Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Tanda Cedera Olahraga Yang Umum Terjadi Adalah?

Tanda Cedera Olahraga Yang Umum Terjadi Adalah?

10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

  • 1. Cedera pergelangan kaki Anda mungkin pernah atau bahkan sering mengalami cedera yang satu ini.
  • 2. Cedera tulang kering Cedera ini ditandai dengan rasa nyeri sepanjang betis dan tulang kering bagian atas.
  • 3. Nyeri pinggang
  • 4. Cedera bahu
  • 5. Kram otot
  • 6. Cedera lutut
  • 7. Cedera siku
  • 8. Cedera tendon Achilles

Meer items

Apa itu cedera umum?

Cedera – Gejala, Penyebab dan Pengobatannya | Halodoc Secara umum cedera atau trauma merupakan kelainan yang terjadi pada tubuh. Kelainan ini dapat atau akan mengakibatkan timbulnya nyeri, panas, merah, bengkak, dan penurunan fungsi. Baik pada otot, tendon, ligamen, persendian, maupun tulang.

Apa penyebab dari cedera?

Beberapa penyebab cedera yang paling umum di tempat kerja adalah tersandung, terpeleset dan jatuh, dan kecelakaan saat mengangkat dan penanganan manual. Jenis-jenis cedera yang paling umum di tempat kerja adalah kejang dan terkilir, cedera punggung, kepala, dan leher, serta cedera karena terkilir yang berulang.

Apa yang menyebabkan cedera?

Apa Penyebab Cedera Olahraga? – Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya cedera olahraga, yaitu:

  1. Faktor internal, yaitu kondisi orang yang melakukan olahraga. Misalnya otot kurang lentur, bentuk tubuh (misalnya terdapat kelainan bentuk kaki).
  2. Faktor eksternal, misalnya peralatan yang digunakan tidak sesuai (menggunakan sepatu yang tidak cocok dengan aktivitas olahraga), permukaan lapangan yang digunakan olahraga tidak rata, dan lain-lain.
  • Akan tetapi penyebab tersering dari cedera olahraga adalah tidak dilakukan pemanasan sebelum berolahraga dan setelah berolahraga tidak dilakukan peregangan.
  • Tanda Cedera Olahraga Yang Umum Terjadi Adalah
  • Cedera olahraga terjadi karena ketidakmampuan jaringan (otot, persendian, tendon, kulit) dan organ tubuh lainnya dalam menerima beban latihan pada saat berolahraga, baik beban berulang yang terjadi secara terus menerus atau beban langsung akibat trauma.
You might be interested:  Olahraga Yang Dilarang Saat Program Hamil?

Olahraga apa yg bisa bikin hidung patah?

Mengutip dari buku Kesehatan, Olahraga, dan Kinerja karya Santosa Giriwijoyo, Hamidie Ronald Daniel Ray, dan Dikdik Zafar Sidik (2020:363), jenis olahraga yang bisa menyebabkan hidung patah antara lain tinju, sepakbola, gulat, hockey, dan masih banyak lagi.

Mengapa badan terasa sakit setelah olahraga?

Kenapa badan sakit setelah olahraga? – Pada dasarnya, ketika melakukan jenis olahraga baru atau gerakan yang jarang dilakukan, sel-sel otot mengalami kerusakan. Hal ini disebut dengan atau Delayed Onset Muscle Soreness, Kondisi ini termasuk normal. Semua orang bisa merasakannya, bahkan atlet profesional sekalipun.

Rusaknya jaringan otot inilah yang menimbulkan rasa nyeri. Badan sakit setelah olahraga menandakan bahwa otot mulai menyesuaikan tekanan selama latihan. DOMS biasanya muncul pada 12 hingga 24 jam setelah olahraga. Rasa nyeri ini bisa bertahan selama 24 hingga 48 jam ke depan. Inilah mengapa biasanya Anda baru akan merasakan badan sakit pada keesokan harinya atau berjam-jam setelah olahraga.

Saat mengalami DOMS, gerakan membuat serabut otot pecah. Otot akan beradaptasi untuk memperbaiki serabut-serabut tersebut menjadi lebih kuat. Ketika Anda melakukan aktivitas yang sama lagi, otot sudah semakin kuat dan mampu beradaptasi. Rasa sakit pun tidak muncul lagi atau sedikit berkurang.

  • Sebagai contoh, jika Anda baru pertama kali sebanyak 10 kali, sangat mungkin lengan dan perut Anda akan terasa sakit keesokan harinya karena tak terbiasa.
  • Pada hari berikutnya, otot Anda sudah lebih mampu beradaptasi dan 10 kali push-up tak lagi membuat nyeri.
  • Badan sakit setelah olahraga terjadi akibat DOMS, yakni robeknya serabut otot.

Kondisi ini muncul pada 12 – 24 jam setelah olahraga.

You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Dengan Permainan Bulu Tangkis?

Apa yang dilakukan jika terjadi cedera?

Cara Penanganan Cedera Olahraga Cedera olahraga adalah cedera yang timbul saat berlatih, bertanding ataupun saat setelah berolahraga. Cedera olahraga terjadi karena ketidakmampuan jaringan (otot, persendian, tendon, kulit) dan organ tubuh lainnya dalam menerima beban latihan pada saat berolahraga.

Dislokasi, merupakan pergeseran letak sendi dari tempat yang seharusnya disertai dengan kerusakan kapsul sendi dan ligamen yang mengelilinginya Strain, merupakan kerusakan yang terjadi pada otot dan/atau tendon karena penggunaan atau peregangan yang berlebihan Sprain, merupakan kerusakan yang terjadi pada ligamen karena peregangan yang berlebihan atau biasa disebut keseleo Fracture /patah tulang, merupakan terputusnya kontinuitas tulang dan atau tulang rawan baik komplit maupun tidak komplit Muscle cramp atau kram otot, merupakan kelainan pada otot akibat gangguan sirkulasi darah Heat exhaustion atau sengatan panas, merupakan kelelahan akibat sengatan panas.

Bila tidak segera ditangani dapat menimbulkan gangguan pembuluh darah otak ( heat stroke ) dan segera lakukan pemeriksaan apabila mengalami cedera saat berolahraga, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat. Penanganan cedera olahraga dapat dilakukan dengan metode RICE ( Rest, Ice, Compression, Elevation ).

  1. Rest, segera istirahatkan bagian cedera (hal utama yang perlu dilakukan adalah menghentikan aktivitas sesegera mungkin dan istirahatkan bagian cedera yang terasa nyeri tersebut).
  2. Ice, lakukan kompres dingin (Suhu dingin pada es mampu membuat area cedera lebih kebal dari rasa nyeri, sehingga mengurangi keluhan nyeri dan pembengkakan pada jaringan yang rusak).

Compression, balut atau perban. Compression, balut atau perban (Balut dengan perban elastis secara merata di area cedera untuk mencegah pembengkakan). Elevation, lakukan peninggian pada bagian cedera (Elevasi atau mengangkat bagian yang cedera dapat membantu untuk mengurangi pembengkakan dengan bantuan gravitasi).

Related Post