forehand sendiri memiliki dua macam pukulan yakni tinggi atau rendah, yang mengacu pada sasaran titik jatuhnya kok pada wilayah permainan lawan. Untuk servis forehand rendah mengarah pada garis depan bidang permainan lawan dekat net, sedangkan servis forehand tinggi membuat bola melambung hingga menuju garis belakang wilayah lawan.

Di sisi lain, dalam melakukan servis backhand posisi telapak tangan membelakangi net, saat seorang pemain melepaskan pukulan. Baca juga: Macam-macam Pukulan Bulu Tangkis dan Keunggulannya Teknik pukulan servis ini membutuhkan penguasaan dalam mengendalikan kekuatan saat memukul kok dengan bertumpu pada gerakan pergelangan tangan.

  • Ekuatan pukulan tersebut memengaruhi akurasi dari servis menuju sasaran dalam bidang permainan lawan.
  • Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.
  • Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa itu teknik pegangan forehand grip?

Permainan bulutangkis itu sendiri dapat dimainkan secara individu maupun berpasangan dua orang. Permainan bulutangkis menggunakan raket sebagai alat untuk memukul dan cocks sebagai objek yang akan dipukul oleh raket tersebut. Tujuan dari permainan bulutangkis adalah memukul cocks supaya agar dapat melewati jaring dan jatuh di area lawan.

Bulutangkis mempunyai berbagai macam teknik, salah satunya adalah teknik forehand grip (Soegito, Saputra, & Alsaudi, 2019), Dalam teknik forehand grip, gerakannya serupa dengan servis pendek tetapi lebih mengutamakan pada ketepatan, sehingga saat melakukan servis pendek hanya akan menitikberatkan pada ketepatan dan servis pendek yang dihasilkan maksimal.

You might be interested:  Olahraga Apakah Yang Sesuai Untuk Penderita Obesitas?

Lalu, langkah-langkah dalam memegang raket dengan teknik forehand grip yang benar adalah sebagai berikut (Artamira, 2022).

  1. Kepala raket diposisikan menyamping.
  2. Raket dipegang seperti ingin menjabat tangan dengan orang lain.
  3. Ibu jari dengan jari telunjuk diberi jarak dan membentuk huruf V.
  4. Jari yang lainnya menggenggam raket.

Keempat hal diatas merupakan langkah-langkah memegang raket yang benar dengan teknik forehand grip, Ketika kalian mampu menerapkannya sesuai dengan langkah-langkah tersebut, maka akan menghasilkan pukulan yang sangat sempurna. Selain itu, dibutuhkan juga latihan agar pukulan dengan teknik forehand grip semakin terlihat baik dan benar (Jufri, Ruslan, & Rahmadi, 2020).

  1. DAFTAR PUSTAKA Artamira, J.
  2. 2022, April 6).
  3. Sportpedia: Cara Memegang Raket Forehand Grip pada Bulu Tangkis,
  4. Retrieved from sportstars.id: https://www.sportstars.id/read/sportpedia-pegangan-raket-forehand-grip-pada-bulu-tangkis-Zw7g28 Jufri, Ruslan, & Rahmadi. (2020).
  5. The Influence of Forehand Grip Handling and Backhand Grip on Short Service Ability in Badminton of Collage Students.

Jurnal Imiah Pendidikan Jasmani, 4 (2), 52. Soegito, Saputra, S., & Alsaudi, A. (2019). Meningkatkan Teknik Dasar Servis Tinggi Forehand Service melalui Metode Blocked Practice. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1 (1), 1.

Bagaimana cara memegang raket dengan teknik American grip brainly?

Pembahasan – Dalam bermain Bulu Tangkis, diperlukan penguasaan teknik-teknik dasar, salah satunya adalah teknik Grip atau teknik dalam memegang raket. Cara memegang raket pun ada 4 jenis, diantaranya ada teknik Forehand Grip, Backhand Grip, American Grip, dan Combination Grip. Berikut penjelasannya :

  • Forehand Grip, merupakan cara memegang raket secara miring, kemudian raket dipegang menggunakan tangan (seperti orang bersalaman) dimana ibu jari dan jari telunjuk membentuk huruf V. Dalam teknik ini posisi pegangan tidak boleh berubah.
  • Backhand Grip, cara memegang raket ini hampir sama dengan teknik Forehand Grip, yang membedakan hanya posisi raket yang seperempat diputar lebih masuk ke dalam.
  • American Grip, merupakan cara memegang raket dimana posisi ibu jari melingkar dan menyentuh jari telunjuk. Teknik ini sangat cocok untuk Smash.
  • Combination Grip, merupakan cara memegang raket menggunakan kombinasi teknik Forehand, Backhand, dan American Grip menyesuaikan keadaan dan kondisi shuttlecock.

Related Post